Penggunaan Pupuk Ideal untuk Jagung dan Padi, Berapa Banyak?

Kategori Berita

.

Penggunaan Pupuk Ideal untuk Jagung dan Padi, Berapa Banyak?

Koran lensa pos
Sabtu, 06 Januari 2024

Kadistanbun Dompu, Muhammad Syahroni


Dompu, koranlensapos.com - Saat ini sebagian besar petani di Kabupaten Dompu sudah dan sedang menanam jagung di lahan pertanian masing-masing, terutama di lokasi tadah hujan. Sedangkan padi umumnya di lahan-lahan persawahan.

Kerap menjadi pertanyaan publik, mengenai dosis pupuk yang ideal untuk jagung dan padi agar mendapatkan hasil panenan yang optimal. 

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni menjelaskan terkait hal itu dengan mengacu pada rekomendasi teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian RI.

Syahroni menyebut
rekomendasi  teknis untuk jagung sebanyak 250 kg urea dan 300 Kg NPK per Hektare. Sedangkan rekomendasi teknis untuk padi yakni urea 225 kg/ha urea dan  NPK 250 kg/ha.

"Rekomendasi teknis idealnya seperti itu. Tetapi kalau kita mengacu pada kuota yang tersedia maka yang didapatkan dari pupuk subsidi itu hanya sekitar 130 kg urea untuk jagung dan untuk padi 117 kg/ha," jelasnya menanggapi pertanyaan Hairil Anwar, petani dari Desa Dorebara Kecamatan Dompu di WAG Lakeynews. (emo).