Kategori Berita

.

Koran lensa pos
Jumat, 07 Juni 2024
Kasdam IX/Udayana, Mayjen TNI Hartono menutup secara resmi kegiatan TMMD ke 120 di Kabupaten Dompu, Jumat (7/6/2024)


koranlensapos.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 di Kabupaten Dompu yang berlangsung selama satu bulan resmi ditutup.

Penutupan TMMD dilakukan Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IX/Udayana, Brigjen TNI Hartono pada hari Jumat (7/6/2024).

Upacara penutupan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa Madaprama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.

Kasdam selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi.

"Kegiatan TMMD ke-120 dengan tema, “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”, merupakan bagian dari program lintas sektoral, yang diprakarsai oleh TNI, bersama kementerian dan lembaga pemerintah terkait, serta melibatkan seluruh komponen masyarakat," ucap Kasdam membacakan amanat Pangdam.

Dikemukakan program ini bertujuan membantu percepatan pembangunan di daerah 3T ( Tertinggal, Terisolir dan Terluar), sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat. 

"Pada TMMD ke-120 TA. 2024, jajaran Kodam IX/UDY, telah menyelesaikan 15 sasaran fisik, oleh 4 Satgas TMMD, yang tersebar di Kabupaten Kupang, Rote Ndao, Dompu dan Kabupaten Bangli. Sasaran fisik yang dikerjakan meliputi : pembangunan fasilitas jalan, perbaikan sarana irigasi, rehab rumah ibadah, rehab rumah tidak layak huni, pembuatan sumur bor, dan pembangunan sarana umum lainnya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat di wilayah," urainya.

Selain melaksanakan sasaran fisik, lanjut Kasdam, tidak kalah pentingnya adalah penyelenggaraan kegiatan sasaran non fisik, berupa penyuluhan dan sosialisasi pengetahuan, antara lain : materi Bela Negara, Ketahanan Nasional, Kamtibmas, bahaya narkoba, radikalisme, Posyandu, Posbindu, KB kesehatan, dan berbagai materi lainnya, dalam rangka membangun dan meningkatkan, SDM masyarakat. 

Pada kegiatan TMMD ke-120 TA 2024, setiap Satgas TMMD juga diwajibkan untuk melaksanakan 
program unggulan Kasad, berupa TNI Manunggal Air, dan penanganan Stunting. (emo).