Transform Bersama PT. STM Beri Pembekalan Ragam Jurusan PT dan Prospek Kerja di SMKN 1 Hu'u

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Transform Bersama PT. STM Beri Pembekalan Ragam Jurusan PT dan Prospek Kerja di SMKN 1 Hu'u

Koran lensa pos
Kamis, 08 September 2022

 


Kegiatan Pengenalan Ragam Jurusan di Perguruan Tinggi dan Prospek Kerja di SMKN 1 Hu'u kerja sama Lembaga Transform dan PT. STM, Rabu (7/9/2022)


Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di SMK Negeri 1 Hu'u, Rabu (7/9/2022) berlangsung kegiatan Pengenalan Ragam Jurusan di Perguruan Tinggi dan Prospek Kerja. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama Lembaga Transform dengan PT. Sumbawa Timur Mining (STM).

Sebagai pemateri adalah Management PT, Management dari Konsultan Pertanian Al-Iqsa, dan Konsultan Pendidikan dari PT STM yaitu Transform Bimbel Insan Cita. Sedangkan peserta adalah para siswa dan siswi SMK Negeri 1 Hu'u.



Pihak Lembaga Transform menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan dan motivasi kepada siswa agar mempersiapkan diri lebih baik dan memiliki pertimbangan yang lebih tepat terkait peluang karier sebelum memilih jurusan dan program studi saat melanjutkan sekolah
ke jenjang perguruan tinggi. 
Lebih spesifik bertujuan untuk memotivasi siswa untuk meraih cita-cita, Meningkatkan semangat dan komitmen guru/tenaga pengajar dan siswa untuk meningkatkan kualitas lulusan, Meningkatkan wawasan siswa terhadap beragam jurusan, program studi di tingkat perguruan tinggi dan prospek kerja ke depan.

Selanjutnya Comdev PT. STM menyampaikan bahwa PT STM telah berkomitmen untuk mendukung program strategis pemerintah baik
program Nasional, Provinsi dan Kabupaten. Komitmen tersebut telah dirumuskan dalam dokumen Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (RIPPM)
Tahun 2020 2025. Hal itu sebagal wujud komitmen untuk mengikuti regulasi yang tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 41 Tahun 2016 yang mengatur tentang program pengembangan dan pemberdayaan meliputi bidang pendidikan,
arah kesehatan, ekonomi, lingkungan, kelembagaan, sosial budaya dan infrastruktur.
Dikatakannga, praktek selama ini, bentuk dukungannya antara lain dalam bidang ekonomi, kesehatan
dan pendidikan. Khusus dalam bidang pendidikan selain mendukung penyediaan infrastruktur juga dalam peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu kegiatan dalam
peningkatan kualitas pendidikan dilakukan melalui dukungan pembekalan siswa di
tingkat Sekolah Menengah Umum (SMU), sekolah menengah kejuruan negeri maupun
swasta seperti Madrasah Aliyah yang sedang dilaksanakan ini.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membekali dan membuka wawasan siswa terkait pengenalan beragam jurusan dan prospek kerja," jelasnya.

Dijelaskan Comdev sasaran kegiatan difokuskan pada siswa kelas XlI. Hal itu dimaksudkan agar selama menempuh pendidikan di kelas XIl, siswa memiliki waktu untuk mengenal lebih baik
terkait potensi diri/bakat, minat, mempersiapkan diri untuk meningkatkan prestasi dan
memiliki pertimbangan yang lebih tepat terkait peluang karier sebelum memilih jurusan dan program studi saat melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi.

"Atas dasar pemikiran tersebut Lembaga Transform didukung oleh PT STM berinisiatif untuk memfasilitasi pengenalan ragam jurusan di perguruan tinggi dan prospek kerja
bagi siswa kelas XII lingkup sekolah di Kecamatan Hu'u," ujarnya.

Kegiatan pengenalan ragam jurusan dan prospek kerja itu dikombinasikan dengan metode simulasi, presentasi dan diskusi yang dipandu oleh moderator dari Lembaga Tranform.

Selain di SMK 1 Hu'u, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di SMAN 1 Hu'u, SMA Bangun Negeri dan Madrasah Aliyah.


Kepala SMKN 1 Hu'u, Rosyidah, S. Pd menyambut positif kegiatan tersebut sebagai pembekalan bagi siswa di dalam menentukan jurusan yang akan dipilih ketika memasuki perguruan tinggi dengan mempertimbangkan prospek kerja di masa mendatang. (emo).