Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hasil Jagung, Belasan Warga Desa Serakapi Dompu Daftar Haji

Senin, 07 Juni 2021 | 4:10 AM WIB Last Updated 2021-06-06T20:10:10Z
Warga Desa Serakapi sedang mengantre proses penginputan data Siskohat di Seksi PHU Kantor Kementerian Agama Kab. Dompu, Kamis (3/6/2021)


Dompu, koranlensapost.com - Lonjakan harga jagung pipilan tahun 2021 ini yang mencapai angka 5 ribuan per kilogram memberikan berkah bagi petani. Termasuk bagi para petani di Desa Serakapi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari hasil jagung tersebut tidak sedikit yang bisa membangun rumah, membeli kendaraan roda dua maupun roda empat (jenis pick up), menyekolahkan anaknya ke jenjang peeguruan tinggi, mendaftarkan anaknya masuk TNI-POLRI, Bahkan banyak pula yang menggunakan uang hasil jagung mereka untuk menunaikan kewajiban melaksanakan Rukun Islam yang kelima yaitu Haji ke Tanah Suci Makkah Al Mukarromah.
               Proses penginputan data Siskohat di                                      Kantor Kementerian Agama Kab. Dompu

Seperti yang disaksikan langsung oleh media ini di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu beberapa hari lalu.
Belasan orang petani asal desa tersebut yang pada umumnya suami istri mendaftarkan diri untuk bisa menjnaikan ibadah haji. Sebelumnya mereka telah mendapatkan notivikasi dari Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPIH) untuk mendapatkan nomor porsi haji.

Mereka mengaku mendaftarkan biaya haji karena hasil.jagung.

"Kami daftar haji dari hasil jagung," kata Hidayat, salah satu di antara mereka.
             Kasi PHU Kemenag Kab. Dompu 
                      H. Burhanuddin, S. Ag

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, H. Burhanuddin, S. Ag.yang dikonfirmasi media ini menyampaikan bahwa pendaftar haji yang merupakan petani di Kabupaten Dompu cukup banyak.

Dari 146 pendaftar haji yang telah masuk dalam data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mulai 1 Januari hingga 3 Juni 2021, maka yang terbanyak adalah petani sebanyak 51 orang disusul Ibu Rumah Tangga sebanyak 43 orang, PNS (20), pedagang (4), pensiunan 7 orang, swasta 8 orang, TNI/POLRI 1 orang, lain-lain 12 orang.

Begitu pula dari 6.359 orang calon jamaah haji Kabupaten Dompu yang masuk dalam daftar tunggu (data per 3 Juni 2021), maka 1.688 orang di antaranya adalah petani. (emo).

×
Berita Terbaru Update