Jelang Pilkades, Kapolres Dompu Minta Semua Elemen Jaga Stabilitas Kamtibmas

Kategori Berita

.

Jelang Pilkades, Kapolres Dompu Minta Semua Elemen Jaga Stabilitas Kamtibmas

Koran lensa pos
Senin, 09 Oktober 2023
Kapolres Dompu, AKBP Zulkarnain, S.I.K saat memberikan pembinaan dan pengarahan kepada para Cakades di Aula Pendopo Bupati Dompu, Rabu (4/10/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Kapolres Dompu, AKBP Zulkarnain, S.I.K  mengimbau kepada semua elemen yang ada di Kabupaten Dompu menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2023.

Imbauan itu disampaikan Kapolres saat memberikan pembinaan dan arahan kepada para Calon Kepala Desa dan Panitia Pilkades yang digelar di Aula Pendopo Bupati Dompu, Rabu (4/10/2023).

"Mari kita sama-sama menjaga kamtibmas di daerah kita ini agar tetap kondusif," imbau Perwira Menengah Polri yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda NTB itu.

Pelaksanaan Pembinaan dan Deklarasi Pilkades Damai yang berlangsung di Aula Pendopo Bupati Dompu, Rabu (4/10/2023)

Secara khusus Kapolres juga mengimbau kepada para Cakades agar menjaga situasi Kamtibmas di desa masing-masing agar tetap damai, sejuk dan kondusif. Dalam pelaksanaan kampanye, Cakades supaya mengambil peran menjaga massa pendukung agar tidak melakukan tindakan yang dapat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Dikatakannya TNI dan Polri siap menjaga kamtibmas, namun dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan termasuk dari para Cakades.

Ditegaskan Kapolres, menang dan kalah adalah hal yang lumrah dalam suatu perhelatan demokrasi. Maka para Cakades juga harus siap lahir batin menghadapi dua hal tersebut. Jika sudah menyiapkan diri secara lahir batin, ketika menang tidak bereuforia yang berlebihan. Juga dapat mengendalikan massa pendukung agar tidak bereuforia berlebihan. Sebaliknya jika kalah pun bisa leghowo dan menerimanya sebagai takdir.

"Kalau tidak siap kalah jangan ikut (Pilkades). Bikin negara sendiri saja," ucapnya sembari berseloroh yang disambut aplaus dari para Cakades dan Panitia yang menghadiri kegiatan pembinaan sekaligus Deklarasi Damai itu.

Penegasan yang hampir senada  disampaikan pula oleh Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M.

Dandim meminta para Cakades mengendalikan massa pendukung agar tidak melakukan tindakan yang mengganggu kamtibmas. (emo).