DLH Dompu Gelar Lomba Mewarnai Gambar Bertajuk Lingkungan Hidup

Kategori Berita

.

DLH Dompu Gelar Lomba Mewarnai Gambar Bertajuk Lingkungan Hidup

Koran lensa pos
Rabu, 08 Maret 2023

 

Anak-anak TK dan PAUD saat mengikuti Lomba Mewarnai Gambar bertajuk lingkungan hidup yang digelar di Taman Kota Dompu, Selasa (7/3/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu, Selasa (7/3/2023) menggelar Lomba Mewarnai Gambar untuk anak-anak PAUD dan TK. Kegiatan itu diselenggarakan di Taman Kota Dompu dengan tema "Optimalisasi Fungsi Ruang Terbuka Hijau Sebagai Wadah Edukasi Pengelolaan Lingkungan Hidup".

Wabup H. Syahrul Parsan saat membuka kegiatan lomba mewarnai gambar bagi anak TK dan PAUD yang digelar oleh DLH Dompu di Tamkot, Selasa (7/3/2023)

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan. Hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu Jufri M. Saleh beserta Kabid dan staf DLH,, Ketua GOW Hj. Faridah Syahrul Parsan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu Hj. Sri Suzana, Humas PT. SMS Muhammad Haryanto, perwakilan dari PT. STM, Pegadaian, para tokoh wanita, guru-guru pembimbing serta para orang tua murid.

Acara itu dikemas dengan apik. Sebelum pelaksanaan lomba mewarnai gambar, diawali dengan mengedukasi para bocah itu tentang cara menanam, menyiram dan memelihara pohon. Bahkan usai lomba, setiap anak mendapatkan hadiah satu tanaman untuk dibawa pulang dan kemudian ditanam di halaman rumah atau di kebun masing-masing.


Wabup H. Syahrul Parsan membuka kegiatan lomba mewarnai gambar


Wabup Syahrul Parsan menyampaikan kegiatan ini bernilai positif membentuk karakter anak dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. 

"Tentunya ini sangat positif dan patut diapresiasi, melatih keberanian anak berkompetisi dan mengembangkan kreativitasnya,” kata Wabup.

Wabup berpesan kepada para orang tua agar bisa mendidik anak-anak dengan baik. Termasuk memberikan edukasi sejak dini dalam mencintai lingkungan sekitar.

Wabup juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan sehingga terlihat bersih. 

"Sejak usia dini harus memberikan edukasi kepada anak-anak kita tentang menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita," ucapnya.


Wabup juga menegaskan para orang tua untuk memberikan keteladanan dan mengajarkan kepada anak mengenai pentingnya menjaga kelestarian dan keasrian lingkungan sekitar

Kadis LH Dompu, Jufri M. Saleh saat memberikan sambutan dalam acara lomba mewarnai gambar bagi anak TK dan PAUD 


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu, Jufri M. Saleh menyampaikan bahwa kegiatan Lomba Mewarnai Gambar tersebut tidak masuk dalam rencana anggaran DLH Kabupaten Dompu tahun 2023. Tetapi bisa terlaksana berkat dukungan dari sejumlah perusahaan yang peduli dengan persoalan lingkungan hidup. Antara lain PT. SMS, PT. STM, PT. Rangga Eka Pratama,  BRI Cabang Dompu, PT. Pegadaian (Persero), UMKM yang tergabung dalam APJI, Muslimat NU, dan lainnya.


Dikatakannya kegiatan lomba mewarnai gambar bertajuk lingkungan hidup ini adalah untuk memberikan edukasi kepada generasi muda Dompu sejak dini agar memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup. 


"Anak-anak itu ibarat kanvas. Orang tuanya lah yang memberikan warna apa pada kanvas itu. Pemimpin memberikan warna apa dan guru memberikan warna apa. Maka pada hari ini Kepala Dinas LH ingin mencoret dalam kanvas yang bersih ini bagaimana generasi-generasi ini sadar dan peduli terhadap lingkungan," ujarnya.

Jufri mengapresiasi kepedulian perusahan-perusahaan yang mendukung kegiatan tersebut. Menurutnya hal itu sebagai wujud perhatian terhadap lingkungan hidup di Kabupaten Dompu saat ini.

Kadis LH, Jufri M. Saleh (kaos lengan panjang hitam) bersama Humas PT. SMS, Muhammad Haryanto (berbaju batik) usai acara lomba mewarnai gambar di Tamkot Dompu, Selasa (7/3/2023)


Sementara itu, Humas PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS), Muhammad Haryanto mengemukakan pihaknya sangat mendukung upaya pemerintah untuk mengedukasi generasi agar mencintai lingkungan hidup.


"Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan tebu dan memproduksi gula kami mendukung kegiatan semacam ini. Anak adalah tunas bangsa yang harus kita jaga. Mereka bukan hanya sekadar diberi makan minum tetapi harus diberikan pendidikan yang benar. Kita harus juga menutrisi pikiran mereka sehingga ke depan menjadi generasi-generasi Dompu yang jauh lebih bernas. Kita siapkan generasi emas Dompu mulai dari sekarang," kata wartawan senior asal Makassar itu.


Humas PT. SMS, Muhammad Haryanto saat menyerahkan hadiah kepada salah satu anak pemenang lomba mewarnai gambar


Dikatakannya lomba mewarnai gambar bertajuk lingkungan hidup yang digagas oleh DLH Kabupaten Dompu ini sangat visioner karena melatih anak-anak berpikiran terbuka sejak dini. Mereka mewarnai sesuka hatinya gambar yang disiapkan, berarti memberikan keleluasaan bagi anak-anak berpikir cerdas dan terbuka.


"Mereka mewarnai gambar sesuka hatinya ini adalah suatu upaya menemukan karakter-karakter dari anak. Mereka bukan lagi didikte dengan ABCD tetapi mereka dibiarkan untuk berkembang. Istilahnya tugas kita Tut Wuri Handayani (memberikan dorongan dan arahan dari belakang)," ucapnya.


Kabid Pertamanan dan RTH DLH Dompu, Arifuddin


Kabid Pertamanan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu, Arifuddin, S. Sos menyebutkan peserta cukup membludhak lebih banyak dari yang ditargetkan. Peserta mencapai sekitar 360 anak PAUD dan TK dari Kecamatan Dompu dan Kecamatan Woja.

"Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pelajaran kepada anak-anak sejak dini untuk mengenal lingkungan sekitar," kata Arif seraya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para sponsor kegiatan tersebut. 

Ditambahkan panitia, Rukyatil Hilaliyah bahwa sebelum kegiatan, anak-anak yang menjadi peserta masing-masing menikmati satu butir telur matang.

Dikatakannya sisi lain dari acara ini, peran yang luar biasa dari UMKM yang tergabung dalam APJI Dompu. Para tamu diberikan kupon bernilai Rp.10 ribu untuk digunakan berbelanja di UMKM yang berjejer di area taman kota itu. Mereka berbelanja kuliner apa saja yang menjadi keinginannya. Bahkan ada yang berbelanja lebih dari Rp. 10 tetapi para ibu UMKM senang saja menerimanya. Di akhir acara, panitia yang membayar kepada UMKM sesuai dengan jumlah kupon yang ada.

"Ini untuk mendorong para tamu untuk berbelanja. Nilai kuponnya cuma 10 ribu tapi tamunya belanja lebih dari 10 ribu," kata Yati mengapresiasi Nur Syamsiah dan kawan-kawan yang berperan penting menyiapkan kuliner dalam acara ini.


Ketua GOW Dompu, Hj. Faridah Syahrul Parsan menggendong seorang anak perempuan siswi TK 01 Dompu bernama Gaziya Adhara yang berhasil meraih juara 1 Lomba Mewarnai Gambar Kategori TK


Gaziya Adhara, peraih juara I Lomba Mewarnai Gambar yang digelar oleh DLH Dompu di Tamkot, Selasa (7/3/2023) memegang hasil karyanya 

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba. Untuk anak TK mulai dari juara 1 sampai harapan 3. Demikian pula dengan anak PAUD dari juara 1 sampai harapan 3. 

Ketua GOW Hj. Faridah juga menggendong Muhammad Naufal yang meraih Juara I Lomba Mewarnai Gambar Kategori PAUD

Setiap anak yang menjadi peserta lomba mewarnai juga mendapatkan hadiah masing - masing satu pohon untuk dibawa pulang. Jenisnya bermacam-macam. Ada tanaman durian, rambutan, sawo, klengkeng, dan kayu putih.

Ketua GOW Dompu, Hj. Faridah menyerahkan pohon kepada salah satu peserta lomba mewarnai sebagai hadiah untuk dibawa pulang dan ditanam di halaman rumah

Kadis LH Dompu menyerahkan hadiah pohon kepada salah satu anak peserta lomba mewarnai gambar

"Pohonnya supaya ditanam, disiram dan dirawat sampai besar ya," pesan Ketua GOW Kabupaten Dompu, Hj. Faridah Syahrul Parsan. (emo).



Kabid Andi Bahtiar menyerahkan hadiah kepada salah satu pemenang lomba



Anak-anak peserta lomba masing-masing pulang dengan membawa satu tanaman untuk ditanam di halaman rumah

Qurratul Aisyah, salah satu peserta dari Desa Madaprama Kecamatan Woja memperlihatkan hasil karyanya mewarnai gambar