Irup HUT NTB ke 64 di Dompu, Wabup Bacakan Amanat Gubernur

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Irup HUT NTB ke 64 di Dompu, Wabup Bacakan Amanat Gubernur

Koran lensa pos
Minggu, 18 Desember 2022

 

Pelaksanaan Upacara HUT NTB Ke 64 Tingkat Kabupaten Dompu, Sabtu (17/12/2022)



Dompu, koranlensapos.com - Upacara Peringatan HUT Provinsi Nusa Tenggara Barat yang ke 64 tahun 2022 Tingkat Kabupaten Dompu pada Sabtu (17/12/2022) dilaksanakan di Lapangan Beringin halaman Kantor Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu Dompu.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan. Komandan Upacara Pasilog Kodim 1614/Dompu, Kapten Inf. Ibrahim. Sedangkan Perwira Upacara Kabag Ops Polres Dompu AKP Syamsu Rizal. Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dompu Jamaluddin. Pembaca Sejarah singkat NTB Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra. Pembaca doa Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsun H. Ilyas, M. Si.

Dalam sambutannya, Wabup membacakan amanat Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah.

Inilah selengkapnya amanat Gubernur NTB :

ALHAMDULILLAH, RASA SYUKUR YANG MENDALAM KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SWT., ATAS RAHMAT DAN KARUNIANYA, PADA HARI YANG BERSEJARAH INI, KITA BERSAMA SAMA MEMPERINGATI HARI ULANG TAHUN KE 64 PROVINSI NTB YANG SAMA SAMA KITA CINTAI DAN BANGGAKAN. 

SEGENAP MASYARAKAT NTB YANG SAYA CINTAI, 

MOMENTUM PERINGATAN HUT PROVINSI NTB KALI INI, MEMILIKI MAKNA KHUSUS BAGI SAYA DAN Dr. Hj. SITTI ROHMI DJALILAH. PADA TAHUN 2022 INI, GENAP EMPAT TAHUN SUDAH PERKHIDMATAN KAMI SEBAGAI GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR NTB PASCA DILANTIK PRESIDEN RI, JOKO WIDODO PADA TANGGAL 19 SEPTEMBER 2018 LALU. 

MENGAWALI AMANAH SEBAGAI PEMIMPIN NTB, MASA MASA SULIT TAK TERHINDARKAN. MULAI DARI BENCANA GEMPA BUMI TAHUN 2018 YANG MERUSAK HAMPIR SEBAGIAN BESAR WILAYAH NUSA TENGGARA BARAT. MARET 2020 KITA DISERANG PANDEMI COVID 19 YANG BELUM BERAKHIR HINGGA SAAT INI DENGAN BERBAGAI VARIAN BARUNYA. 2022 DISAPA PENYAKIT MULUT DAN KUKU (PMK), INFLASI DAN BAYANG-BAYANG RESESI DUNIA. 

KONDISI INI TENTUNYA MENJADI PELECUT SEMANGAT KAMI, UNTUK SEMAKIN MENGUATKAN KOMITMEN MEMBANGUN UNTUK NTB LEBIH BAIK LAGI NTB YANG WEXT TIME BETTER BAHKAN NTB YANG TERBAIK NEXT THE BEST. 

PROGRAM UNGGULAN DI BERBAGAI SEKTOR, MENJADI CARA PEMBUKTIAN DALAM IKHTIAR MEMBANGUN YANG PROGRESIF. MENAPAKI LANGKAH PERTAMA UNTUK PERJALANAN PANJANG MEMBANGUN MIMPI BESAR, KITA KEMAS BERSAMA DALAM VISI NTB GEMILANG, SEBAGAI REFLEKSI DARI PEMAKNAAN ATAS UNGKAPAN BALDATUN THAYYIBATUN WA RABBUN GHOFUR. DAERAH YANG AMAN, NYAMAN DAN MENYENANGKAN, DIMANA HIDUP DAN KEHIDUPANNYA DIPENUHI HIKMAH DAN KEBERKAHAN. 

