Dua Tahun Memimpin Dompu, AKJ Sampaikan Progres Capaian Pembangunan

Kategori Berita

.

Dua Tahun Memimpin Dompu, AKJ Sampaikan Progres Capaian Pembangunan

Koran lensa pos
Senin, 06 Maret 2023

 

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan Wabup H. Syahrul Parsan


Dompu, koranlensapos.com - Kabupaten Dompu sudah dua tahun di bawah kepemimpinan Bupati H. Kadee Jaelani bersama Wakil Bupati H. Syahrul Parsan (26 Februari 2021 - 26 Februari 2023).

Pada Kamis malam (2/2/2023) lalu, dalam acara syukuran dua tahun kepemimpinannya, Bupati Kader Jaelani dalam pidatonya menyampaikan  laporan secara singkat tentang progres capaian pembangunan selama satu tahun terakhir.


"Laporan ini merupakan bentuk pertanggungjawaban konstitusional, politik dan moral Bupati dan Wakil Bupati Dompu kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Dompu yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk memimpin Kabupaten Dompu," ujarnya.



Dijelaskan AKJ, dalam melaksanakan pembangunan daerah, pihaknya berkomitmen secara konsisten melaksanakan Visi dan Misi Daerah yang telah dituangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah Kabupaten Dompu tahun 2021-2026.


Visi pembangunan daerah Kabupaten Dompu yaitu terwujudnya masyarakat Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius atau Dompu Mashur yang diwujudkan melalui 5 misi daerah.

Kelima misi daerah ini telah diterjemahkan oleh seluruh perangkat daerah dengan menyusun rencana strategis perangkat daerah tahun 2021-2026 dan dilegalkan melalui Peraturan Bupati Dompu Nomor 38 Tahun 2022.


"Secara keseluruhan saya harus menyampaikan bahwa dalam dua tahun kepemimpinan bersama Bapak Wakil Bupati Dompu lebih banyak menitikberatkan pada pemulihan ekonomi masyarakat sebagai dampak dari pandemi covid-19 yang melanda dunia sejak tahun 2020," ucapnya.



Dikatakannya kebijakan ini juga diambil untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi sebagai upaya mengembalikan pendapatan dan daya beli masyarakat yang terpuruk akibat pandemi covid 19.

Tahun 2022 adalah tahun pertama dari pelaksanaan RPJMD Kabupaten Dompu tahun 2021-2026. APBD Kabupaten Dompu tahun 2022 sebesar Rp. 1.223.464.758.068 (Satu Triliun Dua Rratus Dua Puluh Tiga Milyar Eempat Ratus Enam Puluh Empat Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Enam Puluh Delapan Rupiah).

Meningkat sebesar Rp. 144.146.236.744 (Seratus Empat Puluh Empat Milyar Seratus Empat Puluh Enam Juta Dua Ratus Tiga Puluh Enam Ribu Tujuh Ratus Empat Puluh Empat Rupiah) jika dibandingkan dengan APBD tahun 2021.

Hasil kunjungan yang intens pada beberapa Kementerian/Lembaga selama tahun 2021 membuahkan hasil yang baik. Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Dompu tahun 2022 tercatat sebesar Rp. 195.012.415.000 (Seratus Sembilan Puluh Lima Milyar Dua Belas Juta Empat Ratus Lima Belas Ribu Rupiah) meningkat 116 persen dibandingkan tahun 2021.

Seluruh anggaran tersebut digunakan untuk mewujudkan Visi dan Misi Bupati Dompu dengan memperhatikan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi.


AKJ menyebut sebanyak 525 wirausaha baru baik UMKM maupun IKM telah difasilitasi berupa sarana dan prasarana oleh pemerintah kabupaten dompu pada tahun 2022.


"Pembentukan wirausaha baru ini juga merupakan langkah kami untuk mewujudkan janji politik 1000 wirausaha baru sampai 2026," paparnya.

Selain pembentukan wirausaha baru, lanjutnya telah difasilitasi pula pembentukan 20 koperasi milenial dengan tujuan untuk menumbuhkan siklus ekonomi desa sebagai bagian dari konsep program Pasaka Desa.

Kemudian pembentukan wirausaha baru tersebut pada tahun 2022 telah difasilitasi peningkatan kapasitas dan bantuan peralatan bagi 138 pelaku industri.

