Suryati Nyaman Jalani Persalinan di Puskesmas Berkat JKN-KIS

Kategori Berita

.

Suryati Nyaman Jalani Persalinan di Puskesmas Berkat JKN-KIS

Koran lensa pos
Selasa, 03 November 2020



Bima, koranlensapost.com - Saat ini kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa rumah sakit adalah satu-satunya tempat paling aman dan nyaman untuk melahirkan. Namun pelayanan persalinan saat ini dapat dilakukan dengan nyaman dan aman di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Katu Indonesia Sehat (JKN-KIS), pelayanan persalinan dapat dilakukan di Puskesmas ataupun bidan jejaring yang bekerjasama dengan FKTP sesuai tempat peserta terdaftar.

Suryati (35), seorang guru SDN Bajo Sarae-Sape adalah salah satu peserta Program JKN-KIS yang lebih memilih bersalin di FKTP di banding di rumah sakit. Suryati pun mengakui mendapat pelayanan yang sangat baik pada persalinan anak keduanya di Puskesmas Sape Kala itu.

“Saya percaya dengan kompetensi yang dimiliki oleh tenaga bidan FKTP dalam membantu proses persalinan. Melahirkan kemarin adalah yang kedua kalinya dan saya memilih bidan di FKTP sebagai penolong persalinan saya. Saya memahami betul prosedur pelayanan kesehatan bagi peserta Program JKN-KIS, maka dari itu saya sangat mantap dalam memilih FKTP sebagai tempat melahirkan. Kalaupun sekiranya nanti ada kondisi yang perlu penanganan lebih lanjut, tentu akan dirujuk ke rumah sakit,” ungkap Suryati pada tim Jamkesnews, Selasa (21/07).

Menurut Suryati, pelayanan bidan di FKTP atau bidan jejaring tidak kalah dengan pelayanan di rumah sakit, FKTP tersebut cukup dekat dengan rumahnya. Dirinya pun sangat mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh para tenaga kesehatan di FKTP tersebut yang membantunya selama proses persalinan. Sikap profesional, ramah, dan perhatian membuat Suryati merasa nyaman dan tenang selama proses kehamilan hingga persalinannya.

“Saya sudah sering konsultasi dengan bidan selama masa kehamilan, sehingga bidannya pun sangat paham dengan kondisi kehamilan saya," lanjut Suryati.

Suryati juga menyampaikan pesan bagi para perempuan calon ibu ataupun keluarga yang saat ini sedang menunggu kelahiran buah hati dan berencana untuk melahirkan di FKTP tidak perlu khawatir karena semua biaya dijamin sepenuhnya oleh Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dan pelayanan yang diberikan sangat memuaskan. (LP-01).