Selama Ramadhan, Polres Dompu Giatkan Ceramah Kamtibmas

Kategori Berita

.

Selama Ramadhan, Polres Dompu Giatkan Ceramah Kamtibmas

Koran lensa pos
Kamis, 31 Mei 2018
Dompu, Lensa Post NTB -  Dalam bulan Ramadhan 1439 H ini, Polres Dompu melalui Sat Binmas terus melakukan himbauan-himbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat yang dikenal dengan istilah "Ceramah Kamtibmas".
Kasat Binmas melalui PS Kanit Bintibmas, Bripka Mahsin menyebutkan petugas dari Polres Dompu pada setiap hari Jum'at di dalam bulan Ramadhan 1439 H ini melakukan "Safari Jum'at" ke masjid-masjid. "Selesai sholat Jum'at dilanjutkan dengan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas," kata Mahsin. Pesan Kamtibmas yang disampaikan antara lain memberikan himbauan kepada para orang tua, tokoh agama dan tokoh masyarakat agar mengawasi pergaulan anak-anak dan remaja supaya tidak terlibat dalam mengkonsumsi minuman keras (miras) dan narkoba. "Orang tua memiliki peran penting dalam mencegah anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam mengkonsumsi miras apalagi narkoba," ujarnya.
Masyarakat juga dihimbau agar tidak cepat menerima berita-berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa. "Berita-berita yang belum jelas jangan diterima mentah-mentah. Teliti dulu kebenarannya. Lakukan tabayyun (klarifikasi) dulu," jelasnya. Melalui Safari Jum'at tersebut, lanjutnya masyarakat juga diingatkan agar melarang anak-anaknya menggunakan petasan (mercon) karena sangat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat bahkan dapat menyebabkan terjadinya kebakaran.

"Alhamdulillah sekarang petasan sudah tidak kita dengar lagi," tuturnya. Namun demikian, tambahnya bila ada yang masih menjual petasan, masyarakat supaya melaporkan pada pihak berwajib. Selanjutnya masyarakat juga diingatkan agar senantiasa mewaspadai kemungkinan terjadinya aksi-aksi kejahatan seperti pencurian kemdaraan bermotor (curanmor) di bulan puasa ini. "Kadang-kadang ada yang 'memanfaatkan' untuk mencuri seperti saat-saat taraweh maupun di waktu subuh," urainya.

Mahsin menambahkan, para Bhabinkamtibmas juga terus menyampaikan seruan-seruan Kamtibmas kepada masyarakat. "Bahkan para Bhabinkamtibmas bisa 5 kali sehari menyampaikan himbauan Kamtibmas," pungkasnya. (EMO - Biro Dompu)