Pendaftar Haji di Dompu Terus Bertambah

Kategori Berita

.

Pendaftar Haji di Dompu Terus Bertambah

Koran lensa pos
Rabu, 07 Agustus 2019

H. Burhanuddin, S. Ag, Kasi PHU Kemenag Dompu
Dompu, Lensa Pos NTB -  Calon Jamaah haji di Kabupaten Dompu terus bertambah dari tahun ke tahun. Penambahan tersebut secara otomatis memperpanjang deretan nama-nama CJH yang berada di daftar tunggu (waiting list) dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Direktorat Jendral Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Dompu, H. Burhanudrin, S. Ag mengatakan jumlah pendaftaran jamaah haji Kabupaten Dompu Januari-awal Agustus 2019 ini  mencapai 585 orang. Burhan mengatakan pendaftar haji didominasi oleh petani.
"Alhamdulillah yang mendaftarkan haji terus bertambah. Terutama para petani jagung," ujarnya.

Meskipun panen jagung dilakukan pada sekitar bulan Maret - Mei 2019 lalu, tetapi diakuinya tidak sedikit petani jagung yang mendaftarkan saat ini. 
"Mungkin mereka menunggu bulan haji untuk mencari berkahnya. Kemarin saja yang daftar lebih dari 30 orang," ucapnya.

 Ia menyebutkan jumlah keseluruhan CJH yang berada di daftar tunggu adalah 5. 671 orang.
"Yang ada di daftar tunggu ini yang mendaftar Maret 2011 sampai dengan 7 Agustus 2019," kata Burhan.

Secara keseluruhan CJH NTB yang berada di waiting list sebenyak 121. 736 orang dengan masa tunggu selama 29 tahun. 
"Yang daftar sekarang baru bisa berangkat tahun 2047. Kecuali ada perubahan kuota di Indonesia dan di Arab Saudi," imbuhnya.

Adapun 113 jamaah haji yang saat ini sedang berada di Makkah adalah pendaftar haji mulai bulan Agustus 2010 sampai dengan awal Maret 2011.
Disebutnya penetapan kuota haji berdasarkan KTT OKI di Aman Yordania tahun 1987 yang menyebutkan kuota haji ditetapkan mengacu pada 1:1000 pemduduk muslim.  (AMIN)