Wirausaha baru yang difasilitasi tersebut bergerak dalam bidang pengolahan pangan berbasis ikan, pengolahan pangan berbasis jagung, pengolahan pangan berbasis daging sapi.

Berikutnya juga diarahkan untuk pelatihan meublair, pelatihan pengemasan produk pangan ikm beras, serta pelatihan keterampilan tenunan muna pa’a).

Melalui dana DBHCHT juga telah dilaksanakan pembentukan sentra industri pengolahan tembakau di desa woko sebagai upaya peningkatan pendapatan daerah dari hasil cukai tembakau.

Komitmen pemerintah daerah untuk mendukung produk lokal daerah diwujudkan melalui diterbitkannya peraturan Bupati Dompu Nomor 47 tahun 2022 tentang Produk Lokal Daerah.

Harapan terbitnya Perbup ini adalah sebagai perlindungan dan pemberdayaan produk lokal daerah  untuk peningkatan pertumbuhan dan memperkuat struktur ekonomi daerah berbasis potensi lokal.



Tidak dapat dipungkiri, kata AKJ, penyediaan pusat perdagangan harus terus diperhatikan untuk meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat.
Untuk itu pada tahun 2022 telah dilakukan pembangunan kembali dan penataan Pasar Soro, rehabilitasi Pasar Ginte, pemeliharaan Pasar Induk Dompu, dan pemeliharaan Pasar Manggelewa.

Selain penyediaan fasilitas sarana dan prasarana ekonomi masyarakat pemerintah kabupaten dompu juga menyelenggarakan berbagai pelatihan yang berbasis kompetensi yaitu pelatihan home industri pembuatan rokok, pelatihan mekanik, pelatihan las, dan pelatihan operator alat berat serta pelatihan pertukangan berbasis kompetensi.

Berbagai bentuk bimbingan teknis juga diselenggarakan di tahun 2022, setidaknya telah dilakukan bimbingan teknis kewirausahaan untuk 210 orang pelaku umkm dan koperasi.

Dalam upaya peningkatan kemampuan teknis calon tenaga kerja, maka pemerintah daerah melakukan kerjasama dengan pihak swasta berupa program magang pada PT. Panasonic Indonesia.

Pada tingkat pengelolaan BUMDES, pemerintah daerah juga telah melakukan bimbingan teknis kepada para pengelola bumdes dalam bentuk pelatihan manajemen, sehingga pengelolaan bumdes kedepan akan semakin berkembang dan dapat meningkatkan pendapatan asli desa.


"Harapan kami dengan diadakannya kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ditandai dengan menurunnya angka kemiskinan dan angka pengangguran terbuka," harapnya.



Dilanjutkan AKJ, berbagai upaya Pemerintah Kabupaten Dompu dalam pengembangan bidang agribisnis terus dilakukan selama tahun 2022. Produksi bahan pangan utama yaitu padi dan jagung relatif berada pada posisi yang stabil.

Pemerintah daerah Kabupaten Dompu sedapat mungkin terus menjaga produksi bahan pangan utama ini melalui ratusan jenis kegiatan penyediaan sarana dan prasarana pendukung pertanian seperti rehabilitasi jaringan irigasi, pembangunan sumur bor, pembangunan jalan usaha tani, serta tersedianya alat mesin pertanian baik alasintan panen maupun prapanen pada wilayah–wilayah sentra tanaman pangan.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Dompu membangun 3 unit lumbung pangan yang dilengkapi dengan fasilitas lantai jemur dan RMU di 3 lokasi yaitu Dompu, Manggelewa dan Kilo.

Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan nilai tambah produk, sehingga diharapkan dengan adanya lumbung pangan ini para petani tidak lagi menjual padi dalam bentuk gabah namun dalam bentuk beras. 

"Peningkatan nilai tambah ini tentu saja akan mendongkrak tingkat kesejahteraan di tingkat petani," sebutnya.



Bupati menambahkan pada tahun 2022 pula, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu bekerjasama dengan Bulog tengah merancang pembangunan pabrik penggilingan dan pengolahan beras modern di wilayah Kecamatan Woja.

Selain itu pembangunan pusat pengeringan jagung (CDC) yang saat ini sedang dalam tahapan uji coba, diperkirakan akan beroperasi padfa bulan april 2023.


