Jelang Pelaksanaan Prakerin, SMKN 1 Hu'u Berikan Sosialisasi Pada Orang Tua Siswa

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Jelang Pelaksanaan Prakerin, SMKN 1 Hu'u Berikan Sosialisasi Pada Orang Tua Siswa

Koran lensa pos
Jumat, 13 Januari 2023

 

Kegiatan Sosialisasi kepada orang tua siswa SMKN 1 Hu'u menjelang pelaksanaan Prakerin 



Dompu, koranlensapos.com - SMK Negeri 1 Hu'u akan mengirim siswa-siswi kelas XI untuk mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerin) ke Kota Mataram, Sumbawa, Dompu dan Bima. Pelaksanaannya di awal bulan Februari hingga Maret 2023.

Untuk memberikan wawasan dan pemahaman mengenai pelaksanaan Prakerin tersebut, maka Panitia Pelaksana melakukan sosialisasi kepada para orang tua /walu siswa.

Sosialisasi dilaksanakan pada hari Rabu (11/1/2023) bertempat di Ruang Praktek Perhotelan SMKN 1 Hu'u Dompu.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala SMKN 1 Hu'u, Rosyidah, S. Pd, Ketua Komite Sukrin A. Rahman, Wakasek Kurikulum sekaligus Ketua Panitia  Iswan, S. Pd, Wakasis Abdul Fadil, S. Pd, Waka Humas Drs. Nasaruddin, dan seluruh orang tua/wali murid. 

Kepsek Rosyidah, S. Pd mengatakan tujuan Prakerin bagi siswa adalah para siswa-siswi dapat mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah.

"Bukan hanya materi yang harus dikuasai tetapi juga praktek saat terjun ke dunia usaha atau dunia industri," jelasnya.

Dipaparkan Rosyidah, Prakerin adalah kegiatan pendidikan pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya.
 
Dalam pelaksanaan Prakerin dilakukan dengan prosedur tertentu. Bagi siswa yang magang di suatu tempat kerja baik dunia usaha maupun di dunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing di sekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau industri. 

Dikemukakan Rosyidah, pengetahuan sudah diterima oleh para siswa yang akan menjalani Prakerin selama menempuh pendidikan di SMKN 1 Dompu. Selanjutnya dalam kegiatan Prakerin, para siswa akan mempraktekkan pengetahuan yang telah diperolehnya.

 Sementara itu, Ketua Panitia Prakerin Iswan, S. Pd, menjelaskan bahwa program Prakerin sebagai syarat kenaikan kelas dan persyaratan mengikuti ujian Nasional, serta meningkatkan keterampilan para siswa dalam menghadapi dunia kerja. 
Terkait dengan hal tersebut, orang tua/ wali murid memiliki peran penting untuk mensupport dan mendoakan bagi putra-putrinya agar sukses dalam menjalankan program Prakerin.

"Peran orang tua/Wali siswa sangat penting dalam mengawasi, menfasilitasi, dan berkoordinasi dengan Panitia Prakerin selama anak anak dalam kegiatan Praktek," harapnya.


Acara sosialisasi berjalan lancar. Para orang tua / wali siswa sepakat mendukung pelaksanaan Prakerin tersebut. (D'Fan).