Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

DWP Dompu Gelar Baksos Pemeriksaan Golongan Darah di Kampung KB Dorebara

Kamis, 28 November 2019 | 9:34 AM WIB Last Updated 2019-11-28T01:34:34Z
Kepala Desa Dorebara, Syaiful saat membuka kegiatan Baksos cek golongan darah di Aula Kantor Desa Dorebara, Kamis (28/11/2019)

Dompu, Lensa Pos NTB - Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke 74 dan HUT Dharma Wanita ke 20 Tingkat Kabupaten Dompu, maka Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kabupaten Dompu melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) pada Kamis (28/11/2019).

Baksos dimaksud dilaksanakan di Kampung KB Desa Dorebara Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu berupa pemeriksaan golongan darah bagi warga yang berada di desa tersebut.
Dra. Hj. Fatmah H. Samsun H. Ilyas, Ketua DWP Kemenag Kabupaten Dompu sekaligus Ketua IPKB DPPKB Kabupaten Dompu 
Ketua DWP Kemenag Kabupaten Dompu, Dra. Hj. Fatmah H. Samsun H. Ilyas mengemukakan kegiatan Baksos ini terselenggara atas kerja sama antara DWP Kemenag Kabupaten Dompu dengan DWP Kabupaten Dompu, Puskesmas Dompu Timur, Pemerintah Desa dan Penyuluh KB Desa Dorebara, serta Klinik Dompu Selatan.
Sedangkan sumber dana pelaksanaan kegiatan ini berasal dari anggaran DWP Kemenag Dompu dan dana BOKB Kecamatan Dompu.
Ketua DWP Kemenag  yang juga merupakan Penyuluh KB Desa Dorebara sekaligus Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana Kabupaten Dompu yang berdinas di Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Dompu ini menerangkan bahwa pemeriksaan golongan darah di Kampung KB Dorebara dilakukan karena Desa Dorebara menjadi Desa Bank Darah. Sehingga seluruh warga di Kampung KB tersebut harus diketahui golongan darahnya.
Kegiatan Cek Golongan Darah di Desa Dorebara

"Sekali waktu ada permintaan donor darah kita tidak perlu cek golongan darah lagi. Ketika ada ibu melahirkan yang membutuhkan darah langsung bisa donor darah," ungkap Ketua Seksi Baksos HUT DWP  Tingkat Kabupaten Dompu ke 20 ini.
Ia mengatakan kegiatan donor darah akan dilaksanakan setiap triwulan. 
"Setiap tetes darah kita sangat penting untuk menyelamatkan jiwa yang membutuhkannya," ujarnya.

Dikatakannya masyarakat awam pada umumnya tidak mengetahui golongan darahnya kecuali setelah dibutuhkan baru melakukan cek darah.
Padahal mengetahui golongan darah itu sangatlah penting bagi masing-masing penduduk. Apalagi administrasi kependudukan saat ini membutuhkan informasi mengenai golongan darah masing-masing.

Kepala Desa Dorebara, Syaiful menyambut baik kegiatan pemeriksaan golongan darah ini.

"Terima kasih atas pelaksanaan cek golongan darah ini," ucapnya.

Wakil Ketua Panitia HUT DWP Tingkat Kabupaten Dompu Hj. Khaerunnisa H. Tajudin menerangkan pemeriksaan gol darah itu penting agar kita bisa mengetahui golongan darah kita. Siapa tahu ada saudara kita yang membutuhkan darah kita bisa membantu bila golongan darahnya sama.
Ia menyebutkan Desa Dorebara sudah dibentuk sebagai Desa Bank Darah tetapi masih banyak yang belum mengetahui golongan darahnya.
Kegiatan Baksos cek golongan darah itu dihadiri oleh sekitar 100 orang warga yang didominasi kaum hawa. (AMIN).

×
Berita Terbaru Update