Anak Yatim dan Dhuafa binaan FITUA Dompu, Bersihkan Sampah Plastik di Pantai Lakey

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Anak Yatim dan Dhuafa binaan FITUA Dompu, Bersihkan Sampah Plastik di Pantai Lakey

Koran lensa pos
Selasa, 17 Januari 2023

 

Kegiatan bersih pantai oleh anak-anak yatim dan dhuafa binaan FITUA Dompu


Dompu, koranlensapos.com - Forum Peduli Yatim Piatu Dhuafa Dompu (FITUA DOMPU), Minggu (15/1/2023) melakukan kegiatan Wisata Ceria disertai bersih pantai di Pesisir Pantai Lakey Desa Hu'u Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu. 

Aksi bersih pantai ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan dalam rangka mengedukasi anak usia dini untuk mencintai kebersihan.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari 10 Anggota pengurus dan 40 anak yatim dan dhuafa binaan FITUA. Kegiatan ini berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 10 Karung besar dalam waktu sekitar dua jam. Jenis sampah yang terdapat di pesisir pantai sebagian besar merupakan sampah plastik sekali pakai seperti sedotan, botol plastik, gelas plastik dan kemasan makanan.

“Sampah apabila dibiarkan dan tidak ditangani dapat menimbulkan pencemaran, gangguan kesehatan, dan gangguan estetika," kata kata Anshari Nawawi, S. Pd selaku Ketua FITUA DOMPU.

Dikatakannya aksi bersih pantai ini, menjadi upaya bersama untuk mewujudkan kawasan pesisir yang bersih dan indah. 

"Selain dapat menjaga kelestarian ekosistem laut dan pesisir, kebersihan pantai dapat  juga meningkatkan estetika," ujarnya.

 Anshari mengemukakan kegiatan bersih pantai ini dilaksanakan oleh FITUA Dompu secara rutin yaitu 3 bulan sekali.

"Diharapkan dapat meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, khususnya lingkungan pesisir pantai,” pungkasnya. (emo).