Bripka Sofyan Hidayat Terima Penghargaan dari Kapolda NTB

Kategori Berita

.

Bripka Sofyan Hidayat Terima Penghargaan dari Kapolda NTB

Koran lensa pos
Senin, 11 Desember 2017

Dompu NTB, Koranlensapos.com**Belum lama ini anggota kepolisian dari Polres Dompu, Bripka Muh. Sofyan Hidayat, S. Sos yang viral di medsos sebagai sosok polisi dermawan dan inspiratif, menerima piagam penghargaan dari Kapolres Dompu, AKBP Jon Wesly (sekarang Kapolres Tegal Kota-Jateng,red) karena dinilai telah memberikan citra positif terhadap institusi kepolisian dalam hubungan sosial kemasyarakatan terutama ketulusannya dalam membantu masyarakat yang lemah. Saat itu, piagam penghargaan juga diberikan oleh Kapolres kepada sejumlah anggota polisi yang lainnya. Hari Minggu (3/12) lalu, di Hotel Aman Gati Lakey, Hu'u, PS Kanit V POA Sat Intelkam Polres Dompu ini kembali mendapatkan piagam penghargaan. Tak tanggung-tanggung. Penghargaan itu diberikan langsung oleh  Kapolda NTB, Brigjend Pol. Drs. Firli, M. Si. Penghargaan tersebut diberikan atas loyalitas dan dedikasinya dalam melakukan kegiatan sosial bagi masyarakat kurang mampu sehingga dapat mengangkat citra Polri di mata masyarakat khususnya di Kabupaten Dompu.

Phian, panggilan familiar dari polisi yang dikenal ramah ini mengaku tidak banyak kata-kata yang diucapkan oleh tokoh nomor satu di jajaran Polda NTB itu kepadanya selain hanya ucapan selamat saja. Akan tetapi jabatan erat tangan Kapolda terhadapnya tak mampu dilukiskan dengan kata-kata. Bangga bercampur haru. "Saya bangga sekali bisa berjabat tangan langsung dengan Jenderal bintang satu Bapak Kapolda NTB, saya tidak menyangka bisa berhadapan langsung sama beliau apalagi sampai memberikan penghargaan," ungkapnya.

Kapolda NTB juga menyerahkan penghargaan kepada tiga pilar pemelihara Kamtibmas lainya di wilayah masing-masing. Mereka di antaranya ialah Brigadir Jainudin (Babinkamtibmas  Desa Anamina Kecamatan Manggelewa), Sertu Sulaiman (Babinsa Desa O'o) dan H. Kamarudin, SH (Plt. Kepala Desa Bakajaya Kecamatan Woja). Bripka Sofyan Hidayat memang salah satu sosok polisi yang dikenal dermawan dan berjiwa suka menolong. Sudah banyak orang-orang yang hidup serba kekurangan dibantunya. Dibawakannya makanan, uang maupun pakaian untuk mereka. Bahkan ada yang dibelikannya spring bed lengkap dengan sepreinya yang dipikulnya seorang diri. Ada pula yang dibantu memperbaiki rumahnya.

Walhasil berkat langkah terpuji ini, banyak pula masyarakat Dompu lainnya yang merasa tersentuh dan akhirnya mengulurkan bantuannya. Kebersamaannya dengan Yayasan We Save Dompu, telah berhasil menolong Syahrul Ramadhan, siswa SMP asal Kandai Satu Dompu yang mengalami cacat kaki kirinya akibat kecelakaan dan telah diamputasi. Berkat kerja keras dan kerja sama mereka, akhirnya kini, Rama (panggilan remaja tersebut,red) telah memiliki kaki palsu. Dengan anak-anak Komunitas Sarangge Bali Satu, pemilik akun facebook Phian Bharadhuta ini turun ke sungai Sori Silo guna membersihkan sampah-sampah yang memenuhi sepanjang bantaran sungai itu. Sosok polisi berjiwa sosial memang menjadi idaman masyarakat. Kapolda NTB, Brigjen Firli sendiri juga dikenal kesehariannya sebagai pribadi yang dermawan dan gemar menolong terhadap warga tidak mampu. Dikutip dari visioner.com kesolehan sosial jendral berbintang satu ini sudah menjadi kebiasaan dalam hidupnya. Dalam acara silaturrahim dan penyuluhan Kamtibmas menjelang Pilkada 2018 di Bima, Kapolda menyempatkan memberikan bantuan kepada sejumlah warga yang menderita penyakit tertentu yang harus dirujuk ke  Mataram maupun Denpasar. Para pejoki cilik di Bima juga tak luput dari perhatian Kapolda.  (Supriyamin)