Genjot Potensi Atlet, KONI Dompu Mantapkan Pelatkab Hingga Jelang Porprov NTB

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Genjot Potensi Atlet, KONI Dompu Mantapkan Pelatkab Hingga Jelang Porprov NTB

Koran lensa pos
Sabtu, 07 Januari 2023

 

Wakil Ketua KONI Kabupaten Dompu Bidang Binpres, Iwan Ermansyah, M. Pd



Dompu, koranlensapos.com - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Nusa Tenggara Barat dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 18 hingga 26 Februari 2023.

Untuk menggenjot potensi atlet yang akan diterjunkan dalam ajang olahraga 4 tahun sekali itu, KONI Kabupaten Dompu melalui cabang olahraga (cabor) masing-masing masih melaksanakan Pemusatan Latihan Kabupaten (Pelatkab). Launching tanda dimulainya Pelatkab sejak bulan Desember 2022 lalu.

"Pelatkab masih berlangsung dan akan berakhir pada tanggal 12 Februari 2023," ungkap Wakil Ketua KONI Kabupaten Dompu Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres), Iwan Ermansyah, S. Pd., M. Pd yang dikonfirmasi di ruang kerjanya kemarin.

Dikatakannya Pelatkab ini sebagai rujukan bagi KONI Dompu untuk mengukur sejauhmana capaian-capaian di dalam pengklasifikasian cabor unggulan, atlet unggulan dan atlet harapan.

Untuk kelancaran pelaksanaan Pelatkab, KONI Dompu juga menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan di masing-masing cabor.

Lebih lanjut dikemukakannya saat pelaksanaan Launching Pelatkab pada Desember 2022 lalu, telah ditetapkan 414 atlet yang akan diterjunkan  dalam Porprov mendatang. Terdiri dari 122 atlet unggulan dan 292 atlet harapan. Namun demikian jumlah tersebut bisa saja mengalami pergeseran meski tidak signifikan. Hal itu terjadi karena melihat potensi atlet selama berlangsungnya Pelatkab. 
"Bisa saja mengalami pengurangan dan bisa juga akan bertambah jumlahnya," ujarnya.

Menurutnya penambahan atau pengurangan jumlah atlet juga karena menyesuaikan dengan 
ketersediaan atlet pada suatu cabor yang dipertandingkan. Salah satunya terkait peraturan KONI NTB bahwa cabor dapat dipertandingkan minimal ada atlet dari 4 kabupaten/kota yang mewakili. 


"Kita lebih awal memang sudah menetapkan dulu kontingen tetapi bisa saja berubah dilakukan pengurangan dan bisa saja dilakukan penambahan sesuai dengan kebutuhan keterwakilan kabupaten/kota. Jadi akan ada perubahan seiring dengan adanya perubahan peraturan di masing-masing cabor. Karena kami harus merujuk pada informasi dari KONI NTB melalui bidang pertandingan. Bisa saja dilakukan pengurangan dan bisa juga dilakukan penambahan," ulasnya.

Iwan menerangkan data atlet telah dilakukan perekapan by name by number dan selanjutnya diserahkan ke KONI NTB. 

"Hari ini (Jumat, 6 Januari 2023,red) data semua atlet akan kami bawa ke Mataram. Mudah-mudahan semua atlet yang telat terdaftar dapat diterima datanya oleh KONI NTB dan dapat dipertandingkan," harapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Iwan pengklasifikasian atlet unggulan dan atlet harapan dilakukan oleh KONI Kabupaten Dompu untuk pencapaian target perolehan medali dan peringkat dalam event Porprov NTB mendatang. Dalam pelaksanaan Pelatkab, atlet unggulan lebih ditingkatkan intensitas maupun volume latihan.

"KONI Dompu menargetkan untuk mempertahankan posisi tiga besar.  Tetapi kami juga harus mencermati perkembangan peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh KONI NTB," ujarnya.

Sedangkan mengenai target perolehan medali, Iwan enggan menyebutnya karena proses Pelatkab masih berlangsung. 

"Mengenai target medali bisa saja akan ada perubahan setelah berakhirnya Pelatkab ini," ujarnya.

Iwan menjelaskan satu hal yang sangat membanggakan bahwa atlet Dompu yang diterjunkan ke Porprov adalah atlet-atlet lokal putra daerah yang mendapatkan pembinaan langsung di masing-masing cabor.

Menurutnya pembinaan atlet lokal memiliki target jangka pendek dan target jangka panjang. Target jangka pendeknya adalah perolehan medali. Sedangkan target jangka panjang adalah munculnya bibit-bibit baru atlet dari cabor-cabor yang terus berkesinambungan.


"Kita bukan saja menargetkan perolehan medali tetapi membangkitkan seluruh elemen keolahragaan di Kabupaten Dompu ini faktor yang paling utama," tandasnya. 

Selanjutnya Iwan memohon dukungan dan doa  dari seluruh masyarakat agar kontingen dari Kabupaten Dompu dapat menampilkan kemampuan terbaiknya dalam event yang membanggakan tersebut sehingga dapat mengharumkan nama Bumi Nggahi Rawi Pahu di kancah regional maupun nasional. (emo).