Tujuh Alumni SMKN 1 Manggelewa Jadi Peserta Diklat Magang ke Jepang

Kategori Berita

.

Tujuh Alumni SMKN 1 Manggelewa Jadi Peserta Diklat Magang ke Jepang

Koran lensa pos
Selasa, 21 Mei 2024


Dompu, koranlensapos.com - Sebanyak 7 orang alumni SMK Negeri 1 Manggelewa akan menjalani diklat untuk magang ke negara Jepang. Mereka akan mengikuti kegiatan diklat untuk magang di negeri sakura tersebut selama 3 bulan.

Ketujuh alumni Angkatan 2024 yang diberangkatkan diklat yakni Rosiana, Suci Feronika, M. Aldi, Sunan Muhammad Mauluddin, Putu Dewi Anggriani, Putu Eka Lestari, dan Laura Rifatul Mumaidah.

Acara pelepasan keberangkatan mereka berlangsung di halaman SMKN 1 Manggelewa, Minggu (19/5/2024). Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Cabang Dinas (KCD) Dikbud Kabupaten Dompu, Titik Nurhaidah, S. Pd, Camat Manggelewa Syaiful Arif, M. Pd, Kepala Desa Soriutu, Doromelo, dan Banggo, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat. Hadir pula Ketua dan anggota Darma Wanita Persatuan 



Kepala Sekolah, Syufiansur, S. Pt memaparkan kegiatan ini sebagai tindak lanjut atas Memorandum of Understanding (MOU) yang telah disepakati  dengan PT KKS (kiboi kafka sejahtera) dan PT  Yagi Perkasa Farm. 

"Salah satu poin MOU itu adalah 
tentang menjamin alumni SMKN 1 Manggelewa untuk magang ke Jepang atau kerja ke Jepang," kata Pian 

Dikatakannya program diklat magang ke negara Jepang ini merupakan terobosan baru bagi SMKN 1 Manggelewa dan memberikan secercah harapan masa depan yang lebih baik bagi para alumni selanjutnya.

"Dengan terobosan ini bisa menjamin anak-anak nanti setelah tamat yang tidak bisa lanjut kuliah bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan bisa merubah keadaan perekonomian diri sendiri maupun keluarga menjadi lebih baik," ucapnya.

Ia mengajak para orang tua untuk tidak ragu-ragu menyekolahkan putra-putrinya di SMKN 1 Manggelewa.

Pada kesempatan yang sama, KCD Dikbud Dompu, Titik Nurhaidah mengapresiasi terobosan yang dilakukan SMK 1 Manggelewa. 

"Karena SMKN 1 Manggelewa bisa bekerja sama dengan perusahaan yang bisa menjamin pekerjaan siswa setelah tamat dari sekolah," ujarnya.

KCD berpesan kepada anak-anak yang dilepas mengikuti diklat untuk magang ke Jepang ini agar bisa menjaga nama baik diri sendiri, sekolah dan keluarga, 


"Dan juga supaya bersungguh-sungguh agar mengikuti kegiatan magang tersebut dengan sukses dan lancar.

Apresiasi juga disampaikan Camat Syaiful Arif. 

"Ini adalah langkah awal yang sangat luar biasa dan sangat berpengaruh positif untuk masyarakat Manggelewa dan sekitarnya terkhusus untuk alumni SMKN 1 Manggelewa. Setidaknya dengan program ini akan mengurangi angka pengangguran di wilayah Manggelewa," harapnya.(yn).