Pangdam IX/Udayana Terima Paparan Dansatgas TMMD ke 104 Kodim 1614/Dompu

Kategori Berita

.

Pangdam IX/Udayana Terima Paparan Dansatgas TMMD ke 104 Kodim 1614/Dompu

Koran lensa pos
Rabu, 27 Maret 2019

Dompu, Lensa Pos NTB - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP., menerima paparan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 tahun 2019 dari Dandim 1614/Dompu Letnan Kolonel Czi Arief Hadiyanto, S.IP., selaku Komanda Satgas TMMD di ruang rapat Bupati Dompu, Rabu (27/3).

Dalam paparannya, Dansatgas TMMD menyampaikan seluruh program baik fisik dan non fisik kegiatan TMMD yang diselenggarakan di Desa Lanci Jaya dan Desa Tekasire Kecamatan Manggelewa sudah mencapai finish dan selesai sesuai dengan harapan.

"Sasaran fisik berupa pembukaan jalan sepanjang 5600 meter dengan lebar 5 meter, pembanguan dan perehaban tiga buah Musholla, pembuatan jembatan dan gorong-gorong serta duiker seudah mencapai 100 persen," sebut Dansatgas.

Selain itu, Dansatgas Alumni Akmil 1998 tersebut juga menyampaikan beberapa over prestasi yang dikerjakan dalam TMMD diantaranya pembangunan rumah penyandang disabilitas beserta isinya, penambahan panjang jalan sekitar 400 meter dan adanya juga penambahan lebar jalan mencapai 7 meter, dan pembuatan tempat wudhu dan kamar mandi di Musholla.

"Alhamdulillah semuanya sudah mencapai seratus persen," ujar Dansatgas.

Sementara Pangdam IX/Udayana dalam arahan dan tanggapannya menyampaikan bangunan yang sudah dibangun seperti Musholla agar masyarakat memanfaatkannya dengan baik serta merawat dan menjaganya sehingga memiliki masa pakai yang awet dan tahan lama.

"Untuk pembukaan jalan, Pemerintah Daerah melalui Sekda agar segera ditindak lanjuti terkait dengan peningkatan dan penyempurnaan karena manfaat ekonomisnya sangat besar terutama bisa mengurangi biaya anggaran operasional petani hingga mencapai 700 juta lebih setiap tahun," ungkap Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pati Bintang Dua tersebut juga program TMMD tidak hanya fisik saja, namun ada program non fisik sebagai spirit untuk mengajak masyarakat mengembalikan karakter gotong royong masyarakat dengan harapan spirit gotong royong tumbuh kembali ditengah-tengah masyarakat karena rasa memiliki lebih kuat akbibat kebersamaan dalam membangun.

Mengakhiri arahannya, Pangdam IX/Udayana kembali mengingatkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakt tentang menjaga keseimbangan lingkungan dan alam agar alam tetap bersahabat dengan manusia.

Acara paparan Dansatgas TMMD dihadiri Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Kadek Subawa, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M.Yasin, anggota DPR RI dari PAN Muhammad Syafrudin, para Dandim jajaran Korem, para Perwira Kodim Dompu dan instansi terkait.(amin)