Dandim 1614/Dompu Hadiri Doa Syukuran Tiga Tahun Kepemimpinan AKJ-SYAH

Kategori Berita

.

Dandim 1614/Dompu Hadiri Doa Syukuran Tiga Tahun Kepemimpinan AKJ-SYAH

Koran lensa pos
Sabtu, 02 Maret 2024

Acara Dzikir dan Doa Syukur 3 tahun Kepemimpinan AKJ-SYAH di Aula Pendopo Bupati Dompu, Jumat malam (1/3/2024)


Dompu, koranlensapos.com - 
Menandai tiga tahun memimpin Kabupaten Dompu, Bupati Kader Jaelani dan Wabup Syahrul Parsan menggelar kegiatan Dzikir dan Doa Syukuran. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Pendopo Bupati Dompu pada Jumat malam (1/3/2024).


Hadir dalam kegiatan tesebut
Bupati Dompu H. Kader Jaelani beserta istri Hj. Lilis Suryani, Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Parsan beserta istri Hj. Siti Faridah, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Firajati beserta istri Ny. Astrini Dewi Anindita, Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain S. IK, Kajari Dompu diwakili Kasi Intel Joni Eko Waluyo, Sekda Gatot Gunawan PP, Ketua DPRD H. Andi Bahtiar And. Par, Ketua Pengadilan Negeri Dompu Rizky Ramadhan, Ketua Pengadilan Agama, para Kepala OPD Lingkup Pemda Dompu, Ketua MUI KH. Mokh. Nasuhi, Pimpinan BUMN dan BUMD, Camat, Lurah/Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda se Kabupaten Dompu.


Diawali pembacaan ayat suci Al-Qur'an dilanjutkan penayangan video dokumenter 3 tahun kepemimpinan Bupati H. Kader Jaelani dan Wabup H. Syahrul Parsan.

Kader Jaelani menyampaikan tiga tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 27 Februari 2021 dirinya bersama Syahrul Parsan dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Dompu periode 2021-2026 oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Zulkieflimansyah.

"Maka pada kesempatan yang berbahagia ini izinkan saya menyampaikan pidato 3 tahun terakhir. Hal ini merupakan bentuk pertanggungjawaban konstitusional, politik dan moral Bupati dan Wakil Bupati Dompu terhadap seluruh masyarakat kabupaten Dompu yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk memimpin kabupaten Dalam melaksanakan pembangunan daerah. 

Dikemukakannya, AKJ-SYAH berkomitmen secara konsisten melaksanakan visi dan misi daerah yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Dompu tahun 2021- 2026. Mengutip Ayat Suci Al-Qur'an bahwa Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu bangsa dari susah menjadi bahagia, atau dari kuat menjadi lemah, sebelum mereka sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka sesuai dengan keadaan yang akan mereka jalani.

"Berdasarkan tafsir di atas, pada masa pemerintahan kami AKJ-SYH selama 3 tahun terakhir, tentunya kami tidak berdiam diri. Sudah banyak perubahan yang telah kami lakukan lewat Visi Dompu Mashur (Mandiri Sejahtera Unggul dan Religius) Jagung, Porang Padi Sapi dan Ikan (JARA PASAKA) yang tujuan akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Disebut AKJ, ratusan wirausaha baru baik UMKM maupun IKM telah difasilitasi berupa sarana dan prasarana oleh pemerintah Kabupaten Dompu pada tahun 2023. 

"Pembentukan wirausaha baru ini juga merupakan langkah kami mewujudkan janji politik 1000 wirausaha baru sampai 2023," sebut AKJ.

Selain pembentukan wirausaha baru, sambungnya telah difasilitasi pembentukan 20 koperasi melanial dengan tujuan untuk menumbuhkan siklus ekonomi desa sebagai bagian dari konsep program pasar desa.

