IOSKI Laksanakan Tes Kebugaran, Senam Bersama dan Perkenalkan Aplikasi SIPGAR di Kabupaten Dompu

Kategori Berita

.

IOSKI Laksanakan Tes Kebugaran, Senam Bersama dan Perkenalkan Aplikasi SIPGAR di Kabupaten Dompu

Koran lensa pos
Minggu, 04 Juni 2023
Tes Kebugaran, Senam Bersama dan Sosialisasi Aplikasi SIPGAR oleh IOSKI di Kabupaten Dompu, Sabtu sore (3/6/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI) melaksanakan tes kebugaran, senam bersama sekaligus memperkenalkan aplikasi SIPGAR di Kabupaten Dompu. Kegiatan itu dilaksanakan di Halaman Kantor Pemda Dompu pada Sabtu sore (3/6/2023) mulai pukul 15.30 Wita.

Hadir pada kegiatan itu Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, 2 orang perwakilan IOSKI Pusat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Maman M. Siddik, Ketua IOSKI Kabupaten Dompu Miftahul Suadah, Penanggung jawab Program Arifuddin, Sekretaris IOSKI Nurhasanah dan lainnya. 

Aktivitas yang berdurasi sekitar 2 jam itu berlangsung dengan lancar dan semarak. Sekitar 130 peserta yang didominasi kaum hawa mengikuti rangkaian kegiatan. Setiap peserta melakukan registrasi dilanjutkan dengan menginstal aplikasi SIPGAR.

Rusdi dari IOSKI Pusat menyampaikan 
SIPGAR merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mengukur kebugaran jasmani secara mandiri. Aplikasi ini dapat langsung digunakan menggunakan Smartphone dengan mengunduhnya melalui Playstore. IOSKI merupakan salah satu dari Induk Olahraga (INORGA) yang mendapatkan rekomendasi dari Kemenkes RI untuk mensosialisasikan aplikasi SIPGAR kepada masyarakat.

Usai mengunduh aplikasi SIPGAR, para peserta mulai melakukan tes kebugaran. Star dari depan Kantor Paruga Parenta Nggahi Rawi Pahu berjalan atau berlari ke arah utara lalu belok kiri mengelilingi gedung tersebut selama sekitar 4 kali hingga mencapai jarak tempuh 1,6 km (1.600 m).

Selesai mengitari gedung Kantor Pemda sejauh jarak tempuh 1,6 km, peserta dapat melihat langsung hasil kebugaran tubuhnya dari aplikasi SIPGAR di smartphone masing-masing. Hasil tes kebugaran itu kemudian dilaporkan kepada panitia. Setiap peserta juga melakukan pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan. 

Sslanjutnya para peserta melaksanakan senam bersama dengan penuh semangat yang dipandu oleh para pelatih senam aerobik dan zumba di Kabupaten Dompu.

Wabup H. Syahrul Parsan saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi Aplikasi SIPGAR di Kabupaten Dompu

Wabup Syahrul Parsan mengapresiasi sosialisasi aplikasi SIPGAR yang dilaksanakan oleh IOSKI. Dengan aplikasi ini masyarakat bisa melakukan tes kebugaran secara mandiri. 

"Siapapun bisa mengecek kebugaran secara mandiri dengan adanya aplikasi ini setelah berjalan atau berlari apakah baik sekali, baik, cukup atau kurang," ujarnya.

Menurut Wabup aplikasi ini selain bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas, juga sangat cocok bagi para calon jamaah haji untuk mempersiapkan fisiknya guna mengukur kebugaran tubuhnya.

"Saat melaksanakan sa'i antara Sofa Marwah sebanyak 7 kali kurang lebih 1,6 kilometer, hendaknya terus berlatih dari sekarang," saran Wabup.

Wabup berharap kepada masyarakat Dompu yang memiliki anggota keluarga yang akan melaksanakan ibadah haji agar dapat diberikan informasi mengenai aplikasi ini.

Ketua IOSKI Kabupaten Dompu, Miftahul Suadah


Ketua IOSKI Kabupaten Dompu, Miftahul Suadah berterima kasih atas dukungan Pemda Dompu atas terselenggaranya kegiatan dimaksud. Suad menyampaikan harapan kepada masyarakat agar tidak hanya memanfaatkan aplikasi SIPGAR saat sosialisasi saja tetapi supaya terus digunakan seterusnya guna mengetes kebugaran tubuh.


Ditegaskan Suad, olahraga merupakan upaya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Untuk itu berolahraga harus dilakukan secara rutin. 

"Kesehatan adalah investasi hidup kita semua," ucap srikandi yang juga merupakan Kabag Administrasi Pembangunan Setda Dompu itu.

Kadiskes Maman M. Siddik menyampaikan aplikasi SIPGAR yang telah diluncurkan oleh Kemenkes RI ini hendaknya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengetahui kebugaran tubuhnya. 

"Dengan berjalan atau berlari 1,6 km langsung dapat diketahui tingkat kebugaran tubuh dari aplikasi SIPGAR yang telah didownload di Playstore. 

"Bugar itu sudah pasti sehat, sehat belum tentu bugar," paparnya.





Dikatakannya untuk mengetes kebugaran dengan aplikasi SIPGAR dengan berolahraga secara rutin. Apabila belum terbiasa untuk berjalan hingga 1,6 km, maka tidak boleh memaksakan diri untuk mencapainya. Namun dengan berolahraga rutin, akan semakin meningkatkan kemampuan fisik secara bertahap.

Penanggung jawab program, Arifuddin menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tes kebugaran dan senam bersama sekaligus sosialisasi Aplikasi SIPGAR tersebut. Terima kasih disampaikan kepada IOSKI, KORMI, Puskesmas dan seluruh peserta yang bersemangat mengikuti kegiatan itu.



"Semoga masyarakat Dompu rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh," ucapnya. 

Diterangkan mantan Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Dompu ini bahwa kebugaran tubuh sangat berkaitan erat dengan kesehatan. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula sesuai dengan slogan mensana in corpore sano. (emo).

Foto-foto terkait :