"Keberadaan CDC ini diharapkan dapat menstabilkan harga jagung di tengah dominasi gudang swasta yang dapat mengatur harga," tandasnya.


AKJ menyinggung pula terkait pengembangan komoditas porang. Saat ini pemerintah tengah fokus pada proses demplot, optimalisasi porang yang dibudidayakan secara mandiri oleh masyarakat dan sembari melakukan perluasan pertanaman.

Dari sisi kepastian pasar dan harga porang pemerintah mulai membuka komunikasi kemitraan dengan koperasi berkah Gumi Lombok Kabupaten Lombok Utara.


"Selain itu rencananya pemerintah daerah akan mendatangkan pembeli dari negara china yang akan menjajaki peluang ekspor komoditas porang di Kabupaten Dompu," terangnya.


Di bidang peternakan, populasi ternak khususnya ternak sapi di Kabupaten Dompu selama tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 6,2 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan produksi ini tidak terlepas dari upaya pemerintah dalam penyediaan sarana dan prasarana pendukung peternakan di antaranya pembangunan jalan produksi, pembangunan sumur bor, pembangunan bank pakan dan pengembangan pakan berkualitas.

Di sisi lain jumlah pengeluaran ternak mengalami penurunan yang cukup signifikan. menurunnya tingkat pengeluaran ternak ini disebabkan oleh mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Wilayah Nusa Tenggara Barat termasuk Dompu masuk pada daerah zona merah PMK sehingga proses pengeluaran ternak khususnya sapi sangat ketat. Untuk itu penanganan PMK harus dilakukan dengan sangat serius.


"Sepanjang tahun 2022 populasi ternak yang telah diberikan vaksin PMK sudah mencapai 40 persen. Langkah vaksinasi hewan ternak ini dirasa cukup ekfektif ditandai dengan tingkat temuan kasus PMK yang semakin menurun dan ternak yang sempat terinfeksi seluruhnya dinyatakan sembuh," kata AKJ.

Selanjutnya pada tahun 2022 juga telah dibangun kandang komunal di Desa Tolokalo. Pengeloaan kandang komunal ini bekerja sama dengan pihak BUMDES setempat.


Diterangkan AKJ, pembangunan kandang komunal ini sebagai pilot project cara beternak sapi dengan sistem penggemukan dengan menjamin ketersediaan pakan yang berkualitas di dalam areal kandang komunal tersebut.


"Ke depannya akan dibangun beberapa kandang komunal dilokasi yang lain. upaya ini juga untuk meminimalisir hewan ternak yang berkeliaran di areal perkotaan," ulasnya.


Sementara itu, Produksi perikanan selama tahun 2022 juga mengalami peningkatan. Pada sektor perikanan tangkap jumlah produksi perikanan mencapai 14.155 ton meningkat lebih dari 100 persen jika dibandingkan dengan kondisi tahun 2021 yang hanya 6.925 ton.

Demikian juga kondisi perikanan budidaya yang juga meningkat secara signifikan jika dibandingkan tahun 2021 yakni mencapai 12.260 ton pada tahun 2022.

Peningkatan produksi perikanan ini tidak terlepas dari berbagai sarana dan prasarana yang difasilitasi selama tahun 2022 termasuk didalamnya pembangunan sistem budidaya lele bioflok.

Rehabilitasi tambak tardisional, pengembangan jalan produksi, rehabilitasi hatchery skala rumahtangga serta pengadaan bibit udang dan bandeng.

Kerja sama dengan swasta dalam hal usaha budidaya tambak intensif dilaksanakan di doropeti pekat bersama cv. anugrah hasil bersama seluas 15 hektar dengan tebar benih ikan sebanyak 2,5 juta ekor dan pada tahun 2022 ini telah dilakukan panen sebanyak 20 ton.


"Investasi di bidang perikanan tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam meningkatkan produksi perikanan di Kabupaten Dompu," jelasnya.

Tidak dapat dipungkiri, imbuhnya, selain bidang pertanian, potensi di bidang perikanan juga sangat menjanjikan, untuk itu pemerintah Kabupaten Dompu telah menyusun masternplan kawasan perikanan terpadu atau fish estate di Desa Mbawi.


