Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Banjir di Kota Dompu dan Sekitarnya Ada Tiga Cluster, Ini Uraiannya

Minggu, 14 November 2021 | 12:26 AM WIB Last Updated 2021-11-13T16:27:44Z

 

     Salah satu rumah pangggung terdampak  banjir di Lingkungan Mantro Kelurahan Bada Kec. Dompu


Dompu, koranlensapos.com - Luapan banjir yang kerap melanda di Kota Dompu dan sekitarnya sudah tentu membuat masyarakat mengalami kepanikan. 
Terkait dengan hal tersebut,Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, S. KM., M. Kes membagi informasi agar masyarakat mengetahui langkah yang harus dilakukan dan tidak terlalu panik berlebihan.


"Banjir di kota Dompu sekitarnya dapat dibagi menjadi 3 (tiga) cluster," ungkap Sekda mengutip tulisan Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Dompu, Aris Ansyari, ST., MT.

Cluster 1 (pertama) adalah di kota Dompu sekitarnya (Kelurahan Bada). Banjir ini akibat luapan sungai Laju di hulu Bendung Rabalaju. dimana jalur keluarnya banjir  melalui Kampung Pelita dan Rumah Sakit Umum Dompu.

Cluster 2 (dua) adalah banjir yang terjadi di Kelurahan Potu dan Karijawa. Banjir ini disebabkan oleh penyempitan alur sungai dan titik rawan keluarnya banjir di daerah Soriwono, Magenda, Kampung Rato, dan Kampung Sigi. 

Sedangkan cluster 3 (tiga) adalah banjir yang terjadi di Kelurahan Simpasai, Kandai 2, Wawonduru dan Mbawi. Banjir ini disebabkan oleh  masuknya banjir Sungai Sori Silo dan banjir Sori Soa ke aliran banjir Sungai Laju di perbatasan Simpasai Karijawa (jembatan sichung). Penyebab lainnya adalah akibat proses pasang air laut sehingga menahan air banjir laju masuk ke laut yang mengakibatkan luapan air di daerah Kandai 2, Wawonduru dan Mbawi. 

Menurutnya banjir cluster 3 ini adalah banjir yang paling berbahaya 
yakni banjir kiriman dalam waktu yang bersamaan di 3 sungai karena akan berdampak pada seluruh daerah bagian hulu kota Dompu. Penyebabnya adalah adanya proses Back Water atau tertolaknya banjir yang dari hulu ke hilir.

"Kata kunci dari analisis di atas artinya jika selama 3 (tiga) sungai ini tidak terjadi banjir besar dalam waktu yang hampir bersamaan, maka bisa dipastikan  banjir Dompu tetap dalam level yang rendah dan sedang, insya Allah," jelasnya.

Apa upaya yang dilakukan ?
Dikemukakannya dari analisis banjir di atas maka kegiatan mitigasi, penanggulangan dan pencegahan bencana wajib dilakukan segera sesuai dengan sifat cluster banjir di atas.

Dijelaskan pula bahwa dampak banjir yang terjadi di Kampung Samporo Kelurahan Bali dan sebagian Lingkungan Kota Baru Kelurahan Bada adalah masalah klasik dan lumrah. Dua lokasi ini berada di daerah bantaran banjir Sungai Silo yang memang setiap saat akan selalu terdampak oleh luapan banjir jika debit banjir lebih dari normal. (emo).
×
Berita Terbaru Update