Program Seribu Cendekia Zul-Rohmi Lampaui Target

Kategori Berita

.

Program Seribu Cendekia Zul-Rohmi Lampaui Target

Koran lensa pos
Minggu, 19 September 2021

  



Mataram, koranlensapost.com - Selama 3 (tiga) tahun kepemimpinan Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah (2018-2021) sudah sebanyak lebih dari 2.400 putra dan putri NTB telah mendapatkan kesempatan pendidikan S1, S2, dan S3 dalam dan luar negeri melalui program Beasiswa NTB LPP NTB sesuai Visi Misi NTB Gemilang. Angka tersebut melampaui target Program 1.000 Cendekia untuk 5 tahun (2018-2023).


Sebanyak 595 orang di antaranya menerima penghargaan (awardee) ke luar negeri dengan negara tujuan Malaysia, Polandia, China, Sudan, Taiwan, Ceko, Rusia, Hungaria, Australia, Thailand dan Korea. Di antara mereka ada yang mendapatkan bea siswa Kategori A yakni beasiswa NTB yang dibiayai secara penuh (fully funded), Kategori B yang dibiayai sebagian (partial funded), dan Kategori C untuk Program Short Course, Internship, dan Pengembangan Diri.


Sedangkan 1825 orang lagi mendapatkan beasiswa pendidikan tinggi di dalam negeri melalui beasiswa miskin berptrestasi dan beasiswa stimulan unggulan.

Sedangkan 1825 orang mendapatkan bea siswa untuk pendidikan tinggi di dalam negeri.

Dikemukakan Gubernur Zul bahwa untuk membangun NTB menjadi lebih maju harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Untuk pembangunan SDM memang dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit.


"Kalau kita gunakan 10 milyar untuk beasiswa, maka kita kehilangan 10 milyar untuk membangun jembatan, sekolah, dan lain-lain. Mudah-mudahan dengan kita mengalokasikan dana 10 milyar ini suatu saat 5,10,15, 20 tahun yang akan datang anak-anak kita ini akan membangun lebih banyak jembatan dan irigasi di NTB," harapnya. (emo).