Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

SD-IT Al-Hilmi Dompu Laksanakan Tasmi' Al-Qur'an Bagi 18 Siswa

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 2:56 PM WIB Last Updated 2020-10-31T18:50:32Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Al Hilmi pada hari Sabtu (31/10/2020) atau bertepatan dengan 14 Rabi'ul Awwal 1442 H menggelar kegiatan Tasmi' Al-Qur'an bagi para siswanya.


Kegiatan yang dilaksanakan di sekolah yang berlokasi di Lingkungan Jado Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu itu diikuti oleh 18 orang siswa-siswi.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan. Hari ini diikuti 18 siswa, kalau bulan lalu ada 22 siswa," kata Kepala Sekolah Syamsul, S. Pd yang ditemui media ini di sela-sela kegiatan.


Ia menyebutkan Tasmi' Al-Qur'an ini bervariasi. Setiap siswa menyetorkan hafalannya 1 (satu) juz sesuai dengan tingkatan hafalannya. Para siswa yang mengikuti Tasmi' setiap bulan adalah yang memiliki hafalan telah mencapai target. Sehingga peserta tasmi' untuk setiap bulan berbeda-beda. Namun tidak menutup kemungkinan peserta tasmi' bulan sebelumnya mengikuti lagi pada bulan berikutnya karena kuatnya motivasi anak untuk menghafal Al-Qur'an.
"Dulu namanya Uji Publik sekarang ganti nama menjadi Tasmi'. Kalau Uji Publik peserta disuruh menyambung ayat dan menyebutkan nomor surat tetapi Tasmi' ini peserta menghafalkan 1 juz langsung," ungkapnya.

Pantauan langsung media ini dalam satu ruangan kelas terdapat 2 (dua) siswa peserta tasmi'. Peserta menyetorkan hafalan masing-masing 1 (satu) juz di hadapan ustadz atau ustadzahnya.
Di dekat itu telah dipasang foto masing-masing peserta.
Nampak pula orang tua peserta turut menyimak hafalan putra-putrinya.
"Memang kami minta orang tua dan orang terdekatnya anak-anak untuk mendengarkan langsung hafalan anak-anaknya. Bahkan tidak jarang kakek dan neneknya datang meneteskan air mata menyimak hafalan cucunya," aku Syamsul.


Disebutnya penghafalan Al-Qur'an bagi siswa SD-IT Al Hilmi menggunakan metode Wafa'. Dengan metode ini diakuinya sangat memudahkan para siswa untuk menghafal Al-Qur'an berikut penguasaan tajwid, tahsin. Sedangkan lagu (nada) yang digunakan adalah nada Hijaz.
"Setiap hari mereka setorkan bacaan kepada ustadz atau ustadzah-nya. Target kami tamat dari sini anak-anak bisa hafal Al-Qur'an minimal 2 juz yaitu juz 29 dan 30 tetapi ada juga yang sudah lulus bisa menghafal sampai 4 juz," sebutnya.
Ia mengatakan hafalan siswa dimulai dari juz 30. Setelah itu juz 29. Dilanjutkan juz 1, juz 2, dan seterusnya.


Salah satu orang tua siswa, Furkan, SH., MH yang turut menyaksikan langsung kegiatan tersebut merespon positif dengan adanya program Tasmi' Al-Qur'an yang dilaksanakan di SD-IT Al-Hilmi. 
"Alhamdulillah nilai positifnya bahwa SD-IT Al Hilmi Dompu, sejak awal berdirinya konsen dengan perkenalan pembelajaran Al Qur'an dan kami sebagai orang tua sangat terbantu. Dengan adanya Tasmi' kita bisa target untuk hafalan Al-Quran di masa SD ini bisa sampai 6 sampai 8 Juz insyaAllah Sekarang dengan adanya kegiatan Tasmi', anak2 berlomba2 dan  bersemangat belajar dan menghafal Qur'an," ungkap ayah dari si kembar Khaidir dan Khaidar (kelas VI) ini yang juga merupakan Kabag Hukum di Pemda Dompu tersebut.
Wakil Ketua Komite ini berharap semoga kedua putranya bisa menghafalkan 8 juz Al-Qur'an saat masih menempuh pendidikan di SD-IT Al-Hilmi tersebut.

"Mudah-mudahan tamat di SD IT Al Hilmi bisa keluar dengan hafalan 8 Juz dan nanti lanjut di tingkat SMP untuk mondok dan targetnya SMP kelar 30 Juz," harap Furkan.  (AMIN).






×
Berita Terbaru Update