Pelajaran Berharga Dari Piala Dunia Qatar 2022 (1)

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Pelajaran Berharga Dari Piala Dunia Qatar 2022 (1)

Koran lensa pos
Senin, 19 Desember 2022

 

Nobar Final Piala Dunia Qatar 2022 di Think Big Cafe Jalan Naru Swete 


Perhelatan Piala Dunia telah usai malam tadi. Argentina akhirnya merengkuh podium tertinggi setelah mengalahkan Prancis melalui drama adu pinalti dan meraih piala paling bergengsi di muka bumi.

Pertandingan semalam menyuguhkan drama yang luar biasa. Harusnya menjadi pertandingan final piala dunia terbaik sepanjang masa, tidak hanya dengan suguhan permainan, jumlah gol, serta faktor penyelenggaraanya saja. 

Di luar itu, terdapat satu pelajaran besar yang diperoleh. Suguhan pertandingan final semalam adalah representasi dari perjuangan sejati, meski di awal Argentina berhasil melesatkan 2 gol ke kandang lawan, dan sepertinya menuju pada kemenangan akhir, tapi ternyata hukum alam berupa perjuangan pantang menyerah itu berlaku, dan Prancis mengambil hukum itu dan berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua.

Rasa percaya diri tim Argentina yang sempat berada di puncak, akhirnya harus turun karena Prancis mengambil ruang melesatkan percaya dirinya melalui balasan gol. Tak hanya sampai disitu, situasi tertekan di awal pertandingan berubah menjadi semangat untuk menekan, menciptakan satu momentum untuk menaikkan kepercayaan diri, perjuangan yang harus melalui penambahan waktu dan drama adu pinalti.

Tak ada kata menyerah, sesulit apapun keadaannya. Tak ada kata kalah sebelum perhelatan itu berakhir. Momentum itu silih berganti dilakukan oleh Argentina dan Prancis.

Untuk meraih kemenangan sangatlah tidak mudah, bukan lawan yang harus dikalahkan, melainkan diri sendiri. Perjuangan itu ibarat kata seperti naik rollercoaster, melesat naik dengan kecepatan tinggi, lalu melambat turun, menghimpun tenaga untuk kembali melaju menuju titik akhir pemberhentian.

Dan kehidupan kitapun pastinya sebelas duabelas dengan pertandingan semalam. Butuh perjuangan untuk mencapai keinginan, ada banyak hal yang harus dikeluarkan dan di korbankan. Konsistensi terhadap tujuan itu, lalu berjuang dengan segenap daya yang dimiliki, tak boleh lengah, bangkit ketika terpuruk, lalu melesat menuju akhir.

Berjuanglah selayaknya pejuang sejati. Jadilah juara selayaknya pemenang sejati. Dan harus diakui, Argentina melakukan itu tadi malam. Kita belajar banyak hal dari kemenangan Argentina, lalu mendapatkan banyak hal baik dari perjuangan Prancis.

Selamat untuk Messi Tim dan pendukung sejati Argentina. Terima kasih untuk Mbappe dan Tim Prancis. 

Olah raga selalu menyatukan dan memberikan kebersamaan dalam kebaikan.
(*Penulis Dheen Syafrudin).