KPU Dompu Gelar Peluncuran Pilbup dan Wabup 2024

Kategori Berita

.

KPU Dompu Gelar Peluncuran Pilbup dan Wabup 2024

Koran lensa pos
Minggu, 26 Mei 2024
Acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2024 yang digelar KPU Dompu di Taman Kota, Sabtu malam (25/5/2024)


Dompu, koranlensapos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dompu menggelar acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2024. Kegiatan itu berlangsung di Taman Kota, Sabtu (25/5/24) dengan tema "Bersama Wujudkan Pilkada Dompu dengan semangat Manggini, Manggari, Mataroa".

Acara tersebut dihadiri Bupati Dompu Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu, Syahrul Parsan, Wakil Ketua DPRD, Muhammad Amin, Sekretaris Daerah, Gatot Gunawan PP,  Kasdim 1614/Dompu Mayor Inf. I Wayan Sulendra, Ketua TP. PKK Lilis Suryani, Ketua FKUB Muhammad Alimuddin, Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Bank NTB Syariah Cabang Dompu, Rukmini, pejabat Pemkab Dompu, Tokoh agama, tokoh masyarakat dan elemen penting lainnya.

Hadir pula pada kesempatan itu 
Komisioner KPU Provinsi NTB yang juga Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Mastur, 
Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Agus Hilman, serta Sekretaris KPU Provinsi NTB Asep Suhlan.

Sedangkan dari KPU Kabupaten Dompu selaku penyelenggara kegiatan terlihat Ketua Arif Rahman bersama 4 Komisioner lainnya yakni Hidayatullah (Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan), Nasarudin (Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi), Maman Apriansyah (Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan), dan Yusuf (Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM), serta Sekretaris Lahmudin, para Kasubbag dan staf.

Tarian Penyambutan Tamu "Mama ra Horma" oleh anak-anak asuha Sanggar Seni Mada Ntana Desa Ranggo Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu. Tarian ini terinspirasi dari kebiasaan Masyarakat Dompu dalam menyambut tamu dengan memberikan sekapur sirih sebagai penghormatan dan ucapan selamat datang. Mama (menyirih) dilakukan dengan mengunyah sirih yang ditambah dengan kapur, gambir, pinang serta dipadukan dengan tembakau sebagai pelengkap dalam menyirih


   Budaya Dompu Kareku Kandei

Kedatangan para tamu undangan diiringi dengan tarian penyambutan "Mama ra Horma" oleh anak-anak asuhan Sanggar Seni Mada Ntana Desa Ranggo Kecamatan Pajo dan Kareku Kandei.

  Ketua KPU Dompu, Arif Rahman


Ketua KPU Kabupaten Dompu Arif Rahman dalam sambutannya mengatakan Pilkada Dompu tahun 2024 mengusung tagline Manggini-Manggari-Mataroa.

Manggini berarti proses pilkada yang berkualitas dengan mengedepankan integritas, taat aturan, solidaritas dan kemanusiaan;

Manggari berarti masyarakat menghadapi Pilkada dengan suka cita dan riang gembira dipenuhi dengan semangat kekeluargaan;  

Mataroa berarti hasil pilkada harus transparan dan berintegritas menjamin hak-hak kedaulatan rakyat.

    Bupati Dompu, Kader Jaelani

Bupati Dompu H. Kader Jaelani dalam sambutannya mengatakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu  tahun 2024 sudah di depan mata, agenda besar yang akan kita hadapi pada tanggal 27 November yang akan datang.  

Pesta demokrasi ini tentunya harus kita laksanakan dengan damai dan suka cita akan tetapi pada lain sisi potensi-potensi pemicu konflik horizontal harus kita antisipasi sedini mungkin.

Bupati mengingatkan semua pihak untuk menjaga tahapan ini agar tetap berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

"Dibutuhkan peran serta semua pihak, baik penyelenggara maupun peserta pilkada dalam mentaati seluruh ketentuan dan rambu-rambu yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Bupati menjelaskan sinergisitas yang baik antar seluruh unsur Forkopimda, Pemerintah Daerah, Pimpinan Partai Politik, beberapa tokoh serta seluruh elemen masyarakat Dompu dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada sangat diharapkan. 

“Yang buruk kita buang dan yang baik kita pertahankan dan bila perlu lebih ditingkatkan lagi agar Pilkada bisa berjalan dengan aman dan tertib,” imbuhnya.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba maskot dan jingle KPU Dompu


Selain peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu, pada momentum ini juga dilakukan penyerahan hadiah juara lomba sayembara maskot dan jingle Pilkada Dompu Tahun 2024.

Pemenang Lomba Maskot yakni 
Muhammad Indermawan dengan karyanya Sahe Hodo (Kerbau di Pantai Hodo). Sedangkan Juara 2: Adi Gunawan disusul Muhammad Fadil sebagai juara ketiga dan 
harapan 1, Ibnu Abbas.

Sedangkan juara 1 Jingle KPU yakni Muhammad Rafli disusul Syahrul Rizki dan Ilman.

Di penghujung acara diisi dengan acara hiburan dan pengundian doorprize. 

Acara tersebut berlangsung dengan cukup menarik yang dipandu oleh dua pembawa acara kawakan Indi Fauzan dan VJ. Deni. (emo).