Danramil Hadiri Penutupan STQ XXVII Tingkat Kecamatan Hu'u

Kategori Berita

.

Danramil Hadiri Penutupan STQ XXVII Tingkat Kecamatan Hu'u

Koran lensa pos
Senin, 06 Maret 2023

 

Acara penutupan STQ XXVII Tingkat Kecamatan Hu'u


Dompu, koranlensapis.com - Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Ke XXVII Tingkat Kecamatan Hu'u Tahun 2023 secara resmi ditutup oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT di halaman Kantor Camat Hu'u, Sabtu (04/03/2023). 


STQ Tingkat Kecamatan Hu'u yang berlangsung selama 4 hari mulai dari hari Rabu (01/03/2023) ini diiikuti oleh s peserta 120 orang dari berbagai Desa di Kecamatan Hu'u. 

Turut hadir dalam acara ini Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT, Camat Hu'u Muhammad Iswan, S. KM, Danramil Hu'u Kapten Inf. Muslimin, Kapolsek Hu'u Ipda. Sumoharto, Asisten III Setda Dompu Ir. Ruslan, para pimpinan OPD lingkup Pemda Dompu, Muspika Kecamatan Hu'u, Pimpinan PT. STM, PT Nasional dan PT Lokal, Dewan Hakam dan Panitia, Kepala Desa se Kecamatan Hu'u, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda. 


Wabup mengungkapkan STQ bertujuan untuk mencari bibit Qori - Qori'ah yang Qur'ani. STQ juga bertujuan untuk membentuk generasi Dompu yang beriman, bertaqwa dan beradab.


"Apabila anak kita rajin mengaji, maka ia akan rajin beribadah dan melaksanakan Sholat dan memiliki adab serta memiliki akhlakul karimah, sehingga dengan sendirinya anak-anak kita tidak akan melakukan perbuatan yang negatif, karena memang isi dalam Al Qur'an mengandung tuntunan kebaikan," ujar Wabup. 


Terkait dengan kenakalan remaja, Wabup menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah telah mengeluarkan surat edaran pemberlakuan jam malam. Hal itu untuk membatasi pergaulan malam remaja. Tujuannya untuk meminimalisir kenakalan remaja seperti pergaulan bebas, penggunaan narkoba dan tindakan kriminalitas lainnya seperti panahan.

 "Alhamdulillah di Hu'u tidak ada kasus remaja yang berkaitan dengan panah memanah, ini harus dipertahankan, " puji Wabup. 
Sebelum mengakhiri sambutannya, Wabup mengharapkan kepada para peserta STQ yang tampil menjadi juara untuk terus belajar mengasah kemampuannya. Begitu juga pada peserta yang belum meraih juara diharapkan untuk terus belajar agar lebih baik ke depannya.

"Mudah-mudahan Kecamatan Hu'u melahirkan generasi-generasi Qur'ani yang membanggakan bagi Agama, Bangsa, Negara dan Daerahnya," doanya.


 Camat Hu'u Muhammad Iswan, S. KM, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan rasa syukur atas penyelenggaraan STQ tahun ini yang luar biasa megah meriah.

 
"Apresiasi dan penghargaan tentunya saya sampaikan kepada seluruh panitia, seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Hu'u dan semua pihak yang telah memberikan dukungan tenaga dan materi demi suksesnya kegiatan ini," ucapnya. 



Iswan mengatakan pelaksanaan STQ ini tidak hanya untuk mencari juara tetapi juga menjadi sarana untuk mendorong para generasi muda untuk meningkatkan kualitas bacaan, hafalan dan pemahaman Al Qur'an.


"Melalui STQ kita berharap akan lahir generasi emas yang hatinya terikat dengan Al Quran," ucapnya sembari berharap semoga STQ atau MTQ di tahun tahun berikutnya akan lebih baik lagi. 

Tidak lupa pula Camat menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia, Muspika Kecamatan Hu'u, Dewan Hakam, Kades, PT STM, PT Nasional, dan PT Lokal, serta seluruh donatur yang telah membantu mensukseskan kegiatan ini. 


