Patroli Cipkon Kodim 1614/Dompu, Jaga Kondusivitas Kamtibmas

Kategori Berita

.

Patroli Cipkon Kodim 1614/Dompu, Jaga Kondusivitas Kamtibmas

Koran lensa pos
Minggu, 28 Januari 2024

Pelaksanaan patroli cipkon rutin anggota Kodim 1614/Dompu, Sabtu (27/1/2024)


Dompu, koranlensapos.com - Guna memastikan suasana dan kondisi wilayah teritorial aman dan kondusif, anggota TNI dari Kodim 1614/Dompu kembali melaksanakan kegiatan rutin patroli cipta kondisi (Cipkon), Sabtu malam (27/1/2024). 

Patroli gabungan dengan para Babinsa Koramil 1614-01/Dompu itu di bawah pimpinan Kapten Kav. M. Kasim (Danramil 01/Dompu). 

Saat memimpin apel pengecekan sebelum pelaksanaan patroli, Danramil menjelaskan secara detail kepada anggota rute dan lokasi yang disasar dan dilalui. Danramil juga memberikan imbauan dan penekanan terhadap Tim Patroli sebelum melaksanakan tugas.

"Pertama-tama kita star dari Koramil 1614-01/Dompu menuju ke Kelurahan Doroto'i, lanjut lagi ke Kelurahan Bali satu dan ke Kelurahan Doro tangga lalu menuju ke Kelurahan Kandai Satu terus ke Kelurahan Kandai dua, Kelurahan simpasai, Bundaran taman kota dan terakhir menuju ke Perempatan Swete barat dan kembali ke Koramil," urai Danramil terkait rute patroli.

Ditegaskan Danramil, bahwa kegiatan Patroli Cipkon ini tidak hanya berfokus pada penanggulangan tindak kejahatan, tetapi juga menciptakan rasa nyaman dan kondusif bagi masyarakat.

"Saya berharap nantinya, dengan kehadiran kita selaku anggota Kodim 1614/Dompu di tengah tengah masyarakat agar dapat membangun kepercayaan dan kerja sama yang baik antara TNI dan masyarakat," ucapnya.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan kegiatan patroli ini Danramil menekankan tetap mengutamakan faktor keamanan.

"Bila nantinya ditemukan dan kita dapati anak-anak muda yang masih nongkrong di tempat-tempat yang rawan terjadinya kejahatan maka kita wajib memberikan pemahaman secara humanis," pintanya seraya mengajak agar dalam melaksanakan tugas yang mulia ini diniatkan untuk kebaikan.

Pada pukul 21.10 Wita anggota patroli mengingatkan dan memberikan pemahaman kepada anak-anak remaja yang lagi asik nongkrong di Taman Kota supaya tidak melakukan hal-hal yang negatif. Selanjutnya sekitar pukul 21.15 Wita anggota patroli mendapati  sekelompok anak-anak remaja yang masih nongkrong depan Kantor Pemda. Mereka diimbau supaya tidak melakukan hal-hal negatif termasuk mengonsumsi minum-minuman keras dan memakai narkoba sehingga dapat merugikan diri sendiri.

Pukul 21.58 Wita anggota patroli menjumpai lagi anak-anak remaja yang lagi nongkrong di pinggir jalan di Kelurahan Kandai Dua. Mereka diimbau untuk tidak melakukan hal-hal yang negatif yang dapat merugikan diri sendiri.


Untuk diketahui, Patroli Cipkon merupakan salah satu upaya  Kodim 1614/Dompu di bawah kepemimpinan Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati S.T. M.M. dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Dompu.

Apalagi sekarang menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, kondusivitas kamtibmas harus menjadi prioritas. Patroli juga dimaksudkan sebagai bentuk dukungan terhadap aturan jam malam yang telah diberlakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu sejak tahun 2023 lalu. Anak-anak tidak diperkenankan berada di luar rumah mulai pukul 22.00 Wita.
 
"Dengan kehadiran aparat TNI di berbagai titik rawan dapat mencegah dan mengurangi potensi terjadinya tindak kejahatan di wilayah tersebut," jelas Dandim di berbagai kesempatan.

Ditandaskan Dandim, kegiatan Patroli Cipkon ini akan terus dilakukan secara rutin sebagai bentuk komitmen personel Kodim 1614/Dompu dalam menjaga kamtibmas di wilayah Kabupaten Dompu. (emo).