Bripka Irfan Setiawan, Polisi Peduli dan Dicintai Masyarakat Serakapi

Kategori Berita

.

Bripka Irfan Setiawan, Polisi Peduli dan Dicintai Masyarakat Serakapi

Koran lensa pos
Rabu, 18 Mei 2022

 


Dompu, koranlensapos.com - Bripka Irfan Setiawan sangat dikenal dengan baik oleh masyarakat Desa Serakapi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB yang menjadi warga desa binaannya. Baik tua maupun muda, pria maupun wanita serta dewasa, remaja maupun anak-anak.

Hal itu karena Irfan mendapatkan amanah sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Serakapi sejak tahun 2015. Tujuh tahun sudah ia melaksanakan dharma bhaktinya sebagai abdi negara di desa pemekaran dari Desa Saneo itu.
Ayah dari 3 (tiga) putra ini dikenal sebagai polisi yang peduli dan perhatian dengan warga binaannya. Tidak jarang ia datang ke ladang warga sekadar untuk mengobrol bahkan membantu pekerjaan mereka. Irfan juga kerap menyisihkan rezekinya untuk membantu warga yang mengalami kesulitan ekonomi terutama kaum lanjut usia (lansia). Paket sembako bantuan itu ia pikul sendiri menuju ke rumah-rumah warga lansia yang dituju. Terkadang juga bersama dengan putra-putranya mengantarkan paket bantuan buat kaum dhuafa.

Sosok polisi yang satu ini juga dikenal dekat dengan anak-anak. Tidak jarang ia bermain kelereng bersama sembari bersenda gurau pertanda keakrabannya dengan mereka. Dengan anak-anak muda tidak bisa dibilang lagi. Penggemar Inter Milan ini kerap terlihat bersenda gurau dan tertawa lepas dengan para kawula muda di sarangge (berugak) atau di bawah pohon sambil menonton siaran sepak bola atau pertandingan tinju.

Kepala Desa Serakapi, Sastromijoyo mengakui hal itu. Sastromijoyo menuturkan bahwa selama bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Serakapi, Bripka Irfan Setiawan dinilainya sangat baik dalam berkomunikasi dengan pemerintah desa.

"Alhamdulillah beliau sangat bagus komunikasinya dengan kami di pemerintahan desa," kata Joyo, sapaan Kades Serakapi.

Selain itu, Irfan kerap membantu tugas pemerintah desa dalam mengatasi persoalan antar warga di kantor desa. 

"Kalau masalahnya kecil, beliau membantu kami untuk menyelesaikan secara kekeluargaan, tidak sampai ke ranah hukum," imbuhnya.

Ditambahkan Kades, bahwa Bripka Irfan Setiawan juga sangat menyatu dengan warga Desa Serakapi.

"Beliau sudah sangat dekat dengan warga di sini, sudah seperti keluarga sendiri," akunya.


Mengenai kedekatan Bripka Irfan Setiawan dengan masyarakat Desa Serakapi diakui pula oleh Mardona, S. Pd, salah satu tokoh muda di desa tersebut. 
"Beliau sangat peduli dengan masyarakat. Jiwa sosialnya tinggi. Kalau ada warga yang punya hajat, beliau tetap aktif terlibat," kata tokoh muda yang biasa disapa Guru Dona itu.

Bukan hanya itu, Mardona mengaku Bripka Irfan Setiawan juga cepat dan sigap mengatasi bila ada insiden yang terjadi di tengah masyarakat.

"Beliau selalu membuka komunikasi dengan siapa pun masyarakat ini. Kedekatan emosionalnya dengan warga Serakapi sangat luar biasa. Beliau sudah menyatu dengan warga Desa Serakapi. Beliau sudah kami anggap keluarga sendiri," ucapnya.

Bukan hanya itu, Mardona melanjutkan hampir setiap saat Irfan menghabiskan waktunya untuk masyarakat Serakapi. 

"Sampai malam hari pun beliau berada di tengah masyarakat Desa Serakapi untuk memberikan pembinaan," kata Mardona.


Arif Munandar, salah satu tokoh muda di Desa Serakapi dalam kalimat singkatnya menyebut Bripka Irfan Setiawan adalah sosok polisi yang sangat baik dan merakyat.

Beliau itu is the best, merakyat dan jiwa sosialnya luar biasa terhadap warga Desa Serakapi," akunya.

Cinta dan tanggung jawab, itulah yang membuat Irfan Setiawan banyak menghabiskan waktunya buat masyarakat Desa Serakapi.

"Saya sangat mencintai masyarakat Desa Serakapi. Mereka sudah menjadi bagian dari kehidupan saya," ungkap polisi berwajah india dan fasih melantunkan lagu-lagu India tersebut. (emo).