Selain pembentukan wirausaha baru tersebut pada tahun 2023 telah difasilitasi peningkatan kapasitas dan bantuan peralatan bagi ratusan pelaku industri pengolahan pangan berbasis daging sapi, pelatihan service handphone dan AC, pelatihan pengemasan produk pangan ikm beras dan jagung serta pelatihan keterampilan muna PA'A. Melalui dana DBHCHT serta industri pengolahan tembakau di desa Woko yang sekarang telah berproduksi dan menghasilkan produk dengan nama WokK kretek (WK).

Lebih lanjut Abi Jio komitmen  pemerintah Daerah untuk mendukung produk lokal daerah  melalui diterbitkannya peraturan Bupati nomor 47 Tahun 2022 tentang lokal daerah, komoditi JARAPASAKA khusus padi dan jagung dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu dari 8 Kecamatan pada Tahun 2022 produksi padi sebesar 146. 174 ton meningkat menjadi 151. 546 ton pada tahun 2023. Sedangkan untuk jagung tahun 2022 produksinya sebesar 445.118 ton menjadi 446.901 pada tahun 2023 bahkan sekarang harga dua komoditas ini 2 tahun terakhir jauh di atas harga pokok penjualan (HPP) yang ditetapkan oleh pemerintah baik jagung sebesar 4.200/Kg begitu juga gabah kering panen (GKP) 5000/Kg 

Dilanjutkan AKJ, dalam RPJMD 2021-2026 bahwa program utama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam rangka mendukung program JARAPASAKA di Kabupaten Dompu yakni peningkatan produksi dan produktivitas ternak yang berdampak pada peningkatan populasi dengan langkah strategis. Di antaranya gerakan pelaksanaan inseminasi buatan seluruh wilayah kecamatan se- Kabupaten Dompu, peningkatan ketersediaan pakan dan berbagai kegiatan lainnya.

Dampak dari langkah strategis tersebut Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu telah menunjukkan keberhasilan peningkatan kinerja. Antara lain populasi ternak sapi Kabupaten Dompu tahun 2023 sebanyak 174.781, terdapat kenaikan 6,2% dibanding Tahun 2022. Kenaikan populasi ternak tahun 2023 melebihi target RPJMD sebesar 6% kemudian peningkatan dari target Rp. 150. 100.000 hingga Rp 227. Atau sebanyak 151. 51%.

Produksi perikanan merupakan Indikator Kinerja Utama (IKU) Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Dompu tahun 2023 sebesar: 80.840.21(delapan puluh ribu delapan ratus ribu seratus tujuh puluh lima ton) dengan capaian (99,58%).

Pada kesempatan yang sama, Wabup Syahrul Parsan mengemukakan dalam kepemimpinan selama 3 tahun ini tentunya banyak kekurangan.

"Sehingga kami dalam memimpin berusaha bagaimana kami bisa menyelesaikan semua program-program kami sehingga apapun program kami ada yg terekspose dan ada juga yang tidak terekspose," ucap Wabup.

Dikatakan Wabup,banyak impian yang belum terlaksana karena ada aturan yg membatasi serta anggaran yang membatasi. 

"Seandainya semua itu terlaksana kami akan sulap Dompu ini dan kami akan membuka ruang terbuka hijau di Kelurahan Karijawa karena di Dompu ini belum ada ruang terbuka hijau untuk hiburan anak-anak. Untuk ke depannya mudah-mudahan kita bisa menyiapkan satu lahan untuk tempat bermain anak-anak ataupun usaha-usaha untuk masyarakat Dompu sehingga itu menjadi pikiran kami untuk bisa menata Dompu menjadi kabupaten maju ke depannya," kata Papi Rul, sapaannya.

Wabup mengatakan bahwa Pemda Dompu di bawah kepemimpinan AKJ-SYAH merencanakan di Dompu ini ada 2 jalur jalan dari Mada Parama sampai Pertigaan Kodim.

"Ini membutuhkan biaya yang cukup besar untuk pembebasan lahan masyarakat. Dalam waktu dekat ini kami berusaha untuk pembebasan lahan irigasi yang berada di Tanju," ujarnya. (emo).