Sambut HUT RI Ke 78, DPD LDII Bersama Dinas LH Kabupaten Dompu Gelar Kerja Bakti di Pasar dan Terminal Ginte

Kategori Berita

.

Sambut HUT RI Ke 78, DPD LDII Bersama Dinas LH Kabupaten Dompu Gelar Kerja Bakti di Pasar dan Terminal Ginte

Koran lensa pos
Jumat, 04 Agustus 2023
Kegiatan kerja bakti LDII Kabupaten Dompu bersama Dinas LH, Pemerintah Kecamatan Woja dan Senkom MP Kabupaten Dompu, Jumat (4/8/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Dompu bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu menggelar kegiatan kerja bakti pembersihan massal di Pasar dan Terminal Ginte. Kerja bakti DPD LDII Kabupaten Dompu tersebut juga bekerja sama dengan Senkom Mitra Polri Kabupaten Dompu.

Kegiatan itu dilaksanakan pada hari Jumat pagi (4/8/2023) mulai pukul 08.00 Wita. Beberapa hari sebelum pelaksanaan kegiatan, Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu telah berkoordinasi dengan Koordinator Terminal Ginte dan Pasar Ginte serta dengan dinas dan instansi terkait.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Dompu yang diwakili Asisten II H. Mokh. Syaiun, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jufri M. Saleh beserta sejumlah staf sekaligus menyiapkan armada pengangkut sampah, Camat Woja Edyson HD beserta sejumlah Kepala Seksi dan staf, Lurah Kandai Dua Zainuddin beserta staf, petugas terminal dan warga pasar serta masyarakat setempat.



Sampah-sampah yang berserakan dimasukkan ke dalam karung lalu dinaikkan ke dalan truk sampah yang telah disiapkan oleh Dinas LH Kabupaten Dompu. Sebagian lagi sampah-sampah yang tidak sempat diangkut dibakar. Begitu pula semak-semak yang tumbuh liar di sejumlah lokasi di terminal itu dibabat dan dikumpulkan lalu sebagian dibakar dan sebagian lagi dimasukkan ke dalam karung.




Kerja bakti sekitar 2 jam itu menuai hasil. Wajah pasar dan terminal Ginte menjadi kelihatan lebih resik meski tidak seluruhnya mampu diatasi. Para petugas Dinas LH terlihat juga bersemangat mengangkut sampah-sampah yang telah dikumpulkan. Begitu juga warga pasar turut ambil bagian memungut sampah-sampah yang berserakan.

Ketua DPD LDII Kabupaten Dompu, H. Suaidin menjelaskan bahwa pada saat bersamaan kegiatan yang sama dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Kegiatan kerja bakti ini dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 78 dan Road To Rakernas 2023," jelasnya.

Dikatakan Suaidin kerja bakti ini juga dimaksudkan agar nilai kegotongroyongan dan kebersamaan yang tertanam dalam dalam kehidupan masyarakat tetap dilestarikan dan ditumbuhkembangkan.

Lebih lanjut Suaidin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Dompu, Dinas LH, Pemerintah Kecamatan Woja, Pemerintah Kelurahan Kandai Dua dan masyarakat umum yang telah bersinergi dalam pelaksanaan kerja bakti tersebut.

"Apabila Pemerintah Kabupaten Dompu maupun Pemerintah Kecamatan ada kegiatan kerja bakti pembersihan lingkungan atau penanaman pohon in sya'allah LDII siap berkolaborasi," ucapnya.


Foto bersama Asisten II, H. Mokh. Syaiun, Kadis LH Jufri M. Saleh, Camat Woja Edyson HD, Lurah Kandai Dua Zainuddin dan pejabat lainnya dengan Pengurus dan Anggota LDII Kabupaten Dompu usai kegiatan kerja bakti, Jumat (4/8/2023)

Asisten II H. Mokh. Syaiun sangat mengapresiasi langkah positif yang dilakukan LDII dalam melakukan pembersihan pasar dan Terminal Ginte.

"Ini merupakan hal positif yang patut diapresiasi. Karena itu atas nama Pemerintah Daerah kami menyampaikan terima kasih," ujarnya.

Apresiasi juga disampaikan Kadis LH Jufri M. Saleh. Dikatakannya LDII Kabupaten Dompu sudah banyak berbuat untuk dalam membantu Pemerintah dalam mewujudkan Program Dompu Berjasa (Bersih, Hijau dan Sehat).