Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Unik ! Basmi Tikus, TNI-POLRI dan Masyarakat di Hu'u Gunakan Kentongan Bambu

Senin, 08 Februari 2021 | 12:02 PM WIB Last Updated 2021-02-08T04:02:51Z




Dompu, koranlensapost.com - TNI dan POLRI selalu solid untuk membantu kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat. Termasuk dalam pencegahan.dan penanganan hama tikus yang menyerang tanaman padi atau jagung di lahan pertanian milik petani. Pasalnnya petani bisa terancam mengalami gagal panen bila tidak segera diatasi.
Seperti yang dilakukan di Desa Adu dan Desa Cempi Jaya Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu.
Dipimpin langsung oleh Danramil Hu'u Kapten Inf. M. Syafi'i dan Kapolsek IPDA M. Nor Kurniawan, SH, bersama para Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta masyarakata setempat melaksanakan pengusiran hama tikus.


Cara yang digunakan cukup unik yaitu menggunakan kentongan terbuat dari bambu. Cara ini di yakini ampuh untuk mengusir hama tikus.
Pasalnya serangan hama tikus saat ini membuat petani sawah dan jagung gagal panen.
Pantauan langsung media ini sejumlah petani yang memiliki lahan pertanian Desa Adu, dengan gotong royong mengusir hama tikus mulai dari Teka Ndahu Desa Adu dengan mengelilingi So/lahan Pertanian sampai di perbatasan lahan pertanian Desa Adu dan Desa Cempi Jaya dengan finis di pantai PT. Siera
Dalam kegiatan ini hadir Kepala Desa Adu Burhanudin, Kepala Desa Cempi Jaya Syarifuddin, Babinsa Desa Adu Serka Landa, Bhabinkamtibmas Desa Adu Briptu Wahyudin bersama aparat desa kedua desa, dan petani. 
Sejumlah petani berharap, meski menggunakan cara manual bisa membantu para petani agar tidak terserang hama tikus.
 "Di desa kami, hama tikus sangat merajalela sehingga menghabiskan Padi dan jagung yang siap panen milik petani," kata Kepala Desa Adu Burhanudin.

Kepala Desa Cempi Jaya Syarifuddin, mengatakan puluhan hektar padi dan jagung milik petani dua desa di kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu mengalami gagal panen.

"Akibat serangan hama tikus mengakibatkan para petani merugi hingga ratusan juta rupiah," katanya.
 
Babinsa Desa Adu Serka Landa dan Bhabinkamtibmas Desa Adu Briptu Wahyudin juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap perhatikan protokol kesehatan Covid-19. (AMIN-FAN).
×
Berita Terbaru Update