Hari Ini, Nakes di RSUD Dompu Kembali Beraktivitas, Kapus Dobar Rindukan Kebersamaan

Kategori Berita

.

Hari Ini, Nakes di RSUD Dompu Kembali Beraktivitas, Kapus Dobar Rindukan Kebersamaan

Koran lensa pos
Sabtu, 12 November 2022

 

Pelayanan terhadap pasien di salah satu ruangan di RSUD Dompu pada Sabtu malam (12/11/2022) ini oleh para Nakes non ASN yang bertugas shift malam


Dompu, koranlensapos.com - Para Tenaga Kesehatan Non ASN yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dompu, hari ini, Sabtu.(12/11/2022) telah kembali masuk bekerja untuk melaksanakan tugas pelayanan sebagaimana biasa. 
Demikian disampaikan Direktur RSUD Dompu, dr. H. Dias Indarko, M.PPM yang dikonfirmasi media ini pada Sabtu pagi (12/11/2022).

"Hari ini mereka sudah pada masuk," ungkap dr. Dias.

Sebagaimana diketahui pada hari Jumat (11/11/2022), para Nakes tersebut melakukan aksi mogok kerja menyusul surat pemberitahuan Forum Komunikasi Honorer Non ASN (FKHN) tertanggal 10 November 2022 yang ditujukan kepada Direktur RSUD dan seluruh Kepala UPTD Puskesmas se Kabupaten Dompu.

Dias mengemukakan dirinya memang hanya mengizinkan mogok kerja bagi para Nakes non ASN itu hanya 1 (satu) hari saja. Hal itu dipatuhi pula oleh para Nakes Non ASN yang berjumlah sekitar 150 orang itu. 

"Mereka juga punya dedikasi yang tinggi untuk kerja di RSUD," sebutnya mengapresiasi.

Diakuinya pasca menerima surat pemberitahuan rencana mogok kerja itu, pihaknya langsung mengambil langkah cepat memfungsikan secara maksimal Nakes ASN yang ada untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan kembalinya para Nakes, maka pelayanan akan kembali bisa normal seperti semula.

Kasi Humas RSUD Dompu, Muhammad Iradat, S. Gz menyampaikan bahwa hari ini, Sabtu (12/10/2022) para Nakes non ASN kembali beraktivitas seperti biasa. 

"Pasien kita sangat membutuhkan kehadiran para Nakes, terutama Nakes Non ASN yang jumlahnya memang lebih Banyak dibanding ASN di RSUD," jelasnya.

Iradat menyebut kembali beraktivitasnya para Nakes disambut dengan penuh suka cita oleh seluruh keluarga besar RSUD Dompu.

"Alhamdulillah. Kembalinya mereka disambut gembira seluruh civitas Hospitalia. Karena RSUD Dompu sebagai Fasyankes pusat rujukan fasyankes lainnya, tentu agak terganggu ritme pelayanan terhadap masyarakat atau pasien," tuturnya.

Sementara di UPTD Puskesmas Dompu Barat aksi mogok kerja para Nakes non ASN masih berlangsung. Namun demikian, pelayanan kesehatan di Puskesms tetap berlangsung dengan memfungsikan semua petugas ASN. 

Terkait hal tersebut, Kepala UPTD Puskesmas Dompu Barat, Mujakir, S. KM mengaku tetap melakukan komunikasi dengan para Nakes non ASN agar kembali bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

"Dan Om Jak tetap melaksanakan komunikasi agar adik-adik bisa kembali lagi bekerja, rindu akan kebersamaan," ujarnya.

Kepala UPTD Puskesmas Dompu Kota, Ns. H. Syarif Efendi, S. Kep., M. Kes juga menginformasikan bahwa hingga hari ini, Sabtu (12/11/2022) belum ada Nakes non ASN yang kembali masuk kerja. 

"Sementara belum ada," jawabnya singkat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, S. KM., M. Kes yang dikonfirmasi media ini mengaku belum memantau dari seluruh Puskesmas terkait kembali bekerjanya para Nakes non ASN yang melakukan mogok kerja.

"Saya belum pantau tapi yang jelas dari kemarin ada juga yang masuk kembali. Saya masih menunggu laporan dari Kepala Puskesmas," tutupnya. (emo).