Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Digital Signage RPP "Tambora" Diapresiasi Ketua KPU NTB

Kamis, 17 Oktober 2019 | 9:11 AM WIB Last Updated 2019-10-17T01:11:47Z

Ketua KPU NTB, Suhardi Soud didampingi Komisioner KPU Dompu, Sekretaris dan para Kasubbag melihat akses informasi kepemiluan melalui Digital Signage RPP "Tambora" KPU Dompu, Rabu (16/10/2019)
Dompu, Lensa Pos NTB - Aplikasi Sigital Signage Rumah Pintar Pemilu "Tambora" yang ada di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu mendapatkan apresiasi dari Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud.

Apresiasi itu disampaikan Suhardi saat meninjau keberadaan RPP "Tambora" yang kini sedang dilombakan di tingkat provinsi bersama RPP yang ada di 9 kabupaten/kota lain di NTB dan bagi yang meraih juara I akan mewakili provinsi ke Lomba RPP tingkat nasional.

"Penggunaan digital signage ini sangat mempermudah masyarakat bisa mengakses Pemilu. Mengetahui Pemilu nggak sulit, cukup kita datang ke Kantor KPU kita bisa buka di situ (digital signage)," ujarnya.

Begitu tertariknya Ketua KPU Provinsi NTB ini dengan tampilan 2 unit aplikasi digital signage sehingga saat memasuki ruangan RPP "Tambora", langsung membuka akses informasi yang disajikan oleh aplikasi tersebut. Padahal seharusnya kegiatan diawali dengan pengguntingan pita.

Ia mengakui KPU Kabupaten Dompu kreatif dalam menyajikan informasi terkait kepemiluan untuk masyarakat sebagai bagian dari pembelajaran berdemokrasi.

Ia juga mengapresiasi kegiatan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kepemiluan yang rutin dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Dompu.

"Saya lihat hanya di Dompu yamg LCC-nya rutin," ungkapnya.

Ketua KPU Dompu, Arifuddin mengatakan melalui digital signage ini masyarakat bisa mengakses sendiri informasi kepemiluan atau bisa juga menggunakan flashdisk untuk mendapatkan informasi kepemiluan.


Selain informasi yang dapat diakses secara online melalui Digital Signage, Ketua KPU Provinsi NTB beserta rombongan didampingi para Komisioner KPU Kabupaten Dompu, Sekretaris, dan para Kasubbag serta staf meninjau
pajangan informasi yang berhubungan dengan kepemiluan dengan lengkap secara manual yang terpampang di tembok-tembok kantor tersebut.

"Mulai dari Pemilu tahun 1955 sampai sekarang tersedia di sini," jelas Ketua KPU Kabupaten Dompu, Arifuddin.

Tim penilai juga mengamati maket TPS mungil tetapi indah yang ada di RPP "Tambora" itu.

Agus Setiawan, Komisiner KPU Dompu mengatakan antusiasme para pelajar dan masyarakat untuk mengunjugi RPP "Tambora" cukup besar. Setiap hari ada ratusan orang yang berkunjung guna mendapatkan imformasi tentang kepemiluan.
"Apalagi saat ini kami sedang menyelenggarakan LCC Kepemiluan. Siswa-siswi berbondong-bondong datang ke RPP "Tambora" untuk supaya mengetahui segala hal tentang Pemilu," paparnya.

Karena adanya akses informasi yang disajikan, walhasil para peserta LCC Kepemiluan sangat menguasai pengetahuan tentang kepemiluan.
"Anak-anak pintar-pintar soal belum selesai mereka sudah mampu menjawab," katanya.
Ia menginformasikan ada 32 sekolah yang mengikuti LCC dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Dompu. Bagi pemenang di tingkat kecamatan akan bertanding di tingkat Dapil.

"Nanti di babak final perwakilan dari 4 Dapil yang ada," pungkasnya. (AMIN)




×
Berita Terbaru Update