Karnaval Muna Pa'a Bakal Meriahkan Pembukaan "Dompu Expo 2024", Peserta Ditargetkan 15 Ribu Orang

Kategori Berita

.

Karnaval Muna Pa'a Bakal Meriahkan Pembukaan "Dompu Expo 2024", Peserta Ditargetkan 15 Ribu Orang

Koran lensa pos
Senin, 10 Juni 2024
Bupati Dompu, H. Kader Jaelani beserta istri Hj. Lilis Suryani dan Wabup H. Syahrul Parsan beserta istri, Hj. Faridah kerap mengenakan busana berbahan dasar Muna Pa'a dalam berbagai kesempatan sebagai wujud kebanggaan sekaligus mempromosikan Muna Pa'a ke berbagai kalangan sebagai produk yang memiliki daya saing tinggi dan dapat dipergunakan dalam berbagai keperluan


koranlensapos.com - Pembukaan event "Dompu Expo 2024" pada 24 Juni mendatang bakal dimeriahkan dengan Karnaval Muna Pa'a. Ditargetkan sekitar 15 ribu peserta akan meramaikan pagelaran budaya khas Dompu tersebut.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, H. Gaziamansyuri mengungkapkan  karnaval budaya ini mengambil lokasi Lapangan Beringin Dompu sebagai titik kumpul dan garis star. Kemudian seluruh peserta dari berbagai elemen masyarakat Dompu itu dilepas menuju Lapangan Karijawa Dompu sebagai sentral pelaksanaan "Dompu Expo 2024".

"Suasana karnaval akan indah dan semarak dengan iringan aneka warna-warni para peserta dengan pakaian berbahan dasar Muna Pa'a," ujarnya.

Muna Pa'a adalah tenunan khas dari Dompu NTB yang telah mendapatkan pengakuan dari Pemerintah Pusat sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) milik daerah bermoto Nggahi Rawi Pahu itu.

"Muna Pa'a telah menjadi produk kebanggaan tidak hanya bagi masyarakat Dompu namun juga dalam skala nasional," jelasnya.

Dikatakannya karnaval yang akan dilaksanakan pada Pembukaan "Dompu Expo 2024" itu menjadi salah satu upaya Pemda Dompu dalam membumikan Muna Pa'a agar lebih dikenal lagi dalam berbagai tataran.

"Muna Pa'a telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dan kita masyarakat Dompu layak bangga dengan Produk Muna Pa'a," tegasnya.

Kaban Gaziamansyuri menyebutkan di berbagai momen Bupati dan Wakil Bupati Dompu masing-masing bersama istri kerap tampil dengan mengenakan busana berbahan dasar Muna Pa'a. Hal itu sebagai bentuk kebanggaan pemerintah daerah terhadap kebudayaan khas daerah sekaligus memperkenalkan serta mempromosikan Muna Pa'a ke berbagai kalangan sebagai produk yang memiliki daya saing tinggi dan dapat dipergunakan dalam berbagai keperluan.

"Sebagai produk kebanggaan mari kita promosikan Muna Pa'a agar dikenal secara luas dan masyarakat pun dapat menggunakan Muna Pa'a dalam berbagai keperluannya", ajaknya. (*).