Rutan Kelas IIB Raba Bima Terapkan Sistem Data Base Pemasyarakatan

Kategori Berita

.

Rutan Kelas IIB Raba Bima Terapkan Sistem Data Base Pemasyarakatan

Koran lensa pos
Selasa, 22 Oktober 2019
Kepala Rutan Bima - H.A.Halik

Bima, Lensa Pos NTB - Di era globalisasi yang serba canggih dan menggunakan sistem digital. Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Raba Bima ternyata telah menerapkan Sistem Data Base Pemasyarakatan dalam artian telah terintegrasi sistem otomatis. Sistem ini telah bekerja sejak bulan April lalu. 

Kepala Rutan Bima, H.A.Halik menjelaskan bahwa penerapan sistem digital data base pemasyarakatan ini untuk memudahkan pelayanan dan meningkatkan pelayanan prima, Beberapa layanan yang terintegrasi sistem digital, menurut Halik yang telah menjabat 5 tahun di Rutan Bima ini, yakni mulai dari pelayanan Jam menjenguk Napi dan Tahanan menggunakan Finger print, Penjenguk terdeteksi oleh sistem. Pelayanan lain yakni jam masuk keluar Penjenguk telah teriklud dalam sistem. Termasuk Napi dan Tahanan akan mengetahui berapa lama masa hukuman dan sisa hukuman. 

Menurut A.Halik, sistem data base pemasyarakatan secara online ini, untuk memudahkan pengecekan, Sistem ini mampu memantau perkembangan kondisi dengan mengakses sistem yang ada. "Akan ada banyak data yang masuk dalam sistem data base pemasyarakatan itu, seperti data tahanan, kondisi kamar tahanan, bahkan data pembesuk," Kata Karutan H.A.Halik.

Ia mengatakan, data dalam sistem data base pemasyarakatan tersebut akan diperbarui setiap hari. Sistem tersebut juga memungkinkan pihak Rutan untuk memantau warga binaan. Selain itu, dengan adanya sistem data base pemasyarakatan tersebut, kejadian hilangnya dokumen akibat terbakar atau sebab lain dapat diantisipasi, karena seluruh data sudah tersimpan dalam sistem. Begitu pula jaringan kamera bagi Pembesuk, sistem akan mendeteksi wajah pembesuk, dan pembesuk tidak akan mengetahui jika mereka difoto," urai Halik. (SUKUR)