SEGENAP MASYARAKAT NTB YANG SAYA BANGGAKAN, PEMERINTAH PROVINSI NTB, TERUS MEMACU SEJUMLAH PROGRAM UNGGULAN SEPERTI INDUSTRIALISASI, POSYANDU
KELUARGA, BEASISWA LUAR NEGERI, DESA WISATA DAN ZERO WASTE, SERTA PROGRAM UNGGULAN LAINNYA, SEMBARI MENGGALI POTENSI MELALUI GELARAN EVENT EVENT PRESTISIUS DAN MENEGUHKAN EKSISTENSI DENGAN MERAIH PENGHARGAAN NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL DI BERBAGAI BIDANG. 

DI PROGRAM UNGGULAN INDUSTRALISASI, JUMLAH IKM DAN UKM TERUS TUMBUH. PETA JALAN INDUSTRIALISASI MULAI DARI BAHAN BAKU, PENGOLAHAN MESIN, PENGEMASAN, HINGGA PEMASARAN SUDAH DAPAT DIRASAKAN MANFAATNYA. PERUBAHAN POLA PIKIR EKONOMI KERAKYATAN YANG TERUS MENERUS DIINTERVENSI DENGAN STIMULUS INFRASTRUKTUR SAMPAI KEBIJAKAN, JUGA MENJADI SUNTIKAN SEMANGAT UNTUK MENGHADIRKAN INDUSTRIALISASI YANG BERMANFAAT DI NTB. 

PERLAHAN NAMUN PASTI, ALHAMDULILLAH, KITA TELAH MAMPU MENGHASILKAN PRODUK PRODUK UKM DENGAN STANDAR YANG BAIK UNTUK DISEBAR DI PASAR GLOBAL. SAAT INI TENUN NTB TELAH MENDUNIA DENGAN BEBERAPA EVENT INTERNASIONAL YANG PERNAH DIIKUTI. JUGA BEBERAPA KULINER KHAS NTB YANG DIKEMAS LEBIH BAIK, SEPERTI AYAM TALIWANG, AYAM RARANG DAN SATE REMBIGA, SEHINGGA LEBIH MUDAH DIBAWA DAN BISA DINIKMATI DALAM WAKTU YANG PANJANG.

DATA YANG MASUK DI APLIKASI (SISTEM INFORMASI DATA TUNGGAL (SIDT) PER 22 NOPEMBER 2022, UMKM NTB BERJUMLAH 278.811 UNIT USAHA DAN KOPERASI SEBANYAK 534 UNIT. TOTAL KUMKM PER 22/11/2022 SEBANYAK 279.345 UNIT. 

PROGRAM UNGGULAN POSYANDU KELUARGA, YANG DIKEMBANGKAN MENJADI PUSAT LAYANAN KESEHATAN PLUS, TELAH MENJANGKAU SAMPAI KE DUSUN DUSUN. SALAH SATUNYA DENGAN INTEGRASI BANK SAMPAH KE DALAM SISTEM PELAYANAN POSYANDU KELUARGA, YANG HAMPIR MENJANGKAU SELURUH PERSOALAN MULAI DARI KESEHATAN, HINGGA MASALAH SOSIAL. HINGGA OKTOBER 2022, NTB TERCATAT MEMILIKI 7.676 POSYANDU DAN 100% TELAH BERALIH KEPADA POSYANDU KELUARGA. 

PROGRESIVITAS POSYANDU KELUARGA MENGHANTARKAN NTB MENDAPAT APRESIASI DARI KEMENTERIAN KESEHATAN, YAITU ANUGERAH PENGHARGAAN STBM AWARD, KATEGORI PERCEPATAN 100 PERSEN SBS (STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN), TANGGAL 23 NOVEMBER 2022 LALU. 

TEROBOSAN INI MENDUKUNG PULA PROGRAM UNGGULAN ZERO WASTE DALAM PELIBATAN MASYARAKAT, SERTA TARGET BEBAS SAMPAH 2023. BERAGAM INOVASI ALHAMDULILLAH TELAH MEMBERIKAN OUTPUT PENGURANGAN DAN PENANGANAN SAMPAH SECARA SIGNIFIKAN. 

