BSI Sosialisasi Produk Pembiayaan Syariah Kepada Keluarga Besar Koramil 01/Dompu

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

BSI Sosialisasi Produk Pembiayaan Syariah Kepada Keluarga Besar Koramil 01/Dompu

Koran lensa pos
Kamis, 10 Maret 2022

 


Dompu, koranlensapos.com - Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Dompu melakukan sosialisasi produk-produk syariah kepada keluarga besar Koramil 1614-01/Dompu. Kegiatan dimaksud bertempat di Halaman Markas Koramil 1614/Dompu, Kamis (10/3/2022) yang diikuti oleh Danramil 01/Dompu, Kapten Kav. M. Kasim beserta anggota dan para istri.

Kegiatan sosialisasi dihadiri langsung oleh Kepala Cabang BSI Dompu, Teguh Susetyo bersama para karyawan bank tersebut. Teguh mengatakan kegiatan sosialisasi di Koramil 01/Dompu sebagai tindak lanjut dari sosialisasi yang dilaksanakan di Makodim 1614/Dompu pada bulan Februari 2022 lalu.

Ada beberapa produk berakad syariah yang disosialisasikan oleh Teguh Susetyo. Di antaranya adalah pembiayaan Mitraguna. Dengan produk tersebut, nasabah yang merupakan anggota TNI bisa mendapatkan pinjaman dana hingga mencapai Rp. 1 miliar dengan penghitungan dari gaji untuk angsurannya. 

Dikatakannya pembiayaan Mitraguna dimaksud disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah. Misalnya ada yang mau membeli suatu barang, maka pihak BSI yang akan membelikan barang tersebut dan kemudian menjual kepada nasabah yang bersangkutan dengan sistem murabahah.
Bisa juga menggunakan akad
musyarakah mutanaqisah (MMQ)  adalah akad kerjasama antara dua pihak (bank dan Nasabah), dalam kepemilikan aset atau modal salah satu pihak berkurang karena  pembelian secara bertahap oleh pihak lainnya. 

 Pembiayaan syariah BSI juga bisa dimanfaatkan oleh anggota TNI yang masih beberapa tahun lagi akan memasuki masa purna bhakti maupun yang sudah purna bhakti.


Teguh menyampaikan ucapan terima kepada Danramil 01/Dompu beserta jajaran yang memberikan kesempatan kepada BSI untuk melakukan sosialisasi produk-produk syariah.

Selain itu apabila sudah melakukan pembiayaan di bank lain, boleh juga melakukan take over (pengalihan pembiayaan dari bank lain ke BSI).

Lebih lanjut Teguh berharap agar kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan tersebut dapat menjadi pembuka jalan kemitraan antara BSI dengan TNI di Koramil-Koramil lain yang ada Kabupaten Dompu. Apalagi BSI sudah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Mabes TNI.

"Semoga kita bisa saling memperat hubungan antara TNI-AD di Kabupaten Dompu dengan BSI. Apalagi di pusat sudah ada MoU BSI dengan Mabes TNI," tuturnya.

Dalam hal realisasi pembiayaan ini, lanjut Teguh, para nasabah diberikan kemudahan-kemudahan. Antara lain dengan sistem jemput bola. Nasabah akan didatangi oleh petugas sekaligus melakukan survey tanpa harus ke kantor.










Danramil 1614-01/Dompu Kapten Kav. M. Kasim mengatakan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan BSI tersebut merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pimpinan terhadap anggota Koramil 1614-01/Dompu beserta istri.

"Hari ini adalah jam komandan memberikan pembinaan kepada anggota sekaligus dimanfaatkan untuk sosialisasi produk BSI karena ini juga saya rasa sangat penting bagi anggota juga keluarga sejauh mana sih BSI ini sehingga mereka tidak meraba-raba. Ini adalah salah satu bentuk upaya  kesejahteraan untuk anggota saya, semoga sosialisasi ini bisa berjalan dengan baik, tetap silaturahmi dan kedepannya bisa lebih baik lagi," kata Danramil.

Sedangkan untuk kerjasama antara Anggota Koramil 1614-01/Dompu dengan BSI Cabang Dompu,  Danramil menjelaskan akan menunggu perintah dari pimpinan. 

"Saya tidak bisa memberikan keputusan karena saya masih ada pimpinan di atas untuk memberikan keputusan sehingga perlu koordinasi, tapi secara legalitas BSI ini sudah punya MoU dengan pimpinan Angkatan Darat." jelasnya. 

Pada kesempatan tersebut, pihak BSI juga membagikan tabel angsuran BSI Mitraguna Berkah. Tabel itu memuat nilai nominal pembiayaan, lama angsuran beserta nilai.angsuran setiap bulan. Dicontohkan nominal pembiayaan yang dibutuhkan nasabah sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah). Apabila pembayaran selama 1 (satu) tahun (12 bulan), maka nilai cicilan per bulan adalah Rp. 8.838.166. 

Apabila diangsur selama 2 (dua) tahun, maka nilai nominal angsuran per bulan Rp. 4.660.784. Apabila diangsur selama 5 (lima) tahun, maka angsuran per bulan Rp. 2.174.242. (emo).