Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Rehabilitasi Lahan dan Hutan di Banggo Libatkan Berbagai Elemen

Senin, 02 Desember 2019 | 1:37 PM WIB Last Updated 2019-12-02T05:37:32Z



Dompu, Lensa Pos NTB - Sebanyak 381 hektar lahan kawasan negara yang berlokasi di Desa Banggo Kecamatan Manggelewa mendapatkan Program
Rehabilitasi Lahan dan Hutan (RLH) dari Kementerian Kehutanan Republik Indonesia.
Program RLH yang dikerjakan oleh CV. Johar Putra itu akan melaksanakan penghijauan atau penanaman pohon tahunan di kawasan hutan negara yang terletak di Desa Banggo Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB.

Penanggungjawab CV. Johar Putra, Rifaid, ST, yang dikonfirmasi media ini di lokasi penghijauan mengatakan Pemerintah pusat melalui Kementerian Kehutanan telah bekerjasama dengan CV. Johar Putra untuk menanam kembali kawasan hutan negara yang telah digunduli oleh masyaraka.

Penanaman ini dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat dari pejabat kecamatan, seperti Danramil Manggelewa, Kapten Inf. A. Mujiono, beserta seluruh Babinsa, Babinkamtibmas, siswa dan guru di 2 SD di Banggo, KPH Ampang Riwo Soromandi, dan para petani pengelola lahan yang turun langsung ke lokasi untuk menanam secara simbolis, yang selanjutnya akan ditanami sendiri oleh masing - masing pengelola lahan dengan biaya bersumber dari Kementerian Kehutanan.

Rifaid menambahkan bahwa per hektar lahan akan ditanami 400 pohon dengan ukuran 5 x 5 meter dari berbagai jenis tanaman tahunan seperti Nangka, Mahoni, Sengon dan jenis lain yang selanjutnya akan dirawat selama 2 tahun sembari menunggu program lanjutan.

Sementara Kepala Resor Soriutu BKPH Ampang Riwo Soromandi, Lalu Selamet, SH mengatakan pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten untuk memantau dan mengawasi  perkembangan kehutanan di Kabupaten Dompu, dengan harapan masyarakat menyadari untuk tidak mengembangkan lahan hutan untuk kepentingan pribadi.

"Hutan yang sudah gundul / botak sekarang ini pemerintah geliat melakukan penghijauan, dan berharap kepada masyarakat untuk bekerjasama melindungi hutan demi kepentingan bersama," harapnya.

Sementara itu, Danramil Manggelewa, Kapten Inf. A. Mujiono, mengatakan akan selalu siap mengawasi kehutanan di wilayah teritorialnya, dan selalu siap membantu program penghijauan pemerintah untuk kesejahteraan rakyatnya. (Deor)
×
Berita Terbaru Update