Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Rakor Pembentukan Kampung Sehat Digelar di Polres Dompu

Kamis, 11 Juni 2020 | 8:00 PM WIB Last Updated 2020-06-11T12:00:57Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Bertempat di Aula Polres Dompu telah dilaksanakan Rapat Koordinasi terkait Pembentukan "Kampung Sehat" di Kabupaten Dompu. 
Rakor bersama instansi terkait yang berlangsung pada hari Kamis (11/6/2020) pukul 09.30 Wita dipimpin langsung oleh Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1614 Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom, Wakapolres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Dompu Jufri, ST, PLT Kepala Dikes Kabupaten Dompu Maman, S. KM., M. Kes, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah Setda Dompu Muhammad Iksan, S. ST., MM, Kasat Pol PP,  para Kabag, Kasat/Kasi dan para Kapolsek Jajaran Polres Dompu.

Kapolres Dompu menerangkan
dalam rangka pembentukan Kampung Sehat perlu adanya sosialisasi. Antara lain dengan menggunakan poster/spanduk dan Penerangan Keliling.

Selanjutnya perlu dibuat Peraturan Desa (Perdes) tentang Protokol Kesehatan pada saat Pandemi Corona. Misalnya Perdes tentang pelaksanaan resepsi pernikahan, dan takziah kematian di saat wabah Covid -19.

Di kampung-kampung diperlukan juga dibuat portal Posko Pengendalian Covid 19, data masyarakat ODP, serta PDP.

"Di masing-masing desa/kelurahan juga perlu menyiapkan ruang isolasi penanganan Pasien," jelas. Kapolres.

Sementara itu Dandim 1614 Dompu menerangkan bahwa kegiatan Kampung Sehat ini merupakan program dari pemerintah daerah menuju masyarakat Dompu yang sehat agar terhindar dari Covid 19.

"Dengan adanya pembentukan Kampung Sehat di setiap Desa/Kelurahan di Kabupaten Dompu akan memberikan kebiasaan hidup sehat bagi masyarakat dan sejalan dengan program dari pemerintah daerah yakni New Normal," kata Dandim.

Disampaikan Dandim dengan tidak adanya aktivitas pembelajaran di sekolah-sekolah menyebabkan banyak halaman-halaman sekolah yang tidak terawat kebersihannya. Hal ini perlu juga menjadi perhatian agar lingkungan sekolah kembali rapi dan bersih. 

Kalak BPBD Dompu Jufri, ST 
mengemukakan bahwa program kampung sehat sebenarnya sudah dilaksanakan. Semua desa/kelurahan sudah melaksanakan penyemprotan disinfektan berkali-kali  serta telah menyiapkan alat pendeteksi suhu tubuh dan handsanitizer.

"Diiimbau di sekolah-sekolah yang akan memulai aktivitas pendaftaran dan penerimaan siswa baru serta kegiatan pembelajaran agar mematuhi protokol kesehatan. 

Jufri kemudian meminta agar segera menentukan tim kerja untuk memberikan penilaian dalam seleksi kampung sehat.

"Para Kapolsek diharapkan untuk mendeskripsikan keadaan di lapangan dalam hal penanganan Covid 19," pintanya.

PLT Kadikes Dompu Maman, S. KM menyebut bahwa pihaknya tengah mempersiapkan ceklis para pasien-pasien covid 19 termasuk data-data perjalanan pasien yang ke luar kota. Maman mengatakan kegiatan Posyandu di tiap-tiap desa tetap dilaksanakan dengan menerapkan Protap2 kesehatan Covid 19. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update