TERJADI PENINGKATAN NERACA PENGELOLAAN SAMPAH DARI 20,06 % DI TAHUN 2018 MENJADI 50,44 % DI TAHUN 2022. HAL INI DIAWALI DENGAN MANTAPNYA REGULASI DI TINGKAT PROVINSI DAN SELURUH KABUPATEN/KOTA, JUGA TINGKAT PARTISIPASI PARA PIHAK. 

NTB ZERO WASTE MEMUNCULKAN BANYAK INISIASI ANTARA LAIN ECO OFFICE, ECO SCHOOL DAN YANG TERAKHIR ADALAH DEKLARASI DARI PARA PENYELENGGARA EVENT YANG MEMASTIKAN SAMPAH TERKELOLA DALAM SETIAP EVENT. BERBAGAI INDUSTRY PENGOLAHAN SAMPAH JUGA TURUT HADIR DI NTB, BUKAN HANYA DARI DALAM NEGERI TETAPI JUGA INVESTASI DARI LUAR NEGERI, SEBAGAI BUKTI BAHWA KOMITMEN NTB DENGAN ZERO WASTE NYA AKAN MENJADI DAYA TARIK BAGI PARA PIHAK UNTUK TERUS MEMBERIKAN DUKUNGAN DEMI TERCAPAINYA NTB BERSIH 2023. 

SEGENAP MASYARAKAT NTB YANG SAYA BANGGAKAN, MENGGESA PROGRAM UNGGULAN 99 DESA WISATA, PEMERINTAH PROVINSI MENDORONG KEHADIRAN KELOMPOK SADAR WISATA YANG MENGELOLA POTENSI WISATA MASING MASING DESA. HINGGA TAHUN 2022, NTB MEMILIKI 445 DESA WISATA. UNTUK MENDUKUNG SEKTOR KEPARIWISATAAN TERUS DIUPAYAKAN — PENGEMBANGAN — INFRASTRUKTUR, — PEMBERIAN 
BANTUAN, SAMPAI DENGAN MELAKUKAN INOVASI MENCIPTAKAN DESA WISATA PENYANGGA BAGI DESTINASI WISATA INTERNASIONAL, SEKITAR KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA, SENGGIGI, GILI TRAMENA. TERMASUK BEBERAPA DESTINASI WISATA LAIN YANG MENDUNIA, SEPERTI DESA WISATA TETE BATU, SESAOT, KEMBANG 

KUNING, DESA WISATA HIJAU BILEBANTE, LOANG BALOG DAN BUWUN SEJATI YANG TERPILIH SEBAGAI DESA WISATA BERPRESTASI DARI KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF. 

PROGRAM UNGGULAN 1000 CENDIKIA YANG MENGIRIM MAHASISWA KE LUAR NEGERI, MELIHAT DAN BELAJAR TENTANG MASA DEPAN GLOBAL YANG PENUH DINAMIKA DAN BERDAYA SAING. KISAH SUKSES PARA AWARDEE YANG KEMBALI MAUPUN BERKIPRAH DI MANA SAJA AKAN MEMBANGKITKAN SEMANGAT DAN KEPERCAYAAN DIRI TENTANG MEMBANGUN DAERAH. SEJAK TAHUN 2019 HINGGA TAHUN 2022, TOTAL AWARDEE TERCATAT 4.470 ORANG. DENGAN RINCIAN AWARDEE LUAR NEGERI 765 ORANG DAN AWARDEE DALAM NEGERI 3.705 ORANG. 

DI TAHUN KEEMPAT SEBAGAI REPRESENTASI KEBERHASILAN BERBAGAI PROGRAM UNGGULAN, DITOPANG PULA DENGAN EVENTEVENT INTERNASIONAL YANG DIGELAR BERKESINAMBUNGAN, MENANDAI IKHTIAR KEBANGKITAN EKONOMI DARI KETERPURUKAN LOKAL DAN GLOBAL, MEMBUKA PELUANG PADA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN INVESTASI DI HAMPIR SELURUH NTB. 

MOTOGP, WSBK, MXGP, IATC, IRON MAN, SHELL ECO MARATHON, KONVENSI G20, WORLD MUSCLE TOUR AND SPORT FESTIVAL, DAN LAINNYA, MEMBENTUK PELUANG EKONOMI BARU YANG DIMULAI DI TAHUN KEEMPAT MAUPUN SEBELUMNYA. 