Terkait hal itu, jelasnya, kelengkapan dokumen berupa studi kelayakan dan DED telah berhasil disusun. saat ini pemerintah sedang mengupayakan setifikat kawasan seluas 60 hektar sebagai syarat untuk mengajukan usulan pembangunan fish estate kepada pemerintah pusat melalui musrenbangnas tahun 2023 ini.



Selanjutnya AKJ menguraikan tentang perkembangan indikator makro pada tahun 2022 menunjukan perkembangan yang positif. pada tahun 2021 tercatat pertumbuhan ekonomi mengalami tumbuh sebesar 1,68 persen, namun di tahun 2022 perkenomian di Kabupaten Dompu tumbuh lebih besar di angka 2,95 persen.


"Peningkatan pertumbuhan ekonomi ini sejalan dengan pencapaian angka kemiskinan. angka kemiskinan dompu tahun 2022 membaik 0,2 persen jika dibandingkan dengan capaian tahun 2021 yaitu menjadi 12,4 persen," ungkapnya.


Dikatakannya, Angka kemiskinan Kabupaten Dompu merupakan yang terbaik di antara capaian kabupaten di ntb. Sedangkan angka pengangguran terbuka pada tahun 2021 tercatat sebesar 3,02 persen membaik menjadi 2,5 persen pada tahun 2022.


Dari sisi pendapatan, sebutnya rata-rata pendapatan perkapita masyarakat Dompu menjadi Rp. 32.638.000 pada tahun 2022 meningkat sebesar Rp.1.820.000 jika dibandingkan dengan capaian tahun 2021 yaitu sebesar Rp. 30.818.000.


"Pendapatan Perkapita Kabupaten Dompu merupakan urutan ketiga Se NTB atau dengan kata lain Kabupaten Dompu adalah daerah terkaya ketiga di Provinsi NTB," sebutnya.



Dikatakannya, membaiknya kondisi perekonomian selama tahun 2022 tersebut tidak lepas dari upaya bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Unggulan Daerah Jarapasaka dan Pasaka Desa.

Sementara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2021 tercatat sebesar 68,45 poin dan meningkat menjadi 69,15 poin di tahun 2022.


Sementara pada sektor kesehatan, Pravelensi Stunting di Kabupaten Dompu pada tahun 2022 tercatat 13 persen membaik jika dibandingkan dengan pencapaian tahun 2020 yang tercatat sebesar 14,3 persen. Sedangkan usia harapan hidup meningkat terus membaik menjadi 67,36 tahun pada tahun 2022.

Demikian pula pada faktor pembentuk IPM lain yaitu sektor pendidikan dan kemampuan daya beli yang terus tumbuh di tengah kondisi negara yang belum stabil.

"Dapat dicermati bahwa dari seluruh indikator makro ekonomi dan indikator pembangunan Kabupaten Dompu diatas selama tahun 2022 seluruhnya menunjukan trend peningkatan," paparnya.




Kemudian AKJ menyampaikan dari sisi infrastruktur pelayanan dasar pada tahun 2022 terus menunjukan perkembangan yang positif meskipun tidak terlalu signifikan.

Di mana jalan dan jembatan terus mengalami peningkatan pada tingkat kemantapannya melalui beberapa pekerjaan strategis. Pembangunan Jembatan Kandai Satu – Karijawa.

Pemeliharaan berkala Jalan Ruas Lanci – Banggo; Ruas Pancasila – Kenanga, Simpasai – Saneo, Ruas Jala – Nanga Sia, Ruas O’O – Lepadi, dan ruas jalan lainnya.

Penyediaan air minum dan sanitasi untuk kawasan pedesaan tetap terus diupayakan dalam rangka meningkatkan akses air minum dan sanitasi yang layak di Kabupaten Dompu.

Sedangkan untuk pemenuhan air minum di kawasan perkotaan telah di inisiasi melalui pekerjaan pemasangan pipa induk untuk air baku di Bendungan Mila.

Rehabilitasi jaringan irigasi pada 3 daerah irigasi yaitu daerah irigasi sori paranggi, daerah irigasi kwangko dan daerah irigasi sori na’a ikut berkontribusi pada kondisi panjang jaringan irigasi dalam kondisi baik yang semakin meningkat.

Fasilitas perhubungan juga terus ditingkatkan kualitasnya. peningkatan fasilitas di pelabuhan soro kempo. penyediaan sarana transportasi pedesaan.

