Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

DSP Mandalika, CV. Tri Utami Jaya Pemenang UKM Terbaik Kategori Subsektor Kuliner

Selasa, 16 November 2021 | 9:05 PM WIB Last Updated 2021-11-16T13:05:59Z

 



Mataram, koranlensapos.com - Kompetisi Festival Kreatif Lokal (FKL) Destinasi Super Prioritas (DSP) Mandalika, NTB menempatkan CV. Tri Utami Jaya sebagai UKM Terbaik Kategori Subsektor Kuliner yang diwakili oleh Erwin Irawan, SP dengan mengenalkan produk unggulannya Teh dan Kopi Kelor Moringa KIDOM.

Pengumuman pemenang dilakukan pada hari Sabtu, 13 November 2021 dalam acara GEBYAR KREASI ADIRA 2021 (Live di RCTI dan di Youtube Adira Finance). 

Informasi yang berhasil dihimpun bahwa penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 di Destinasi Super Prioritas Mandalika diikuti sekitar 300 pendaftar yang merupakan pelaku usaha kreatif dari bidang Fashion, Kuliner, dan Kriya. Beberapa tahapan seleksi dilalui setelah pendaftaran ditutup pada 22 September 2021 lalu. 
Pada tahap seleksi awal tanggal 8 Oktober 2021, tersisa 50 peserta yang berhasil lolos ke tahap kedua. Selanjutnya di tahap ketiga pada12 Oktober 2021 diumumkan 15 peserta yang dinyatakan lolos ke tahap Validasi Online via Zoom.

Melalui serangkaian pelatihan dan proses penjurian, dewan juri menetapkan sembilan UKM local hero dari Destinasi Super Prioritas Mandalika untuk melanjutkan ke babak final yang diumumkan di sosial media Adira Finance. 

Destinasi Super Prioritas merupakan bagian dari program “10 Bali Baru” yang dicanangkan Pemerintah. Nantinya, destinasi-destinasi tersebut tak hanya dapat menjadi daya tarik wisatawan saja, namun juga menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif yang melibatkan warga setempat. 

Adira Finance sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, dengan corporate branding ‘Adira Finance untuk Indonesia’, memiliki visi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) yang berbasis komunitas atau masyarakat.

Melalui pilar CSR Sahabat Lokal yang melibatkan ekosistem bisnis Adira Finance, sejak diperkenalkan pada 2017, telah menggelar kegiatan pemberdayaan seputar pariwisata, budaya, kearifan lokal dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Hal ini meliputi kegiatan sebagai berikut:
1. Langkah Untuk Negeri (2017)
2. Festival Pesona Lokal (2018-2019)
3. Festival Pasar Rakyat (2015-2020)
4. Festival Kreatif Lokal (2020-2021)

Tahun ini Adira Finance kembali menggelar program Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021 untuk meneruskan komitmen mendukung pengembangan ekonomi kreatif dan program Kemenparekraf. Sejalan dengan ini,  fokus penyelenggaraan akan dilakukan terhadap UKM pada kategori Fashion, Kuliner, dan Kriya di lima Destinasi Super Prioritas (DSP) pariwisata Indonesia.

Sebagai program yang berkesinambungan, UKM terpilih akan diberikan pembekalan (coaching camp), tantangan (challenge) hingga nantinya mereka dapat bertukar pikiran mengenai ide dan kreativitas dengan sesama UKM di lima DSP tersebut, serta bersama pemerintah daerah untuk membangun wilayah setempat bersama-sama.

Lima DSP yang terpilih di FKL 2021 adalah sebagai berikut:
1. Danau Toba, Sumatera Utara
2. Likupang, Sulawesi Utara
3. Mandalika, Nusa Tenggara Barat
4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
5. Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Penetapan lima DSP ini dengan mempertimbangkan aspek-aspek tertentu. Antara lain :

1.Danau Toba, Sumatera Utara merupakan Danau vulkanik terbesar di dunia.

2.Candi Borobudur, Jawa Tengah, Merupakan objek wisata tunggal Tanah Air yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

3.Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Menjadi tuan rumah ajang balap dunia MotoGP 2021.

4.Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Terdapat Pulau Komodo sebagai habitat asli Komodo satu-satunya di dunia.

5.Likupang, Sulawesi Utara, Wisata bahari dengan pantai dan panorama bawah laut yang indah.


Adira Finance berharap melalui rangkaian penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal yang digelar setiap tahun, menjadi kegiatan berkelanjutan yang dapat membangkitkan ekosistem ekonomi kreatif sehingga bersama-sama meningkatkan ekonomi Indonesia. Tidak hanya berhasil bangkit dan tumbuh, tapi ke depannya juga berkembang lebih jauh ke kancah internasional.

Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 telah sampai pada rangkaian terakhir Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia.

Kegiatan Kompetisi Festival Kreatif Lokal (FKL 2021) program kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Adira Finance dilaksanakan secara Daring/Webinar melalui Zoom Meeting Virtual. (emo).
×
Berita Terbaru Update