SEJUMLAH SEKTOR USAHA TERKAIT AJANG MOTOGP 2022 DI SIRKUIT MANDALIKA DAPAT MENYERAP SEKITAR 6.900 TENAGA 

KERJA. PENINGKATAN TINGKAT OKUPANSI HOTELPUN TERJADI, DIMANA MENURUT PERHIMPUNAN HOTEL DAN RESTORAN INDONESIA (PHRI) PROVINSI NTB, TINGKAT OKUPANSI HOTEL BERBINTANG LIMA DI SEJUMLAH KAWASAN DI LOMBOK UNTUK TANGGAL 17-21 MARET 2022 MENCAPAI 1000. 

UNTUK AJANG MXGP, MENGHASILKAN PEREDARAN UANG DAERAH NTB HINGGA RP. 154,03 MILIAR, DENGAN DAMPAK PEREDARAN DOMESTIK PALING BESAR PADA LAPANGAN USAHA PENYEDIAAN AKOMODASI DAN MAKAN MINUM YANG MENCAPAI RP. 34,99 MILIAR. SESUAI RILIS BPS NTB. PERTUMBUHAN EKONOMI NTB TRIWULAN I 2022 TERTINGGI NASIONAL 7,76 PERSEN, TRIWULAN II 5,99 PERSEN DAN TRIWULAN III 7,10 PERSEN, 

SEGENAP MASYARAKAT NTB YANG SAYA BANGGAKAN, 

DI TAHUN 2022 INI, AGENDA-AGENDA PEMBANGUNAN DAN INVESTASI BERSKALA BESAR JUGA TENGAH KITA IKHTIARKAN. ANTARA LAIN: PEMBANGUNAN HOTEL KEMPINSKI DI LOMBOK BARAT, PROYEK PEMBANGUNAN ENERGI TERBARUKAN DAN RENDAH KARBON OLEH PT. ECO SOLUTION LOMBOK (ESL), DI TANJUNG RINGGIT LOMBOK TIMUR DAN KERETA GANTUNG DI LOMBOK TENGAH, YANG INSYA ALLAH AKAN DILAKSANAKAN PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNANNYA PADA TANGGAL 18 DESEMBER 2022 BESOK. BERBAGAI RENCANA INVESTASI TERSEBUT, TENTUNYA AKAN MEMBERIKAN KONTRIBUSI YANG BESAR BAGI DAERAH KEDEPANNYA. 


DI NTB, TELAH TERBENTUK PULA SATGAS INVESTASI YANG BERTUGAS UNTUK MEMPERCEPAT REALISASI INVESTASI DAN MEYELESAIKAN PERSOALAN YANG DIHADAPI DI LAPANGAN. 

CAPAIAN REALISASI INVESTASI TAHUN 2022 TRIWULAN III, RP. 15.437.133.495.885. TERDIRI DARI 7886 DARI TARGET NASIONAL (RPJM) TAHUN 2022 DAN 102,946 DARI TARGET DAERAH (RPJMD) TAHUN 2022. 

SAAT INI PEMERINTAH PROVINSI JUGA TENGAH MENGINISIASI SEBUAH PROGRAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR EKONOMI, YANG AKAN MENSUPPORT KEGIATAN PERDAGANGAN DAN DISTRIBUSI YANG TERINTEGRASI DARI LEVEL WILAYAH DESA HINGGA PROVINSI, YANG KITA NAMAKAN ONE BELT HYBRID DIGITAL ECONOMIC INFRASTRUCTURE. 

PROGRAM INI AKAN MENJADI VISI EKONOMI DIGITAL NTB 2024, DIMANA AKAN DILAKUKAN PROGRAM PROGRAM YANG MENDUKUNG BAGI TERCIPTANYA EKOSISTEM EKONOMI BERBASIS DIGITAL 

KITA INGIN MENJADIKAN NTB SEBAGAI PROVINSI YANG PERTAMA MEMILIKI INFRASTRUKTUR EKONOMI DIGITAL YANG SELARAS DENGAN SEMANGAT PEMBANGUNAN BERBASIS REVOLUSI INDUSTRY 5.0. KONSEP INI MERUPAKAN KONSEP MASYARAKAT YANG BERPUSAT KEPADA MANUSIA YANG BERBASIS TEKHNOLOGI, DIMANA TEKHNOLOGI HADIR UNTUK MEMUDAHKAN MANUSIA. 

