Ini Selengkapnya Arahan dan Pesan Bupati AKJ Saat Membuka MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Dompu

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Ini Selengkapnya Arahan dan Pesan Bupati AKJ Saat Membuka MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Dompu

Koran lensa pos
Sabtu, 22 Januari 2022


Dompu, koranlensapos.com - Satu kebanggaan dan kebahagiaan bagi kita semua Pemerintah Daerah dan masyarakat bumi Nggahi Rawi Pahu, mengawali tahun 2022 ini, dapat melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 Tingkat Kabupaten Dompu. Momentum ini tentunya menjadi awal yang baik bagi pemerintah daerah beserta segenap elemen masyarakat, untuk memelihara serta menumbuhkan kecintaan dalam membaca, mempelajari, memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Al-Quran dalam berbagai aktivitas kehidupan, sesuai peran dan fungsi masing-masing. 
"MTQ juga menjadi ajang untuk memilih Qori-Qoriah terbaik yang akan mengharumkan nama Kabupaten Dompu pada event yang lebih tinggi," ucap Bupati Dompu, Kader Jaelani saat membuka pelaksanaan MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Dompu pada Kamis malam (20/1/2022) di Lapangan Beringin Dompu.

Dikatakan Bupati AKJ, di tengah kemunduran nilai-nilai sosial kemasyarakatan dengan berbagai persoalan yang dihadapi generasi muda saat ini, seperti munculnya kenakalan remaja di antaranya adanya perilaku panahan liar, penyalahgunaan narkoba, perkelahian, dan bentuk kenakalan lainnya, dengan kegiatan MTQ ini, diharapkan dapat mewujudkan generasi muda berakhlak mulia dan mampu menjadi generasi penginspirasi hadirnya banyak kebaikan dalam kehidupan ini. 

"Remaja yang memiliki kepahaman yang baik dan benar tentang isi kandungan Al-Quran, sebagai pedoman atau acuan dalam berperilaku, dapat berkontribusi bagi kemajuan dan perubahan daerah ke arah yang jauh lebih baik ke depannya," ujarnya.


Dilanjutkan AKJ, MTQ merupakan kegiatan yang mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat Dompu khususnya. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat acara keagamaan ini, selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan, juga mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam membangun nilai-nilai spiritual masyarakat di tengah berbagai cobaan dan tantangan kehidupan yang datang silih berganti di era saat ini dan kedepannya.

"Lantunan Kalam Ilahi yang menggema selama pelaksanaan MTQ diyakini mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan kesejukan batin bagi masyarakat. selain itu kegiatan MTQ juga dapat menjadi forum silaturrahim yang bernilai positif dalam memperkuat dan memperkokoh rasa persaudaraan dalam ikatan kebersamaan," jelas Bupati AKJ.

Lebih lanjut dikemukakannya bahwa penyelenggaraan MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan memotivasi masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al Qur’an. 
"Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ini, menjadi tolok ukur dinamika pembinaan seni baca Al-Qur’an khususnya di Kabupaten Dompu," tuturnya.

Ditambahkan pula bahwa Al-Qur'an sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan, tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji. Keluhuran nilai-nilai ajaran Al-Qur'an sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pendidikan, baik formal maupun in-formal, termasuk diantaranya melalui Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) dalam berbagai cabang keilmuan, yang diselenggarakan secara berjenjang hingga tingkat internasional.

"Berikutnya, saya berharap kepada kita semua, dengan kegiatan MTQ ini tidak hanya disikapi sebagai kegiatan yang bersifat seremonial semata, tetapi mampu menjadi momentum strategis yang akan mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qur’ani, tentunya menjadi bagian dalam mensukseskan visi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul Dan Religius), dengan membumikan nilai-nilai Al-Qur'an," pintanya.


Tidak lupa Bupati mengucapkan terima kasih kepada qori internasional yakni ustad syamsuri firdaus dari bima, ustad salman amrullah dari bandung, dan ustad darwin hasibuan dari medan, yang menyempatkan waktu hadir di kegiatan ini. 
"Kehadiran para qori
internasional ini, menjadi pemacu semangat para qori dan qariah di daerah ini, agar memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk berprestasi yang kemudian ikut berkontribusi mengangkat dan mengharumkan nama daerah dan bangsa," ulasnya.

Selanjutnya Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, Pimpinan dan Anggota DPRD, TNI-POLRI, FORKOMPIMDA, Pimpinan BUMD/BUMN, pengusaha, pempinan OPD, panitia pelaksana kegiatan, serta seluruh elemen yang turut membantu, baik langsung ataupun tidak langsung menjadi bagian dari sinergistas, kerjasama dan kebersamaan dari semua pihak, guna
kelancaran kegiatan MTQ ini.
 

"Selanjutnya, dalam kesempatan ini pula, saya menyampaikan satu harapan besar kepada Dewan Hakam yang bertugas, agar menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh amanah, dapat memberikan penilaian yang obyektif sehingga upaya kita menghadirkan yang terbaik bagi masyarakat dan daerah, dapat terpenuhi dengan baik pula. kemudian saya juga berpesan kepada para peserta MTQ, agar dapat mengikuti lomba sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan panitia, jaga staminanya, dan bersikap sportif selama kegiatan berlangsung. 
terakhir saya juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kondusivitas daerah bisa terus terjaga dengan baik, serta bisa ikut meramaikan kegiatan mtq yang berlangsung," pesannya.

Bupati AKJ mengakhiri sambutannya dengan pantun dalam bahasa daerah.

Sa’e ta ra ari ta cua mai la ara
Ma to’i ra ma tua ta kade’e ra tio
Ka de’e nggahi ma taho paitda nuntu katuha
Cina ra angi mada ma ngoa inga 
paitda lampa ngoja tahopu ta na’o ra kade’eta ngaji
Ngaji karo’a Insya Allah taho di ru’u ta

Ngaji kani qira’at ba karo’a hidi saramba kai syariat
Ta kade’e ra batu ku lomba wara ku dilambe
Lomba di acara MTQ kabupaten mboto dou ma ngaji di pata
Lain ta nuntu cowa ake mtq ma kadu’a mpuru ciwi. (emo).