Babinsa di Koramil 02/ Kempo Ajak Warga Binaan Laksanakan Tiga Hal

Kategori Berita

.

Babinsa di Koramil 02/ Kempo Ajak Warga Binaan Laksanakan Tiga Hal

Koran lensa pos
Selasa, 11 Oktober 2022

 

Aktivitas ronda malam Babinsa Konte dan Songgajah, Senin malam (10/10/2022)


Dompu, koranlensapos.com.- Para Babinsa di Koramil 1614-02/Kempo, Senin (10/10/2022) 
melaksanakan aktivitas rutin ronda malam dengan warga binaan. 

Dalam arahannya, para Babinsa menekankan kepada warga binaan untuk sama-sama melaksanakan 3 (tiga) hal. Ketiga hal dimaksud adalah menjaga dan mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar tetapi kondusif, menjaga kebersihan lingkungan serta menjaga kesehatan.

"Menjaga kamtibmas bukan hanya tanggung jawab TNI dan POLRI, tetapi tanggung jawab kita bersama. Mari kita jaga bersama suasana kehidupan di masyarakat agar selalu aman dan tertib. Ada sesuatu yang mencurigakan, laporkan pada aparat keamanan. Ada persoalan supaya diatasi secara keleluargaan dan dengan cara-cara yang baik," pesan Babinsa Konte, Serma Umar saat ronda malam dengan warga binaan di Dusun Konte pada pukul 19.00 Wita.

Babinsa mengatakan situasi kamtibmas di malam hari harus lebih dijaga. Karena di malam hari masyarakat sedang beristrahat. 

"Orang-orang yang berniat jahat akan memanfaatkan waktu maayarakat istrahat itu untuk melakukan tindak kejahatan, kita tidak boleh lengah. Ronda malam secara bergilir harus tetap dilakukan," pintanya.

Babinsa juga mengimbau warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. 

"Jangan buang sampah sembarangan karena akan menyebabkan kebuntuan saluran air sehingga terjadi banjir," ujarnya.

Menjaga kesehatan diri masing-masing dan keluarga juga tidak luput dari perhatian Babinsa Konte ini. Babinsa mengimbau warga binaan agar bisa sehat. Caranya adalah dengan berolahraga secara teratur, makan dan minum yang bergizi serta berpikiran positif.

Penegasan terhadap 3 (tiga) hal tersebut disampaikan pula oleh Baninsa Desa Songgajah, Serma Sudirman. Sat ronda malam dengan warga binaan pada malam yang sama pukul 21.00 Wita, Babinsa mengimbau agar suasana kamtibmas di Desa Songgajah yang sudah terbina dengan baik selama ini terus dijaga dan dipertahankan. 

"Kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan di dalam memelihara kamtibmas agar tetap aman, damai, tenang dan kondusif ini. Kita harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain," ujarnya.

Babinsa Songgajah juga mengingatkan warga agar menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Dikatakannya penanganan sampah harus dimulai dari masing-masing rumah tangga. Sampah bisa menjadi berkah apabila bisa dikelola dengan baik. Memilah sampah organik dan anorganik merupakan suatu upaya tepat mengatasi persoalan lingkungan. 

Tidak lupa Babinsa mengimbau warga agar menjaga kesehatan. Terutama di musim hujan ini. Anak-anak hendaknya tidak dibiarkan berlama-lama mandi air hujan karena bila daya tahan tubuh menurun bisa menyebabkan sakit seperti sakit panas, batuk dan pilek. (emo).