Sungai Soro Timur Akan Segera Dinormalisasi

Kategori Berita

.

Sungai Soro Timur Akan Segera Dinormalisasi

Koran lensa pos
Sabtu, 14 September 2019
Komisi I DPRD bersama pihak Dinas PUPR Kabupaten Dompu dan warga Desa Soro usai pembahasan tentang normalisasi sungai Soro Timur
Dompu, Lensa Pos NTB -  Sungai Soro Timur yang ada di Desa Soro Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu akan segera dinormalisasi.
Demikian keterangan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Dompu, Andi Bachtiar saat dialog bersama Warga Desa Soro dan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Dompu, beberapa hari lalu di ruang rapat DPRD Kabupaten Dompu.

"Normalisasi Sungai Soro Timur ini sudah tertuang dalam APBD-Perubahan dengan nilai anggaran Rp. 850 juta," ungkapnya.

Dilanjutkan politisi Partai Nasdem ini bahwa proyek tersebut dilakukan proses tenderisasi oleh pihak ULP Pemda Dompu. Hal itu disebabkan anggaran proyek tersebut senilai Rp. 850 juta.
"Karena nilainya di atas 200 juta maka ditenderkan," jelas Andi.

Ia menambahkan tenggang waktu penandatanganan kontrak antara tanggal 20 September - 3 Oktober 2019.
"Proyek tersebut akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 dengan estimasi pekerjaan sekitar 2-3 minggu," ucapnya.

Sementara itu, Kabid Pengairan, Ir. Syamsuddin yang mewakili Dinas PUPR Kabupaten Dompu mengemukakan proyek normalisasi sungai Soro Timur yang dianggarkan dari APBD-P 2019 senilai Rp. 850 juta itu murni normalisasi saja tanpa dibarengi dengan proyek perbaikan jembatan. 
"Tahun 2019 ini murni normalisasi saja. Sedangkan jembatan tahun depan," ujarnya.

Ia mengatakan proyek normalisasi sungai tersebut memang penting karena selama ini air sungai tersebut sering meluap di saat hujan sehingga menimbulkan banjir bandang yang melanda pemukiman warga sekitar.

"Sungai Soro Timur selama ini sering menjadi momok bagi masyarakat karena sering banjir bandang," tandasnya. (AMIN).