KITA BERCITA-CITA MENJADIKAN NTB SEBAGAI PEMAIN EKONOMI DIGITAL, YANG BERHASIL MENINGKATKAN OMSET EKSPORT DENGAN MENGAKOMODASI PRODUK LOKAL, SEHINGGA KEMANFAATAN EKONOMI BISA DIRASAKAN LANGSUNG OLEH WARGA NTB. 

DI BIDANG OLAHRAGA, NTB BERSAMA NTT JUGA TENGAH BERSIAP UNTUK MENJADI TUAN RUMAH PON KE-22 TAHUN 2028. HAL INI AKAN SEMAKIN MEMANTAPKAN POSISI NTB, SEBAGAI DAERAH DENGAN KEUNGGULAN KOMPARATIF DI BIDANG WISATA DAN OLAHRAGA. 

DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (LKPD), ALHAMDULILLAH PEMERINTAH PROVINSI NTB TELAH MERAIH OPINI WTP KE11 DARI BPK RI. PEMRPROV. NTB DINILAI MAMPU MENYAJIKAN LKPD TAHUN ANGGARAN 2021 SESUAI STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP) DAN DISAJIKAN SECARA WAJAR DALAM SEMUA HAL YANG BERSIFAT MATERIAL. 

OPINI WTP DIBERIKAN JUGA KARENA PEMPROV NTB MENGAPLIKASIKAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN, SERTA KEPATUHAN TERHADAP KETEntuan PERATURAN PERUNDANG-undangan.

 ALHAMDULILLAH BERBAGAI UPAYA DAN INOVASI YANG DIGALAKKAN, BERHASIL MEMBAWA NUSA TENGGARA BARAT MENDAPATKAN PENGHARGAAN SEBAGAI PEMERINTAH DAERAH TERINOVATIF KLASTER PROVINSI, PADA INNOVATIVE GOVERNMENT 

AWARO (IGA) 2021 DAN KEMBALI MENJADI NOMINATOR PADA IGA DI TAHUN 2022. 

SEGENAP MASYARAKAT NTB YANG SAYA CINTAI, 

CAPAIAN-CAPAIAN BAIK INI HANYALAH BAGIAN KECIL DARI LEGACY YANG COBA KAMI HADIRKAN, BAGI KEBERLANJUTAN PEMBANGUNAN YANG TELAH DITOREHKAN OLEH PEMIMPIN PEMIMPIN NTB SEBELUMNYA. 

SELURUH PENCAPAIAN PEMBANGUNAN NTB DI TAHUN KEEMPAT INI, ADALAH BUAH KERJASAMA ANTARA PEMIMPIN DAN MASYARAKAT, SERTA DUKUNGAN PENUH SEMUA STAKEHOLDER PEMBANGUNAN DI DAERAH INI. 

EMPAT TAHUN KEPEMIMPINAN INI, MENJADI MOMEN KESYUKURAN TAK TERHINGGA BAGI KAMI, SEBAGAI ANUGERAH DAN RAHMAT ALLAH SWT., DALAM PERJALANAN PEMBANGUNAN, PEMERINTAHAN DAN KEMASYARAKATAN DI NUSA TENGGARA BARAT. 

SATU TAHUN TERAKHIR INI, ADALAH RUANG BAGI KAMI DAN TENTUNYA KITA SEMUA SEGENAP MASYARAKAT NTB DAN SELURUH PEMANGKU KEPENTINGAN, UNTUK TERUS BERIKHTIAR BERSAMA 

MEMACU ADRENALIN MENGGENAPKAN VISI MISI BESAR NTB GEMILANG. 

