Diskop UKM Dompu Serahkan Bantuan Peralatan Usaha untuk Pelaku UMKM

Kategori Berita

.

Diskop UKM Dompu Serahkan Bantuan Peralatan Usaha untuk Pelaku UMKM

Koran lensa pos
Sabtu, 09 Desember 2023
Penyerahan bantuan peralatan usaha bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Dompu, Kamis (7/12/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Dalam rangka mendukung program unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu di bawah kepemimpinan Bupati H. Kader Jaelani dan Wakil Bupati H. Syahrul Parsan (AKJ - SYAH), Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Dompu menyerahkan bantuan peralatan bagi pelaku UMKM.

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Aula Pendopo Bupati Dompu, Kamis (7/12/2023). Penyerahan secara simbolis dilakukan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan,  Ketua DPRD Dompu H. Andi Bachtiar, Sekda Gatot Gunawan PP dan Kadiskop UKM Hj. Daryati Kustilawati.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati mengemukakan bantuan yang diberikan yakni peralatan pengolahan makanan berbasis komoditas sapi berupa blender daging, hand sealer dan spinner peniris minyak.

Sedangkan peralatan pengolahan makanan berbasis komoditas ikan berupa kompor gas mata seribu dan gilingan mie portable.

Selanjutnya peralatan untuk pengolahan makanan berbasis komoditas padi terdiri dari alat penepung dan dandang aluminium.

Bukan hanya itu, bagi pelaku usaha di bidang jasa diberikan bantuan berupa peralatan servis Hp dan kompresor.

Penerima bantuan peralatan yakni sebanyak 180 pelaku UMKM. Akan dilanjutkan lagi tahap 2 nanti dalam waktu yang tidak terlalu lama di bulan Desember ini juga untuk jenis peralatan yang lain," ungkap Daryati.

Dikatakannya pemberian bantuan peralatan bagi UMKM ini bertujuan untuk pemberdayaan dan pengembangan UMKM guna mewujudkan Dompu MASHUR melalui Program JARA PASAKA.

"Bantuan diberikan untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan, peningkatan usaha dan peningkatan pendapatan agar usaha mikro dan kecil di Kabupaten Dompu dapat tumbuh dan berkembang," ulasnya.

Menurutnya UMKM harus dapat meningkatkan perannya sebagai penggerak ekonomi kerakyatan. 
Untuk itu, sebagai bentuk kepedulian, Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Koperasi dan UKM memberikan bantuan sarana usaha Tahun Anggaran 2023. 

"Ini sebagai upaya agar usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat mengembangkan usahanya. Melalui pemberian bantuan peralatan kepada para Pelaku UMKM oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu. diharapkan dapat meningkatkan omzet, memperluas pangsa pasar, yang nantinya UMKM dapat naik kelas dari usaha mikro menjadi usaha kecil dan berkembang menjadi usaha menengah, sehingga para pelaku usaha mampu bersaing di dalam dan di luar daerah," ujarnya.

Sementara itu, Wabup Syahrul Parsan dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu yang telah memberikan bantuan peralatan usaha untuk para pelaku usaha mikro kecil yang ada di Kabupaten Dompu.  


"Semoga dengan bantuan yang diberikan, dapat mendongkrak perekonomian para pelaku usaha, ikut menyukseskan serta mewujudkan visi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius)," ucapnya.

Wabup mengharapkan dengan bantuan yang diberikan para pelaku usaha dapat
meningkatkan produktivitas, meningkatkan kapabilitas, serta memanfaatan produk daerah 

"Sekali lagi saya berharap bantuan yang diberikan dapat meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi pelaku umkm sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan, akhirnya akan menaikkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah," pungkasnya. (emo).