Rakerkesda Kabupaten Dompu Tampilkan Inovasi Puskesmas

Kategori Berita

.

Rakerkesda Kabupaten Dompu Tampilkan Inovasi Puskesmas

Koran lensa pos
Rabu, 18 September 2019


Bupati HBY sedang meninjau pameran TOGA Puskesmas Dompu Barat, Rabu (18/9/2019).
 Dompu, Lensa Pos NTB -  Di Gedung PKK Kabupaten Dompu, Rabu (18/9/2019) berlangsung Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Tingkat Kabupaten Dompu tahun 2019.
Menariknya Rakerkesda ini juga menampilkan inovasi dari 9 Puskesmas yang ada di Kabupaten Dompu ditambah dengan UPTD Rumah Sakit Pratama Manggelewa.
Stand inovasi dibuka di depan Gedung PKK Kabupaten Dompu.

Puskesmas Dompu Barat misalnya menampilkan inovasi berupa aneka jenis tanaman obat keluarga (toga), dan aneka minuman herbal yang bisa dikonsumsi langsung oleh pengunjung. Puskesmas Dompu Barat juga menyajikan Pos Bimbingan Terpadu (Posbindu).

Di stand Puskesmas Dompu Kota menyediakan makanan Inovasi Bubur Jagung Kelor Ikan dan Tempe (Bujarit) yang bisa dinikmati langsung oleh para peserta Rakerkesda dan masyarakat umum yang berkunjung. Bujarit ini juga dilengkapi brosur cara membuatnya yang bisa dibawa pulang.

Puskesmas Dompu Timur menampilkan inovasi olahan makanan sehat alami berupa masakan berbahan dasar jagung, dadar kelor, Ibujari, dan kesehatan gratis berupa timbang badan, cek darah, dan tensi darah.

Puskesmas Kempo menampilkan inovasi hasil karya dari sampah, jimpitan Posyandu dengan sampah, gerakan menabung dengan sampah, serta olahan makanan sehat IBUJARI, masakan ikan Lawa, dan Tumpi-Tumpi.

Sedangkan  Puskesmas Kilo menampilkan aneka makanan Kafeta, Dodol Karampi, Pangaha Sinci, dan Teh Moringa Kidom.

Puskesmas Calabai menyiapkan pelayanan dan penyuluhan kesehatan gratis.
UPTD Rumah Sakit Pratama Manggelewa menyediakan cek-up kesehatan fisioterapy.

Puskesmas Soriutu menyediakan olahan masakan IBUJARI dan aneka jenis TOGA sebagai obat keluarga yang ditanam di lahan-lahan pekarangan.

Puskesmas Ranggo menyajikan inovasi olahan masakan IBUJARI dan Dokumentasi Kegiatan Deklarasi 5 Pilat STBM di Krcamatan Pajo.

Terakhir Puskesmas Rasabou menyediakan pelayanan kesehatan dan inovasi pembalut sehat bagi wanita hasil pelatihan dari  Carlos seorang relawan berkebangsaan Spanyol.
"Pembalut wanita ini bisa dicuci lagi kemudian bisa dipakai lagi setelah disetrika," ungkap Siti Akmal, A. Md. Kep dari Puskesmas Rasabou Kecamatan Hu'u.

Nampak Bupati Dompu beserta jajaran Forkopimda dan pimpinan OPD mengunjungi satu persatu stand-stand inovasi tersebut bahkan mencicipi olahan makanan dan minuman yang disiapkan.
Pengunjung juga bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis. (AMIN).