Camat juga menyinggung terkait dengan Surat Edaran Bupati Dompu, tentang Pemberlakuan Jam Malam Bagi Anak. Dikatakannya, Pemerintah Kecamatan Hu'u beserta Danramil dan Kapolsek telah mengadakan patroli jam malam untuk membatasi pergaulan remaja yang bertujuan meminimalisir kenakalan remaja seperti pergaulan bebas, penggunaan narkoba dan tindak kriminalitas lainnya.



Selain itu, lanjut Iswan, pihaknya bersama Kepala Desa se Kecamatan Hu'u akan melaksanakan Yasinan bersama setiap malam Jum'at di setiap Desa minimal 1 bulan sekali, dan pagi harinya makan bubur (kawiri). 


 Selanjutnya Dewan Hakam, Imran Abdullah, membacakan Surat Keputusan Dewan Hakam Nomor : 04/DH-STQ/ Hu'u/2023, tentang penetapan juara.

Cabang Tilawah Dewasa, Qori Juara 1 Salahudin utusan Desa Hu'u, juara II Idham, SP utusan Desa Sawe, juara III Ihwan Ahmad utusan Desa Adu.
Sedangkan Qori'ah Juara I Fitriani, S. Pd. I utusan Desa Rasabou, juara II Eva Faradilla Maulid utusan Desa Rasabou, juara III Sumarni, S. Pd utusan Desa Sawe.

Cabang Tilawah Remaja Qori'  juara I Bayu Saputra utusan Desa Jala, juara II Faturahman utusan Desa Sawe, juara III Burhan M. Hasan utusan Desa Cempi Jaya. Adapun Qori'ah juara I Nurmiftahul Janah utusan Desa Sawe, juara II Tanwirul Hilmi utusan Desa Cempi Jaya, dan juara III Eka Nuryani utusan Desa Sawe. 


Cabang Tilawah Anak anak Qori juara I Muhammad D. Iyan utusan Desa Adu, juara II Muhammad Lutfi Husain utusan Desa Sawe, juara III Mukti Muhammadin utusan Desa Daha, Qori'ah juara I Naura Datul Fitri utusan Desa Sawe, juara II Keisha Azahra utusan Desa Sawe, dan juara III Nuratul Awaliah utusan Desa Cempi Jaya. 

Danramil Hu'u, Kapten Inf. Muslimin menyerahkan hadiah bagi juara lomba dalam STQ Tingkat Kecamatan Hu'u


Cabang Hifzil Qur'an Qori Juara I Waliyullah Al Mubarok, juara II Wahyudin Pangestu utusan Desa Daha. Qori'ah juara I Nining Anggraini utusan Desa Sawe, juara II Nurfiatun utusan Desa Sawe, juara III Wahdita Amelia utusan Desa Sawe. 


Cabang Hafiz 1 Zuz dan Tilawah Qori juara I Imam Solihin utusan Desa Daha, juara II Abdul Haminulla utusan Desa Rasabou, juara III, M. Ali Rizky utusan Desa Rasabou, juara IV Ahmad Abdul Gani utusan Desa Marada.

 Qori'ah juara I Nurhafizah utusan Desa Sawe, juara II Nurlaila Azahra utusan Desa Sawe, juara III Ajkiah Silva utusan Desa Rasabou, juara IV Salsabila Azahra utusan Desa Sawe. 
Cabang Hilfiz Qur'an 10 Zuz diraih oleh Obut Ardiansyah utusan Desa Hu'u sebagai juara I. 
Sedangkan Qasidah antar Desa Juara I Desa Hu'u, juara II Desa Cempi Jaya, juara III Desa Adu.

 Qasidah antar Instansi Juara I UPTD Dikpora Kecamatan Hu'u, juara II Kantor Kecamatan Hu'u, juara III SMPN 1 Hu'u, dan untuk Juara Umum Qasidah Desa Hu'u.

Acara diakhiri dengan penyerahan hadiah dan foto bersama. (Fan).