Diskominfo Dompu Dampingi Desa Kadindi pada Persiapan Penilaian Lapangan DGIP

Kategori Berita

.

Diskominfo Dompu Dampingi Desa Kadindi pada Persiapan Penilaian Lapangan DGIP

Koran lensa pos
Sabtu, 22 Juli 2023
Kegiatan pendampingan yang dilakukan Diskominfo Dompu melalui Bidang IKP menjelang Penilaian DGIP 2023


Dompu, koranlensapos.com - Dalam rangka persiapan penilaian lapangan atau visitasi Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) tahun 2023, Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Dompu melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) mengadakan pendampingan  kepada Desa Kadindi kecamatan Pekat Kabupaten Dompu.

Kegiatan pendampingan berlangsung di aula kantor desa setempat pada hari Kamis (20/7/2023). 

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Desa, Sekretaris Desa dan aparat desa lainnya. 

Kepala Bidang IKP Nasran, S. Sos dalam penyampaiannya bahwa Desa sebagai Badan Publik dalam menyelenggarakan pelayanan informasi, pengelolaan, pendokumentasian, pengaduan, dan penyelesaian sengketa informasi wajib berpedoman  pada standar pelayanan informasi publik sesuai ketentuan perundang - undangan yang berlaku. 

Lebih lanjut dikatakan Nasran bahwa program Desa Gemilang Informasi Publik atau biasa disingkat DGIP ini merupakan program terobosan Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama Pemerintah Provinsi NTB  sebagai gerakan bersama dan terpadu untuk mendorong keterbukaan informasi publik di seluruh desa di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sehingga harapannya desa tersebut akan melakukan layanan informasi publik dengan baik. Desa yang terbaik menuju pemerintahan yang baik (Good Government). 

Dijelaskan bahwa Badan Publik berkewajiban meningkatkan kualitas pelayanan terutama dengan memberikan akses bagi masyarakat dalam memperoleh informasi yang memadai. 


Diterangkan Nasran, pendampingan ini dilakukan mengingat bahwa desa Kadindi Kecamatan Pekat merupakan satu satunya desa yang lolos/masuk nominasi dari 10 Desa utusan kabupaten Dompu ke penilaian selanjutnya yaitu penilaian lapangan atau visitasi untuk menentukan yang terbaik  dari 10 desa yang lolos/masuk nominasi pada tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, jelasnya. 

Perlu diketahui untuk mengikuti Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) tahun 2023 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat ini diikuti oleh 8 kabupaten di mana masing - masing kabupaten menunjuk 10 desa yang telah memenuhi syarat untuk bersaing menjadi yang terbaik

"Harapan kami agar Desa Kadindi kecamatan Pekat mempersiapkan diri lebih awal agar menjadi lebih baik," harap Nasran. (emo).