BKKBN NTB Gelar Seminar Kewirausahaan di Kabupaten Bima

Kategori Berita

.

BKKBN NTB Gelar Seminar Kewirausahaan di Kabupaten Bima

Koran lensa pos
Sabtu, 29 Juni 2019

Bima, Lensa Pos NTB - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Nusa Tenggara Barat, jumat (28/6/2019) menggelar seminar kewirausahaan bagi pelaku usaha di Kota Bima dan Kabupaten Bima. Acara yang dipusatkan di Aula Pertemuan Taman Kalaki Bima dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Drs. H. Taufik H.AK, M.Si, sekaligus membuka resmi kegiatan.

Kegiatan yang dihelat selama 1 hari ini bertema “Kemitraan Pengembangan Program PKUMT UP2K-PKK/ UPPKS Provinsi NTB” dengan menghadirkan nara sumber, yakni Kepala BKKBN Provinsi NTB, Kepala Balai POM di Kabupaten Bima, Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB, Ketua BPD AKU NTB, PLUT Cabang Bima, serta ketua TP. PKK Provinsi NTB.

Sekda Kabupaten Bima Drs. HM.Taufik HAK, M.Si dalam arahan mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka menyatukan visi dan persepsi terhadap langkah yang harus dilaksanakan dalam meningkatkan kualitas keluarga melalui pembangunan ekonomi, pendidikan dan kesehatan untuk meningkatkan Indek Pembangunan Manusia ( IPM) di Kabupaten Bima khususnya dan Provinsi NTB pada umumnya. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa permasalahan tentang kewirausahaan ini yaitu persoalan maindset ( cara berpikir) sebagian masyarakat Indonesia yang masih berfikir mendapatkan pekerjaan setelah selesai sekolah / kuliah, persoalan kapasitasSDM pelaku wirausaha yang masih rendah, persoalan regulasi serta akses permodalam bagi wirausaha pemula yang masih banyak menemui kendala.

Lanjut Sekda, Berdasarkan permasalahan tersebut maka dalam rangka mewujudkan pembangunan ekonomi keluarga secara terpadu di 100 desa percontohan diperlukan ketelibatan kita semua terutama sektor terkait dalam Program  Kredit Usaha Mikro Terpadu (PKUMT)  sebagaimana diharapkan oleh masyarakat. Maka dari itu setiap program yang dituangkan dalam RPJMD yang diimplementasikan kedalam visi dan misi Kabupaten Bima terdapat banyak sekali produk unggulan laku dijual sebagai hasil dari pemberdayaan ekonomi keluarga. Saat ini peluang tersebut dapat dilaksanakan dengan menjalin kerjasama kemitraan antara Usaha Mikro Kecil dan Menengah baik yang tergabung dalam kelompok KUBE, P4K, UPPKS dan UP2K PKK di Kabupaten Bima dengan UMKM di Kabupaten Lainnya untuk melakukan kerjasama pemasaran aneka produk unggulan daerah dalam jumlah besar.

Diharapkan melalui seminar ini, merupakan langkah awal kita dalam menata arah pembangunan ekonomi keluarga melalui peningkatan kemitraan dalam pengembangan Program Kredit Usaha Mikro Terpadu di 100 desa percontohan sekaligus sebagai upaya untuk mewujudkan pembangunan kesejahteraan rakyat secara berkesinambungan secara umum, khususnya masyarakat Kabupaten Bima, terang Sekda.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Nasruddin dalam laporannya, bahwa seminar yang dilaksanakan ini difokuskan pada kemitraan pengembangan program kredit usaha mikro terpadu UP2K-PKK/UPPKS yang dijadikan percontohan di 100 desa yang tersebar di Provinsi NTB. Sementara itu untuk Kabupaten dan Kota Bima terdapat masing – masing 10 desa / kelurahan.

Maksud dari kegiatan ini suatu bentuk kegiatan usaha yang dilakukan oleh keluarga peserta KB atau belum jadi peserta KB yang bertujuan meningkatkan pendapatan keluarga dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga sekaligus memperkuat kelompok UP2K-PKK/UPPKS dalam mengelola dan menumbuhkembangkan usaha ekonomi untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.  Sementara itu sasaran dari kegiatan ini meliputi Usaha Mikro Kecil dan Menengah termasuk kelompok UPPKS/UP2K serta kelompok usaha lainnya, BUMDES, Koperasi yang ada di Kabupaten Bima maupun di Provinsi NTB. Dengan jumlah peserta sebanyak 78 orang yang terdiri dari para Kepala Dinas  terkait, Kader Kelompok UP2K-PKK/UPPKS dari Kabupaten Bima dan Kota Bima serta peserta dari sector terkait Provinsi NTB. (LP.NTB/R)