Anggota Sat Narkoba Polres Dompu Dites Urine

Kategori Berita

.

Anggota Sat Narkoba Polres Dompu Dites Urine

Koran lensa pos
Senin, 06 Juli 2020

Dompu, Lensa Pos NTB - Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S. IK secara mendadak menginstruksikan tes urine bagi seluruh anggota kepolisian yang bertugas di Satuan Narkoba Polres Dompu.
Instruksi tersebut disampaikan Kapolres Syarif kepada Bagian Urusan Kesehatan (Urkes) dan Propam untuk melakukan tes urine bagi anggota Sat Narkoba usai memimpin apel Senin pagi (6/7/2020) pukul 08.00 Wita. 

Paur Humas AIPTU Hujaifah menyebutkan instruksi ini disampaikan Kapolres secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan atau bocoran sebelumnya. 
"Pada malam harinya melalui "WA Group POLRES DOMPU" bapak Kapolres mengeluarkan perintah kepada para Kabag, Kasat, Kasi, Kasubag agar menyampaikan kepada anggotanya tanpa terkecuali untuk mengikuti apel pagi esok harinya yaitu hari Senin," kata Hujaifah.

Dikatakan Hujaifah bahwa Kapolres pada saat memimpin apel pagi banyak hal yang disampaikan oleh Kapolres, salah satunya menuntut netralitas polri pada Pilkada nanti.

"Saya tegaskan kepada seluruh anggota untuk tidak terlibat dalam politik praktis, kita harus tetap menunjukkan profesionalisme sebagai anggota Polri meski dalam keluarga kita ada anak dan isteri kita yang memiliki hak pilih, namun tidak perlu kita tahu dan kita intervensi agar sikap kita dalam bertugas tidak tendensius atau ada kecenderungan pada salah satu pihak," jelas Kapolres.

Ditegaskan Kapolres jika ada yang diketahui demikian, atau ada laporan dari masyarakat lalu terbukti maka akan ditindak tegas sebagaimana aturan disiplin Polri yang berlaku.

Di akhir amanatnya Kapolres memerintahkan untuk peleton Sat Resnarkoba diam di tempat usai  karena akan dilakukan test urine.
"Hari ini kita akan lakukan test urine bagi anggota Satuan Resnarkoba," tandas Kapolres.

Kapolres menegaskan hasil test urine ini sangat menentukan. Jika hasilnya negatif maka akan dipertahankan posisi di Sat Resnarkoba. Tetapi jika ada yang positif akan ditindak tegas sesuai dengan hukum disiplin anggota Polri.
"Saya selaku Kapolres tetap konsisten menegakkan disiplin bagi anggota. Jangan hanya masyarakat yang kita tangkap dan kita tertibkan, kita juga wajib memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kepolisian harus bersih dari keterlibatan dalam hal penyalahgunaan narkoba, sebelum kita menyapu di luar, ada baiknya kita harus bersihkan dulu internal kesatuan kita," tegasnya.

Test urine berjalan ketat. Selain diawasi langsung oleh Kapolres, Wakapolres Kompol I Nyoman Adi Kurniawan SH, Kabag Ops Kompol Nusra Nugrahan SH, Kabag Sumda Kompol Ibrahim juga ambil bagian dalam mengawasi pelaksanaan test urine.

Dalam pelaksanannya Anggota berbaris. Satu per satu menuju ke toilet untuk pengambilan sampel urine yang selanjutnya diletakkan di atas meja untuk  diperiksa oleh petugas. Kegiatan ini dikawal langsung oleh anggota Propam (PROVOST) dengan tujuan untuk menghindari adanya tindakan yang mensiasati test urine.

Pelaksanaan test urine ini diawali oleh Kasat Narkoba IPTU TAMRIN S.Sos dilanjutkan dengan seluruh anggotanya.
Selanjutnya Kapolres menegaskan bahwa tes urine ini tidak hanya terhadap anggota Sat Resnarkoba, melainkan juga bagi yang bertugas di satuan lain di kesempatan berikutnya. Mengenai waktu pelaksanaannya tidak akan diberitahukan terlebih dahulu dan akan dilakukan secara acak (random). Pelaksanaan tes urine tersebut selanjutnya akan bekerja sama dengan RSUD Dompu. (AMIN).