Penanganan kawasan kumuh pemukiman melalui penyusunan rencana aksi penanganan permukiman kumuh dan penanganan RTLH sebanyak 200 penerima manfaat.

Berikutnya penanganan bencana alam yang responsif baik melalui penyediaan sarana dan prasarananya maupun penanganan korban bencana. pada tahun 2022 ini juga telah difasilitasi pembangunan rumah korban bencana di Desa Daha.

Pada tahun 2022 juga Kabupaten Dompu menambah 1 unit mobil damkar untuk meningkatkan pelayanan kebakaran di Kabupaten Dompu.


Pada sektor kesehatan juga terus dilakukan peningkatan fasilitas kesehatan, terutama pada layanan fasilitas kesehatan di tingkat Puskesmas, Rumah Sakit dan UPT lainnya.

Pada tahun 2022 dinas kesehatan memiliki gedung laboraturium kesehatan daerah baru di samping rehabilitasi beberapa puskesmas yang dilakukan.

Rumah Sakit Pratama Manggelewa telah naik status menjadi Rumah Sakit Umum Manggelewa. Adapun Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Dompu sudah memiliki layanan Hemodialisa atau Layanan Cuci Darah.

Demikian juga pada sektor pendidikan pembenahan fasilitas pendidikan terus dilakukan guna meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Dompu pada tahun 2023 akan fokus pada pencapaian program prioritas Jarapasaka/Pasaka Desa dengan mengalokasikan anggaran untuk pemberdayaan masyarakat melalui UMKM dan IKM, pengembangan BUMDES, penyelenggaraan diklat berbasis kompetensi, serta fasilitasi pengembangan komoditi unggulan daerah JARAPASAKA.



"Beberapa Pencapaian di atas tidak terlepas dari ridha dan ijin Allah SWT, doa restu, dukungan dan partisipasi aktif dari pemerintah, para pemangku kepentingan serta seluruh masyarakat Dompu. Atas pencapaian tersebut saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati Dompu yang telah loyal, setia, dan santun melaksanakan tugas yang diberikan. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Pak sekda yang telah bekerja keras dan berupaya membina serta mengarahkan para kepala organisasi perangkat daerah agar lebih berkinerja.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Pimpinan dan Anggota DPRD, Anggota Forkompimda, Aparatur Pemerintahan Kabupaten Dompu, Para Camat, Lurah dan Kepala Desa, serta seluruh masyarakat Dompu, yang tidak dapat diucapkan satu persatu.

Secara khusus juga saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Nyonya Lilis Suryani,  Ketua TP. PKK dan Ketua Dekranasda Dompu.

Tidak lupa, ucapan terima kasih disampaikan juga kepada pihak yang telah menyampaikan saran konstruktif dan kritiknya," ucapnya.



Bupati juga berterima kasih terhadap seluruh kritikan yang disampaikan melalui media sosial.

"Saya memandang kritikan itu sebagai suatu kepedulian dan tanggung jawab bersama dalam melaksanakan pembangunan Dompu," ujarnya.


Di akhir pidatonya, Bupati AKJ menyampaikan sebagai manusia, saya tidak luput dari kekurangan dan kesalahan, salah kata, salah sikap, salah tindakan dalam memimpin Dompu. 


"Oleh karenanya saya menghaturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya," ucapnya.


Bupati bersama Wakil Bupati Dompu menegaskan kembali, siap bekerja semaksimal mungkin untuk memimpin pembangunan Dompu, melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan penuh tanggungjawab, fokus, tulus, dan ikhlas dalam kondisi apapun.


"Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak seluruh warga masyarakat Dompu untuk berpartisipasi aktif, solid bergerak dalam pembangunan menuju Dompu Mashur," ajaknya.


Memungkasi pidatonya, Bupati AKJ mengucapkan terima kasih kepada Pelatih, Official, Pengurus Koni, Supporter dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Dompu atas dukungan baik moril ataupun materil serta doanya untuk para atlet  yang berlaga pada PORPROV NTB ke 11 tahun 2023.


"Apa yang ditorehkan pada ajang Porprov dengan berada pada posisi kedua Se-NTB dengan raihan 42 emas, 53 perak dan 64 perunggu merupakan keberhasilan kita semua menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu," pungkasnya.
(emo/*).