Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tentang Ekspedisi Padompo Oleh Kerajaan Majapahit

Minggu, 19 September 2021 | 11:08 AM WIB Last Updated 2021-09-19T03:08:03Z

 



Dompu, koranlensapost.com - Untuk mewujudkan Sumpah Palapa Gajah Mada, Majapahit melakukan ekspedisi Padompo-serangan Majapahit ke Dompo di pulau Sumbawa bagian timur. 

"Peristiwa serangan Majapahit yang di dalam kitab Pararaton dan Negarakertagama dicatat sebagai Padompo, terpelihara sampai saat ini dalam ingatan kolektif masyarakat Dompu yang dituturkan dari generasi ke generasi, sebagai sumber sejarah lisan," ungkap Budayawan Ir. Nurhaidah. 

Ia menyebut peristiwa ini juga tercatat,  meski Catatan kesultanan Dompu tentang serangan dan pendudukan oleh Majapahit ini hanya bisa terbaca salinannya dari Catatan Zollinger yang berkunjung dan menikmati perjalanannya di negeri yang lembahnya indah dan subur ini dengan berperahu dan berenang bersama Sultan Abdul Rasul II-Ma Ntau Bata 'Bou di tahun 1847.

"Peristiwa ini juga tercatat dalam ulasan kisah yang dialihaksarakan dari Catatan Kesultanan Dompu," imbuhnya. 

Dikemukakannya, catatan Kesultanan Dompu yang tersisa yaitu era Sultan Dompu terakhir diperoleh informasi tentang silsilah raja-raja dan sultan-sultan Dompu sampai masa akhirnya bergabung dengan NKRI. 
Dalam catatan tersebut tertulis Dewa Bathara Dompu sebagai raja pertama Dompu. 
"Menurut sebuah sumber,  gelar Bathara atau Bithara,  adalah gelar bangsawan Majapahit yang berkuasa di wilayah bawahan Majapahit. Hal ini sangat berkaitan jika merujuk pada cataran Zollinger yang disalin dari catatan yang didapatkannya dari kesultanan Dompu,  tentang orang-orang Majapahit yang menduduki Dompu," tuturnya. (emo).
×
Berita Terbaru Update