Kodim 1614/Dompu Gelar Penyuluhan Wasbang Dirangkai dengan Sosialisasi P4GN

Kategori Berita

.

Kodim 1614/Dompu Gelar Penyuluhan Wasbang Dirangkai dengan Sosialisasi P4GN

Koran lensa pos
Kamis, 16 Mei 2024


Dompu, koranlensapos.com - Kodim 1614/Dompu menggelar Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Kegiatan itu dilaksanakan di SMAN 3 Woja dalam rangka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -120 di wilayah Kodim 1614/Dompu.

Hadir dalam acara tersebut Kasdim 1614/Dompu Mayor Inf I Wayan Sulendra S.H. M.H didampingi Pasiter Lettu Inf Hamzah, Kanit Bintibsos Sat Binmas Polres Dompu Aiptu Ismi Andri Nurwati, H.Zulkifli Lubis S. Sos dari Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Dompu, Kepala sekolah SMAN 3 Woja Drs.Yuni Prawito Hadi, Babinsa Serakapi, Serka Jumrah dan seluruh guru dan siswa sekolah tersebut.

Kasdim dalam paparannya menjelaskan program TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu menyasar di Desa Serakapi dan Desa Madaprama. Ada beberapa program fisik di dalamnya. Antara lain pembuatan jalan baru sepanjang 5x1.800 meter, renovasi masjid, pembangunan jembatan, bak sampah dan WC serta sumur bor.

"Semua program TMMD ini sebagai upaya mempercepat pembangunan di daerah," ujarnya.

Kasdim melanjutkan melalui program TMMD, membangkitkan kembali budaya gotong royong serta terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Dalam pendalaman materi tentang wawasan kebangsaan, Perwira Menengah TNI yang juga bergelar Magister Hukum ini menguraikan tentang kewajiban bela negara. Ditegaskannya bela negara bukan semata tugas TNI dan Polri, melainkan tanggung jawab semua anak bangsa dalam menjaga serta mempertahankan keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


"Yang harus dipahami pula bahwa bela negara ini bukan harus dengan memikul senjata. Bapak ibu guru mengajar anak-anak sebagai generasi masa depan bangsa juga merupakan bagian dari bela negara," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepsek Yuni Prawito Hadi berterima kasih kepada TNI yang telah menggelar kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan sekaligus sosialisasi P4GN.

"Menurut kami materi-materi yang disampaikan ini sangat-sangat berguna sekali bagi generasi muda bagi anak-anak kami agar memiliki wawasan kebangsaan yang tampaknya di kalangan generasi muda akhir-akhir ini sudah mulai banyak menurun tapi alhamdulillah insya Allah di SMA N 3 woja masih bisa terkendali sehingga kami sangat berterima kasih sekali atas kehadiran bapak Kasdim beserta jajarannya untuk memberikan penyuluhan ataupun pemahaman pada kami terutama pada anak didik kami," ucapnya sembari menyampaikan harapan mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini anak didiknya akan menjadi generasi 
-generasi yang yang lebih baik lagi yang mempunyai wawasan kebangsaan yang baik dan menjadi generasi penerus yang bisa diandalkan.

Kanit Bintibmas Polres Dompu, Aiptu Ismi Andri Nurwati dalam paparan materinya menekankan pentingnya menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif. Hal-hal yang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan kamtibmas supaya dapat dihindari. Saling membully antar siswa juga dapat menciptakan permasalahan yang harus dihindari. Para siswa juga diimbau agar tidak ikut arus pergaulan yang mengarah pada perilaku negatif. Seperti mengonsumsi miras maupun narkoba. Kalau ada orang yang mengiming-imingi narkoba walaupun gratis hendaknya tidak terpengaruh karena itu jebakan yang akan menjerumuskan dan pada akhirnya merugikan diri sendiri dan keluarga. Orang yang terjerumus dalam narkoba akan kehilangan masa depan karena fisik dan mentalnya sudah rusak.