Pangdam IX/Udayana Lantik Bintara PK 31 TA 2023 Hasil Didikan Kodim 1614/Dompu

Kategori Berita

.

Pangdam IX/Udayana Lantik Bintara PK 31 TA 2023 Hasil Didikan Kodim 1614/Dompu

Koran lensa pos
Rabu, 31 Januari 2024
Serda Ade Irawansyah Putra (tengah), salah satu bintara TNI yang baru dilantik Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Harfendi pada Senin (19/1/2024) kemarin

Dompu, koranlensapos.com - Rasa syukur dan bahagia tiada terkira tidak sanggup diungkapkan dengan kata-kata. itulah yang kini dirasakan  Keluarga Babinsa Desa Daha Koramil 1614-03/ Hu'u, Sertu Abdullah Maulana. Putra sulungnya bernama Ade Irwansyah Putra kini telah dilantik oleh Bapak Pangdam IX/Udayana menjadi Seorang Militer berpangkat Sersan Dua, Senin (29/01/2024) Pukul 10 00 Wita.

Dalam acara Penutupan Pendidikan sekaligus Pelantikan Bintara Prajurit karir tahun anggaran 2023 tersebut
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi melantik sejumlah 96 orang Prajurit muda pada upacara penutupan Program Studi Pendidikan Pertama Bintara TNI AD Ta 2023 di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, termasuk salah satu diantaranya *(Serda Ade Irwansyah Putra yang merupakan asuhan dari Kodim 1614/Dompu)*. Puluhan prajurit muda ini dilantik setelah mengikuti pendidikan selama lima bulan dan sebelumnya itu telah di gembleng selama dua bulan penuh di Makodim 1614/ Dompu.

Pelantikan itu ditandai dengan penanggalan tanda siswa dan penyematan tanda pangkat Sersan Dua TNI AD, penerimaan piagam serta pengambilan sumpah sesuai agama masing-masing terhadap perwakilan siswa. Para Prajurit tersebut nantinya masih harus menjalani pendidikan kecabangan di masing-masing kejuruannya.

Dalam amanatnya, Pangdam menekankan kepada seluruh prajurit muda itu bahwa setelah dilantik menjadi seorang Bintara otomatis harus meninggalkan kebiasaannya sewaktu masih sipil dan memasuki kehidupan Militer. Sebagai seorang prajurit TNI AD Pangdam menegaskan agar selalu menjaga disiplin, loyalitas dan semangat untuk tetap belajar serta berlatih secara optimal untuk menghadapi pendidikan lanjutan dengan materi yang lebih kompleks.

Peralihan ini bukanlah sekadar perubahan fisik maupun mental, tetapi harus diikuti dengan perubahan sikap dan perilaku sebagai seorang prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif.

Netralitas kita selaku TNI adalah sebuah komitmen yang jelas dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. TNI harus netral, kita TNI memiliki tanggung jawab yang lebih besar yaitu menjamin keamanan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang agar dapat berjalan dengan damai dan sejuk, "Tegas Pangdam".

Kegiatan upacara penutupan pendidikan itu diakhiri dengan kegiatan Demonstrasi seperti Bongkar pasang senjata, Kolone senapan, Senam barbel dan Sparco serta Bela diri Militer.

Serka Ruslan selaku Bintara kelas sekaligus Pelatih Rindam menyampaikan, "Selamat atas kelulusan dan kesuksesannya, perlu Anakda ketahui bahwa, Bapakmu dulu 24 tahun yang lalu, di lantik disini sebagai Prajurit Dua, kini menghadiri Pelantikan anaknya menjadi Sersan Dua, sungguh prestasi yang luar biasa, semoga ini menjadi motivasi bagi rekan yang lain. (Pendim1614).