UNTUK ITU, DI AKHIR PENGHIDMATAN KAMI, DI TAHUN KELIMA MENDATANG, KAMI BERHARAP CETAK BIRU PROGRAM 

UNGGULAN YANG TELAH KITA CANANGKAN, DAPAT SELURUHNYA KITA REALISASIKAN UNTUK MEWUJUDKAN VISI MISI NTB GEMILANG. 

NTB GEMILANG BUKANLAH SEKEDAR MIMPI. DIBUTUHKAN KEBERANIAN DAN KERJA KERAS JIKA KITA SEMUA INGIN MENGGAPAI PUNCAK MIMPI. SAATNYA TERUS BERGANDENG TANGAN, SALING MELENGKAPI DAN MENYATUKAN SEMANGAT, AGAR DAERAH KITA YANG KECIL INI TETAP MEMILIKI MIMPI MIMPI BESAR UNTUK MEMETIK BUAH MANIS DI HARI ESOK. 

SEGENAP MASYARAKAT NTB YANG SAYA BANGGAKAN, 

TAHUN 2023 MENDATANG, KITA AKAN MEMASUKI TAHUN POLITIK. DALAM SITUASI TERSEBUT, DIMUNGKINKAN TENSI/SUHU POLITIK DI TATARAN MASYARAKAT AKAN MENINGKAT. SILANG PENDAPAT DAN BEDA PILIHAN ADALAH DINAMIKA, ROMANTIKA DAN KENISCAYAAN DALAM DEMOKRASI. 

DALAM KAITANNYA — DENGAN ITU, SAYA” INGIN MENGGARISBAWAHI BAHWA, PERBEDAAN PILIHAN HARUSLAH DIMAKNAI SEBAGAI CARA TUHAN MEMPERKAYA KITA, BUKAN SEBAGAI SESUATU YANG MEMANTIK KONFLIK. 

SAYA INGIN BERPESAN DAN MENGHIMBAU KEPADA SEGENAP MASYARAKAT NTB UNTUK TETAP MENJAGA KONDUSIVITAS DAERAH. JANGAN SAMPAI KARENA PERBEDAAN PILIHAN POLITIK, KEHANGATAN PERSAUDARAAN KITA TERPUTUS, JALINAN PERSAHABATAN KITA JADI 

TERGANGGU, MERUSAK MODAL SOSIAL DAN SILATURRAHMI DI ANTARA SESAMA KITA. 

MARI KITA SONGSONG TAHUN POLITIK 2023 MENUJU PESTA DEMOKRASI 2024 MENDATANG DENGAN RIANG GEMBIRA, PENUH RASA KEKELUARGAAN, RASA PERSAHABATAN, SALING MENYAYANGI, SALING MENDUKUNG. JAGA SELALU KEAMANAN, KETERTIBAN DAN 

TERGANGGU, MERUSAK MODAL SOSIAL DAN SILATURRAHMI DI ANTARA SESAMA KITA. 

MARI KITA SONGSONG TAHUN POLITIK 2023 MENUJU PESTA DEMOKRASI 2024 MENDATANG DENGAN RIANG GEMBIRA, PENUH RASA KEKELUARGAAN, RASA PERSAHABATAN, SALING MENYAYANGI, SALING MENDUKUNG. JAGA SELALU KEAMANAN, KETERTIBAN DAN KEDAMAIAN WILAYAH MASING-MASING, JAGA SELALU SEMANGAT PERSATUAN KITA. KITA SEMAKIN BERSATU, INSYA ALLAH KITA SEMAKIN MAJU. 

AKHIRNYA, MELALUI HARI YANG BERSEJARAH INI, PERKENANKAN KAMI MENGUCAPKAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN KEPADA SEGENAP MASYARAKAT NTB DAN SELURUH PEMANGKU KEPENTINGAN, ATAS DEDIKASI DAN KONTRIBUSINYA MEMBANGUN NTB. SEMOGA TERCATAT SEBAGAI AMAL IBADAH DI SISI ALLAH SWT., AAMIIN YAROBBAL ALAMIIN. 

DIRGAHAYU KE - 64 PROVINSI NTB, “OPTIMIS DALAM KEBERSAMAAN NTB GEMILANG” (emo).