Meneladani Sikap Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara

Kategori Berita

.

Meneladani Sikap Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara

Koran lensa pos
Minggu, 30 April 2023

 

     RM Soewardi Soerjaningrat                 (Ki Hajar Dewantara)


Setiap tanggal 2 Mei di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) termasuk juga Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat akan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). 


Puncak peringatan Hardiknas biasanya dilakukan upacara bendera yang dimeriahkan dan disemarakkan dengan kehadiran para tokoh, pejabat dan seluruh elemen penting pendidikan masing-masing daerah. 


Salah satu tokoh penting nasional yang tidak bisa dipisahkan dari pelaksanaan peringatan Hardiknas adalah Bapak Ki Hajar Dewantara yang kemudian beliau dikenal sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. 


Sosok Ki Hajar Dewantara-lah yang menjadi penginspirasi lahirnya peringatan Hari Pendidikan Nasional yang digelar setiap tahunnya. 


Peringatan Hardiknas setiap tahunnya menjadi bagian penghormatan bangsa dan negara atas kiprah Ki Hajar Dewantara dalam memajukan pendidikan di Indonesia. 


Sepanjang perjalanan hidup dan kehidupannya Ki Hajar Dewantara adalah seorang guru yang memberikan banyak perubahan dan kemajuan bagi bangsa dan negara. 


Hal populer yang menjadi warisan Ki Hajar Dewantara yang terus dikenang hingga saat ini bahkan juga terus hidup dan tumbuh hingga pada generasi berikutnya adalah keteladanan hidupnya dengan tiga sikap unggul. 


Adapun pun ketiga keunggulan sikap hidup Ki Hajar Dewantara tersebut adalah sebagai berikut; 


Pertama Ing ngarsa sung tulada, artinya seorang guru adalah pendidik yang harus memberi contoh atau menjadi panutan. 


Kedua Ing madya mangun karsa, yaitu seorang guru adalah pendidik yang selalu berada di tengah-tengah para muridnya dan terus-menerus membangun semangat dan ide-ide mereka untuk berkarya. 


Ketiga Tut wuri handayani, yang bermakna seorang guru adalah pendidik yang terus-menerus menuntun, menopang, dan menunjuk arah yang benar bagi hidup dan karya anak-anak didiknya. 


Ketiga keunggulan sikap hidup Ki Hajar Dewantara dalam proses kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terutama dalam dunia pendidikan mampu memberikan warna yang baik dan positif bagi perubahan dan kemajuan Indonesia yang lebih baik. 


Sebagai generasi bangsa dan daerah dengan peringatan Hardiknas setiap tahunnya apa yang menjadi pesan dari Ki Hajar Dewantara dengan tiga sikap unggulnya, terus digelorakan untuk Indonesia yang maju dan berubah lebih baik lagi dari keadaan sebelumnya. 


Kemudian dengan memperingati Hardiknas akan lahir lagi Ki Hajar Dewantara selanjutnya yang tidak hanya hadir dan tumbuh begitu saja namun memberikan inspirasi kemajuan dan perubahan bagi bangsa dan daerahnya. 


Selamat Hardiknas, Maju dan Jayalah Indonesia-Ku dan dengan pendidikan yang maju kita wujudkan Visi Dompu Mashur dan NTB Gemilang. 


Demikian mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua untuk terus bergerak maju menuju kemajuan dan perubahan yang lebih baik lagi. 


Penulis: Firmansyah, S.Psi., M.MKes, Ahli Muda Pranata Humas Bagian Prokopim Setda Dompu.